Coba pakai cara ini agar foto produkmu memukau!

Hal pertama yang dilihat oleh pembeli pastinya foto produk, dari foto produklah mereka akan kepo ke harga dan juga spesifikasi lainnya.

Saat ini banyak yang beralih ke bisnis online karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan dan juga tidak perlu modal besar seperti bisnis offline yang perlu menyewa ataupun membangun toko. Dengan kemudahan lainnya yang ditawarkan, bermunculan para pebisnis muda yang meramaikan bisnis online melalui media social seperti facebook, twitter, atau instagram dan bahkan merambah ke marketplace.

Hal pertama yang dilihat oleh pembeli pastinya foto produk, dari foto produklah mereka akan kepo ke harga dan juga spesifikasi lainnya. Jadi berikut adalah tips foto produk yang bisa kamu coba agar pembeli lebih tertarik.

  1. Gunakan model

Illustration by pikisuperstar

Jika memungkinkan dan  produkmu berhubungan dengan sesuatu yang dipakai gunakan model sebagai cara untuk memamerkan produk jualanmu. Melalui model, produkmu akan mempunyai daya tarik sendiri dan bisa memberikan gambaran kepada pembeli. Kamu bisa meminta bantuan teman maupun saudara untuk menjadi model dadakan.

  1. Siapkan background foto

Disarankan memakai background foto yang netral dan juga polos. Alasannya agar produkmu yang lebih dominan dilihat oleh pembeli. Ataupun bisa menggunakan background alami seperti pasir, bebatuan dan juga daun yang bisa memberikan kesan aesthetic.  

  1. Perhatikan pencahayaan saat foto

Perlu diketahui bahwa sumber cahaya sangat mempengaruhi hasil foto.  Jadi disarankan menggunakan cahaya alami dari sinar matahari maupun lampu. Namun pastikan cahayanya tidak berlebihan. Cahaya yang terlalu terang maupun gelap bisa mengaburkaan warna dan detail produk.

  1. Tentukan sudut pengambilan foto   

Karena pembeli tidak dapat melihat produkmu secara langsung melainkan hanya melalui foto, jadi maksimalkan angle foto produkmu dari segala sisi. Fungsinya agar pembeli mengetahui detail dari produkmu.

Misalnya produk pakaian cocoknya mengambil angle dari depan, belakang dan juga samping, beda lagi dengan produk makanan lebih baik dari atas. Terkait angle tentunya kamu juga harus punya feeling saat melakukan foto agar bisa merasakan bahwa produkmu cocok di foto dari angle yang mana.

  1. Edit foto namun jangan berlebihan

Step terakhir untuk menyempurnakan hasil fotomu ialah dengan bantuan aplikasi edit foto. Tidak ada salahnya kamu menggunakan filter untuk fotomu asalkan jangan berlebihan. Edit foto dimaksutkan untuk memperkuat kesan foto produkmu bukan untuk menghiasnya ataupun memanipulasi keadaan sesungguhnya.

Perhatikan jangan sampai foto produkmu setelah di edit sangat berbeda dengan aslinya, karena apabila edit fotomu berlebihan bisa bisa pembeli akan merasa kecewa karena produk yang diterima berbeda jauh dengan produk yang terlihat di foto.

Illustration by abscent

Nah itulah tips yang bisa kamu praktekkan, cukup mudah bukan?  Untuk mendapatkan hasil terbaik usahakan kamu sudah mempunyai tema maupun ide untuk foto produkmu. Diharapkan dengan foto hasil jepretan sendiri akan lebih mendatangkan banyak pembeli.

Referensi:

  • https://www.hipwee.com/tips/10-trik-foto-produk-bermodalkan-hp-untuk-jualan-online-nggak-perlu-bayar-fotografer-profesional/
  • https://www.sirclo.com/tips-fotografi-untuk-hasilkan-foto-produk-terbaik/

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *