Tips Sukses Berjualan di Marketplace Lokal

Bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan berbisnis online di marketplace, mungkin kamu bisa mencoba untuk memulai dari marketplace lokal Indonesia.

Bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan berbisnis di marketplace, mungkin kamu bisa mencoba untuk memulai dari marketplace lokal. Dimana sekarang ini, sudah banyak sekali pilihan marketplace yang tersedia baik luar maupun lokal. Ada beberapa tips sukses untuk kamu bisa berjualan di marketplace lokal, yaitu dengan cara:

Pilih Marketplace Ternama

Source : Google

Banyaknya jenis marketplace, membuat semuanya saling bersaing menunjukkan kelebihan masing-masing. Namun, itu artinya ada banyak marketplace ternama yang bisa kamu pilih terutama untuk marketplace yang lokal. Maka, kamu tidak perlu merasa bingung karena tidak hanya nama yang menjadi pertimbangan tapi ada kriteria lainnya.

Buat Banyak Toko Online

Source : Google

Untuk menggunakan marketplace lokal, kamu membutuhkan sesuatu yang penting. Yaitu, buat banyak jenis toko online pada marketplace tersebut dengan tujuan agar makin banyak kesempatan dalam berbisnis di marketplace. Sehingga, buatlah toko online di setiap marketplace yang ada.

Jual Dengan Harga Promo

Source : Google

Saat melakukan penjualan produk melalui marketplace lokal, coba kamu tawarkan dengan harga promo di marketplace. Karena, biasanya marketplace tersebut banyak menawarkan harga promo yang juga bisa menguntungkan kamu dan barang yang kamu miliki.

Tanggapi Konsumen dengan Ramah

Source : Google

Karena konsumen yang datang pada marketplace lokal ini adalah konsumen atau pelanggan dari marketplace dan bukan konsumen produk kamu secara langsung, maka tetap tanggapi para konsumen tersebut dengan sebaik-baiknya. Keramahan kamu akan menjadi nilai positif yang akan diberikan pembeli.

Perkenalkan Website pada Konsumen

Source : Google

Saat melakukan promosi pada marketplace lokal, selain menjelaskan mengenai produk yang ditawarkan juga sekaligus kamu perkenalkan website yang ada pada bagian produk barang tersebut.

Tambah Gambar dan Testimoni

Source : Shopee.co.id

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah memberikan atau menambah bentuk gambar serta dilengkapi testimoni yang bisa memberikan sedikit saja nilai lebih pada barang yang kamu jual.

Beberapa tips di atas cukup berhasil untuk bisa melalui tantangan menjalani bisnis secara online melalui marketplace lokal.  Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba cara di atas agar bisnis di marketplace kamu bisa berjalan dan berkembang.

Cara Memilih Marketplace 

Selain mempertimbangkan dan dalam rangka memilih marketplace lokal mana yang cocok dengan kamu, maka kamu harus memperhatikan bagaimana cara memilih marketplace tersebut. Adapun caranya adalah:

Tahu Reputasi dan Sejarahnya

Source : Qlobot

Untuk mencoba bergabung dalam sebuah marketplace, sudah seharusnya kamu melacak terlebih dulu bagaimana reputasi marketplace tersebut serta sejarah terbentuknya dari awal. Sehingga, kamu bisa menilai apakah marketplace tersebut baik atau tidak serta dapat memberikan keuntungan atau tidak. 

Pilih dengan Layanan Lengkap

Source : Tokopedia.com

Siapa yang tidak menginginkan dilayani dengan cara yang lengkap. Begitupun dalam memilih dan menggunakan marketplace ini, kamu perlu memilih marketplace dengan layanan yang super lengkap. Pada dasarnya marketplace merupakan penengah antara pembeli dan penjualnya, sehingga perlu fitur dan layanan lengkap yang harus ditawarkan. 

Setiap marketplace mungkin memang menawarkan sesuatu yang berbeda-beda sebagai penawaran, jika marketplace yang kamu pilih sudah memberikan layanan lengkap maka artinya kamu bisa tenang karena sudah memilih marketplace yang tepat.

Cari Fasilitas Gratis

Source : Google

Inilah salah satu keuntungan menggunakan marketplace, bisa menggunakan fasilitas secara gratis. Maka carilah fasilitas tersebut dan manfaatkan dengan baik. Meskipun gratis, tapi biasanya fasilitas seperti ini bisa jadi menguntungkan. Biasanya ada juga marketplace yang akan memberikan dan menawarkan fasilitas lengkap dengan membutuhkan biaya yang minim. Oleh karena itu, coba kamu melihat lebih jauh lagi dan memilih yang menawarkan fasilitas gratis.

Ambil Marketplace yang Banyak Pengunjung

Source : databoks

Jika ingin cepat berkembang, pastinya disarankan kamu untuk memilih marketplace yang memiliki banyak pengunjung. Karena, itu artinya semakin banyak pengunjung maka semakin banyak orang yang berkunjung dan melihat maka akan semakin banyak yang melihat produkmu. Marketplace populer belum tentu merupakan marketplace yang banyak pengunjung, begitupun sebaliknya.

Cari yang Sistem Keamanan Terjaga

Source : Google

Biarpun kamu bebas memilih marketplace manapun, tapi pastikan kalau marketplace yang kamu pilih sudah sangat terjaga sistem keamanannya. Semua hal itu demi keamanan dan menjaga kamu beserta pembeli dari penipuan, maka hal ini termasuk salah satu yang cukup penting.

Memudahkan Vendor dan Customer

Source : Google

Menggunakan marketplace memang banyak manfaat dan keuntungannya. Administrasi yang sulit, tentunya akan membuat pengunjung ataupun supplier mundur teratur. Oleh karena itu, coba kamu pertimbangkan apakah marketplace ini memberi kemudahan atau tidak.

Pelajari Fitur Layanan

Source : Shopee.co.id

Ada banyak fitur yang memang tersedia pada marketplace yang sudah banyak dikenal. Fitur-fitur tersebut biasanya juga dimanfaatkan baik oleh pengunjung atau customer serta oleh kamu yang menjadi salah satu penjual toko onlinenya. Perlu diketahui oleh kamu, bahwa beberapa fitur layanan dari marketplace memang sangat perlu diamati. Tujuannya adalah untuk bisa melihat dan membedakan apakah fitur tersebut bisa memberikan keuntungan atau tidak.

Pahami Prospek Market

Source : Google

Hal terakhir yang perlu diamati dan diperhatikan para penjual toko online dalam memilih dan menggunakan marketplace. Salah satunya adalah memahami prospek market yang dimiliki oleh marketplace tersebut, apakah cukup besar  dan juga cukup meyakinkan sebagai sebuah marketplace.

Itulah beberapa tips singkat bagi kamu yang ingin mencoba berjualan di marketplace lokal, serta cara praktis memilih marketplace terbaik. Semoga bisa membantu kamu mengembangkan bisnis mu melalui pemanfaatan marketplace ini.

Baca juga Keuntungan dan Tips Menjalankan Bisnis Online

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments