Kelebihan & Kekurangan Berjualan di Marketplace

Marketplace adalah platform jual beli online yang memberi kemudahan dalam bertransaksi jual beli antara pihak penjual dan juga pembeli.

Saat ini berbisnis atau berdagang sudah dilakukan secara online, salah satu caranya adalah berjualan melalui marketplace. Namun apakah kamu mengetahui dan mengerti apa dan bagaimana  marketplace dan sistem kerjanya. Marketplace adalah platform jual beli online yang memberi kemudahan dalam bertransaksi jual beli antara pihak penjual dan juga pembeli. 

Kelebihan Marketplace

Source : Google

Dalam berbisnis pasti ada strateginya, berjualan melalui marketplace merupakan salah satu strategi berbisnis secara online. Adapun kelebihannya adalah:

Modal Minimalis

Source : Google

Satu hal yang sangat diketahui dengan memanfaatkan media marketplace dalam berjualan adalah modalnya yang sangat minimalis. Kamu tidak membutuhkan apapun, hanya perlu mendaftar dan membuat akun saja. Selebihnya kamu hanya akan mengikuti dan menikmati apa yang disediakan oleh platform marketplace tersebut secara gratis tanpa ada biaya sedikitpun.

Barang Tidak Terbatas

Source : Google

Pada sebuah marketplace, pastinya diketahui bahwa barang apa saja bisa ditemukan. Oleh karena itu, bagi penjual akan sangat menguntungkan karena tidak membatasi barang atau produk yang akan dijualnya. Dan tentunya hal tersebut lebih mempermudah kamu untuk berjualan melalui marketplace ini.

Tidak Akan Kehilangan Konsumen

Source : Google

Beruntung kamu yang menggunakan platform marketplace tidak perlu harus selalu takut akan kehilangan konsumen seperti pada saat kamu berjualan dengan cara mandiri. Karena, platform marketplace ini dengan namanya yang sudah cukup populer sudah memiliki massa sendiri yang cukup banyak. Sehingga, kamu harus percaya bahwa konsumen yang dimiliki platform ini selalu ada yang artinya itupun juga merupakan salah satu calon konsumen kamu.

Mudah Digunakan

Source : Shopee

Jangan khawatir kamu tidak bisa melakukan atau menggunakan platform ini, seperti yang kita ketahui menggunakan marketplace itu sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu mendaftar ketika ingin berjualan melalui marketplace dengan cara membuat akun, lalu mulai mengunggah foto yang dibutuhkan dan memberikannya keterangan secara detail. Kamu yang sedikit buta teknologi pun tidak akan dipersulit untuk belajar, karena platform tersebut juga menyediakan cara-cara yang memudahkan penggunanya.

Promosi Mudah

Source : Google

Dengan menggunakan marketplace, tentunya membuat promosi yang akan kamu lakukan juga jauh lebih mudah. Karena saat ini marketplace sudah banyak dikenal banyak orang, tentu saja traffic juga jauh lebih banyak ketimbang platform lainnya. Ini membuat proses promosi kamu akan jauh lebih mudah dan cepat.

Perkembangan Bisnis Dapat Dipantau

Source : Google

Beruntungnya lagi menggunakan marketplace adalah perkembangan bisnis kamu bisa dikontrol dengan baik. Karena, platform marketplace ini memang cukup memudahkan segalanya untuk para penjualnya dalam berbisnis di luar dari hasil yang akan kamu dapatkan kedepannya. Oleh karena itu kamu jangan terlalu khawatir tidak bisa mengetahui sejauh mana bisnis dan produkmu berada. Marketplace tersebut akan memberitahukan para penjualnya juga dengan cara termudah.

Tingkat Kepercayaan Besar

Source : Google

Karena hal ini menyangkut nama besar sebuah platform marketplace, maka satu kekhawatiran lagi yang harus segera dimusnahkan dari pikiranmu. Yaitu, tingkat kepercayaan yang besar dari konsumen terhadap nama besar marketplace tadi akan berpengaruh juga terhadap nama baik produk kamu. Maka, secara tidak langsung konsumen pun juga akan sangat percaya terhadap produkmu tanpa harus berusaha mencari kepercayaan lagi.

Kekurangan Marketplace

Source : Google

Selain kelebihan, pastinya ada juga kekurangan berjualan melalui marketplace. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan baik buruknya dalam memilih strategi berbisnis dan dapat mengantisipasinya. Kekurangan marketplace memang tidak begitu banyak dan bisa kamu atasi dengan mudah, diantaranya adalah:

Pasar yang Sporadis

Source : Google

Karena kamu sedang memanfaatkan sebuah pasar yang konsumennya cukup besar, maka dengan menggunakan platform marketplace menjadikan pasar yang kamu dapatkan adalah pasar yang sporadis. Artinya, semakin banyaknya produk yang dijual dan beragam membuat produkmu lebih sulit untuk ditemukan. Oleh karena itu, diperlukan adanya kata kunci yang mempermudah produk kamu ditemukan.

Tidak Ada Kesempatan Branding

Source : Google

Berjualan melalui marketplace membuat kamu yang memiliki produk sendiri ini menjadi tidak mempunyai kesempatan untuk branding atau memperkuat brand. Sehingga, bisa disimpulkan berjualan disini memang tidak mengutamakan barang yang memiliki brand tertentu. Yang terpenting adalah sifatnya hanya berjualan, perlu kamu pertimbangkan hal tersebut sebelumnya jika kamu ingin mengembangkan produkmu.

Persaingan Ketat

Source : Shopee

Apapun yang dilakukan, berbisnis pastinya tidak bisa jauh dari persaingan. Oleh karena itu, kamu harus siap dengan permasalahan persaingan yang ketat. Karena, dengan nama besarnya platform marketplace pasti mempunyai kompetitor yang juga tidak kecil dan sedikit. Sudah banyak marketplace besar lainnya yang juga berkembang pesat. 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui oleh kamu jika ingin berjualan melalui marketplace. Karena, agar kamu bisa mengantisipasi semua kekurangannya dengan mencari solusi sambil menikmati kelebihannya. Meskipun pada kenyataannya, kelebihannya lebih banyak daripada kekurangannya.

Baca juga Tips Sukses Berjualan di Marketplace Lokal

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments