Closing lebih cepat pakai cara ini!

Sebagai penjual pasti ada yang closingnya gampang karena sudah ketemu polanya, ada yang bisa closing tapi prosesnya lama, dan ada pula yang susah closing.

Dalam menjalankan berbisnis, tentu tujuan utamanya adalah closing. Diantara temen-temen pasti ada yang closingnya gampang karena sudah ketemu polanya, ada yang bisa closing tapi prosesnya lama, dan ada pula yang susah closing.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa temen-temen lebih perhatikan untuk meningkatkan closing, diantaranya adalah:

1. Berhubungan Langsung Dengan Pembeli

Pastikan berhubungan langsung dengan si pembeli yang menginginkan/membutuhkan produk. Dalam hal ini maksudnya adalah temen-temen sebagai penjual sebisa mungkin harus bisa berhubungan dengan orang yang ingin beli langsung. Bukan melalui perantara yang nanti perlu didiksusikan dulu. Biasanya calon pembeli akan mengatakan bahwa sebentar tanya suami dulu, tanya atasan dulu, dll.

Ini akan membuat closing semakin lama.

2. Jangan Terkesan Memaksa

Berikan arahan, edukasi, pengertian, jangan terkesan memaksa. Poin ini sangat penting karena kebanyakan secara tidak sadar penjual akan mengatakan kalimat-kalimat yang bersifat memaksa. Jika diteruskan, yang ada calon pembeli akan merasa tidak senang dan risih. Berikan arahan dan edukasi, ajak ngobrol yang nyaman, serta jadi pendengar yang baik tentang keluhan mereka.

Baca juga : Keuntungan Pakai Akun Bisnis Instagram untuk Jualan

3. Jembatani antara keinginan dan kebutuhan

Lanjut poin ketiga, sebenarnya tujuan orang mau menghubungi penjual terkait produk karena apa?

Iya benar, bisa karena mereka butuh atau mereka ingin.

Pentingnya bisa ngobrol nyaman dengan calon pembeli adalah agar temen-temen bisa tau, apasih yang mereka butuhkan? Apa sih yang mereka inginkan? Kuncinya ada disini yaitu kebutuhan dasar mereka bisa terpenuhi. Jika sudah demikian, maka closing akan lebih cepat.

4. Mengatasi penyebab langkah closing terhambat

Dalam hal ini contoh yang umum terjadi adalah masalah harga, atau ongkir kemahalan, dll. Temen-temen harus memiliki senjata jitu dibalik masalah ini selain dengan meyakinkan atau dengan penawaran.

“Siapapun yang belum pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.”

Albert Einstein

5. Berikan kejutan

Salah satu cara untuk menyenangkan hari pembeli adalah dengan memberikan sebuah kejutan saat closing, misal dengan memberi gift berupa barang, voucher diskon, cashback, dll. Ini akan membuat orang pada saat closing mempunyai kesan positif terhadap temen-temen,

Nah, beberapa tips di atas bisa temen-temen coba terapkan ya semoga bisa bantu untuk lebih meningkatkan closing.

Baca Juga : Biar Laku, Pembeli Harus Tau Produkmu!

Referensi: https://kirim.email/cara-membuat-closing-lebih-cepat-dan-lebih-banyak/

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *