Cara Ini Bisa Bikin Produk di Toko Shopee Kamu Diserbu Pembeli!

Diantara temen-temen pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu platform e-commerce terbesar yaitu Shopee, bahkan sudah menjadi sellernya, namun belum maksimal.

Beberapa diantara temen-temen pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu platform e-commerce terbesar yaitu Shopee, bahkan mungkin sudah jadi sellernya, ya. Di bawah ini ada beberapa tips nih yang bisa temen-temen coba untuk memaksimalkan toko yang ada di Shopee agar lebih menarik calon pembeli.

1. Gunakan title yang menarik dan mengandung kata kunci

Title atau judul produk adalah hal yang sangat penting sekali karena ketika seseorang menemukan sebuah produk maka title lah yang pertama kali dibaca. Jadi temen-temen harus menggunakan judul semenarik mungkin dan tentu saja usahakan mengandung keyword agar produk temen-temen bisa bersaing dalam pencarian.

Nah, bagaimana cara membuat judul yang menarik? Berikut komposisi yang bisa temen-temen  terapkan:

Nama produk (keyword utama) + Merk/Jenis + Keterangan
Contoh:
Cream Temulawak >> Cream Temulawak Widya Original 25gr
Oppo F3 >> Smartphone Oppo F3 Full Set Garansi 1 Tahun

2. Isi deskripsi produk dengan lengkap dan jelas

Seringkali postingan-postingan produk yang ada di marketplace hanya judul dan gambar saja tanpa adanya deskripsi atau ada juga yang hanya menyisipkan 2 hingga 3 kata saja. Padahal pihak marketplace sendiri sudah menyiapkan space yang lebih untuk deskripsi ini. Temen-temen bisa menilai sendiri bagaimana jika temen-temen ingin belanja produk di marketplace kemudian searching dan menemukan satu produk dengan gambar yang pas, tetapi saat di klik deskripsinya kosong.

Dengan demikian kemungkinan besar temen-temen akan mulai ragu untuk atc (add to cart) produk tersebut. Kenapa? Karena produk tersebut menjadi tidak meyakinkan, kurang trusted terlebih itu adalah toko yang baru yang belum punya rating. Kemudian gunakan Hastag ( # ) pada setiap bagian akhir deskripsi produk untuk memudahkan dan menangkap crawling pencarian terhadap kata kunci dari produk temen-temen.

Baca Juga : 3 Tool Riset Kata Kunci Produk Shopee Gratis

 3. Gunakan foto produk yang bagus dan berbeda

Bisa dibilang kini marketplace sudah penuh dengan seller seperti Supplier, Reseller dan Dropshipper. Penggunaan foto produkpun kadang sama karena sumbernya memang sama. Jarang sekali menggunakan foto sendiri untuk produk yang sama.

Dengan demikian ini adalah peluang temen-temen untuk tampil lebih beda dari mereka dengan menggunakan foto produk yang unik, beda, dan high quality (tidak pecah). Atau jika temen-temen tidak ingin ribet melakukan foto produk sendiri, usahakan jangan sampai sampul foto produk tersebut sama, paling tidak urutannya harus berbeda beda agar tidak memiliki kesan itu itu saja.

4. Lakukan dan ikuti PROMO

Salah satu strategi marketing untuk menarik calon pembeli adalah Promo. Shopee sendiri telah menyediakan fitur tersebut yang bisa digunakan oleh setiap seller untuk meningkatkan penjualannya.

Fitur Promo Shopee ini ada 2 macam, ada promo toko yang sifatnya gratis dan promo ads yang berbayar. Kalau temen-temen memiliki budget besar dan mau lebih unggul dalam menjangkau prospek maka bisa gunakan fitur ads.

5. Lakukan sistem naikkan produk secara berkala

Dari beberapa marketplace yang ada, hanya beberapa yang menyediakan fitur sundul produk. Shopee adalah salah satu marketplace yang menyediakan fitur ajaib tersebut secara gratis. Kenapa fitur ajaib? Karena memang inilah fitur dimana produk yang temen-temen naikkan bisa berada di halaman bahkan urutan pertama pencarian katalog Shopee. Mskipun demikian ada beberapa hal yang perlu temen-temen ketahui tentang fitur tersebut:

  • Fitur naikkan produk akan menampilkan produk maksimal pada baris kedua katalog Shopee.
  • Fitur naikkan produk hanya ada dibagian pencarian berdasarkan (produk terkait) atau kata kunci saja.
  • Fitur naikkan produk hanya berlaku untuk 5 produk saja selama 4 jam, setelah itu maka temen-temen baru bisa melakukannya kembali.
  • Karena fitur naikkan produk ini gratis maka kemungkinan mayoritas seller sudah mengetahuinya, jadi menggunakan fitur ini pun tidak menjamin bisa ada dihalaman pertama karena produk sejenis akan bersaing.

Namun temen-temen tidak perlu khawatir, berdasarkan hasil pengamatan sebagian besar memang sudah mengetahui fitur push produk ini, tapi hanya sedikit saja yang konsisten melakukannya. Kenapa? Karena memang membosankan, tapi itulah celah yang bisa temen-temen maksimalkan.

Untuk menaikkan produk tipsnya adalah jangan langsung 5 produk di naikkan semua akan tetapi berilah selang waktu misalnya 45 menit atau 60 menit. Hal tersebut bagus untuk menjaring customer.

6. Minta konsumen untuk memberikan review

Jika temen-temen sudah mendapatkan pembeli dan closing, jangan lupa minta review atas produk yang dibeli. Manfaatnya selain nanti produk temen-temen akan direkomendasikan juga akan menambah kepercayaan kepada calon pembeli sehingga lebih yakin.  Orang akan membeli sesuatu, salah satunya dari referensi orang lain. Sehingga sebisa mungkin temen-temen harus memberikan pelayanan yang terbaik, ramah dan fast respon sehingga nanti reviewnya  pun bagus.

7. Lengkapi toko dengan banner

Sebenarnya tidak terlalu siginifikan pengaruhnya, tetapi alangkah baiknya hal kecil juga dilakukan. Karena hal besar diawali dari yang kecil. Selain untuk menambah trust kepada calon pembeli, Banner Toko ini juga menjadikan Toko temen-temen lebih menarik dan kece serta profesional. Temen-temen bisa menambahkan beberapa banner toko. Isinya bisa pengenalan toko, produk yang dijual, testimoni dan lain sebagainya.

Nah beberapa tips di atas bisa temen-temen coba maksimalkan untuk hasil yang lebih baik, semoga membantu!

Baca Juga : Closing lebih cepat pakai cara ini!

Referensi:
https://smartdigital.co.id/blog/meningkatkan-omset-penjualan-shopee.html

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *