Tips Memulai Jualan Online di Shopee

Sudah banyak marketplace online yang memberikan kemudahan dan kenyamanan ekstra dalam berbelanja, sayang jika kamu tidak memaksimalkan sekempatan mudah ini.

Majunya teknologi dan digitalisasi dalam setiap hal memperluas setiap peluang bisnis yang ada. Mulai dari perusahaan bisnis yang menawarkan barang maupun jasa, semuanya dipermudah dalam berbagai hal termasuk dalam proses pemasarannya. Dengan keahlian dalam bidang marketing yang cukup mumpuni maka usaha bisnis kamu akan mudah menggaet pelanggan dan meraup keuntungan semaksimal mungkin.

Dalam penjualan produk misalnya, banyak marketplace yang sudah mulai beroperasi dengan berbagai keuntungan yang didapatkan. Sudah banyak marketplace online yang memberikan kemudahan dan kenyamanan ekstra dalam berbelanja. Dengan melalui marketplace online kamu akan mendapatkan ruang pemasaran yang lebih luas.

Marketplace online ini akan mempermudah masyarakat yang menggemari hal-hal praktis dengan konsep berbelanja bisa dari rumah. Bagi para pebisnis pemula dapat menggunakan konsep belanja online untuk memulai memasarkan produknya. Melalui marketplace online ini kamu bisa melakukan transaksi penjualan secara online tanpa menemui pembeli dan sekaligus mendapatkan jaminan keamanan bertransaksi dalam bentuk e money dan sistem yang terpercaya.

Kamu bisa bergabung bersama beberapa marketplace yang bisa dijadikan sebagai media pemasaran sekaligus tempat berjualan seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, Elevenia, dan marketplace lainnya. Namun bila kamu belum pernah berjualan secara online sebelumnya, perlu diperhatikan beberapa tips yang harus dipersiapkan agar sukses dalam berjualan di marketplace online meskipun masih pemula.

Menyiapkan Produk yang Berkualitas

Source : Shopee.co.id

Kamu harus memastikan produk yang kamu jual memiliki kualitas dan daya saing yang tinggi. Dengan memiliki produk yang unik dan berbeda dengan kompetitor, ini bisa menambah daya tarik konsumen untuk membeli produk kamu. Produk yang berkualitas akan membuat pelanggan senang dan ingin membeli kembali.

Menyediakan Definisi Produk Disertai Gambar Kualitas Bagus

Source : Shopee.co.id

Dalam marketplace yang menjadi sorotan adalah deskripsi dan gambar dari produk yang dipasarkan. Dari kedua hal tersebut yang akan menarik pelanggan untuk pertama kalinya yakni dengan visual yang bagus. Dengan mencantumkan gambar yang bagus akan membantu pelanggan mengenali sekaligus mengidentifikasi produk yang kamu jual. Selain gambar yang bagus kamu juga perlu memberikan deskripsi yang memberikan gambaran secara real dan lengkap dari produk sehingga pelanggan berekspektasi sesuai dengan deskripsi  produk.

Mulai Mendownload Aplikasi

Source : Shopee.co.id

Setelah yakin dengan produk yang ingin di jual dan mengetahui strategi marketing yang akan kamu gunakan, selanjutnya kamu perlu mendownload aplikasi marketplace yang sudah dipilih untuk memasarkan produk kamu dan melakukan proses pendaftaran dengan mengisi segala bentuk data maupun formulir yang diperlukan. Dengan memiliki aplikasi marketplace tersebut akan memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis dimanapun dan kapanpun.

Menambahkan Rekening Pembayaran

Source : Google

Setelah menyiapkan produk sekaligus tampilan dari toko kamu, langkah selanjutnya adalah menyiapkan nomor rekening pribadi sekaligus memasukkannya ke dalam marketplace tersebut. Sistem dari setiap transaksi dan pembayaran di marketplace ini tidak bisa langsung masuk ke rekening kamu namun akan terlebih dahulu tersimpan di saldo marketplace dan bisa ditarik setelah pembeli menerima barang pesanannya terlebih dahulu.

Salah satu marketplace yang bisa kamu coba adalah Shopee. Dalam marketplace ini kamu bisa memasang iklan maupun melakukan live sebagai bentuk strategi marketing kamu nantinya. Selain itu sudah banyak aplikasi yang terhubung dengan Shopee.

Peluang bisnis melalui marketplace ini semakin menjadi trend dan kebiasaan sejak pandemi mulai menyerang yang mengharuskan semua orang untuk tetap dirumah saja. Namun disamping itu berbagai tuntutan aktivitas dan kebutuhan yang harus dipenuhi membuat orang kebingungan. Dan melalui marketplace online ini telah mempermudah transaksi yang dibutuhkan masyarakat dan mulai menjadi kebiasaan.

Source : Shopee.co.id

Lantas bagaimana cara untuk mendaftarkan diri dan mulai berjualan di marketplace Shopee?

  • Mendownload aplikasi Shopee kemudian membuat akun

Dalam membuat akun kamu bisa menggunakan akun Facebook, Google dan dengan mengeklik “Daftar” kemudian memasukkan nomor ponsel. Setelah memasukkan nomor ponsel kamu, kemudian menunggu sms untuk mendapatkan kode verifikasi baru setelahnya dapat mengatur kata sandi untuk akun kamu.

  • Mengatur username

Untuk mengatur username, kamu bisa melalui penyetingan dengan mengklik setting atau pengaturan akun. Pastikan username disini mudah untuk diingat sekaligus mendeskripsikan produk kamu.

  • Melengkapi profil toko kamu di seller Center atau aplikasi Shopee
Source : Shopee.co.id
  • Mengatur alamat dari toko
  • Mengatur opsi pengiriman
  • Mengunggah produk

Dalam tahap ini kamu bisa menambahkan berbagai hal selain mengunggah produk yang ingin dijual. Yang bisa ditambahkan seperti atribut produk, deskripsi, foto dan juga jasa kirim. Selain itu perlu diperhatikan pula bahwa barang yang dijual tidak melanggar syarat dan ketentuan dari Shopee. Untuk meningkatkan penjualan, kamu bisa mengikuti berbagai kampanye yang diadakan oleh Shopee dan berbagai program menguntungkan lainnya.

Baca juga 5 Cara Mudah agar Penjualan Marketplace Meningkat!

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?