Marketplace Terbesar di Indonesia

Marketplace sebagai salah satu platform yang sangat membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya, baik yang kecil, sedang, maupun besar

Perkembangan teknologi saat ini memang sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan rutinitas sehari- hari. Seperti berbelanja, kamu bisa memanfaatkan teknologi internet jika sibuk dalam pekerjaan rumah atau pekerjaan di kantor.  Proses yang dilakukan untuk jual beli juga tidak memakan banyak waktu, sehingga pengguna marketplace terus bertambah. Apalagi sekarang ada beberapa marketplace terbesar di Indonesia yang telah menyediakan berbagai kebutuhan kamu dengan cepat.

Apa Itu Marketplace? 

Source : Google

Secara umum, marketplace merupakan suatu wadah atau platform yang digunakan untuk berkumpulnya para penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli barang-barang produksi dengan memanfaatkan teknologi internet. 

Untuk itu, marketplace juga dapat dikatakan sebagai sebuah situs yang terdapat beberapa penjual yang akan membantu pembeli untuk memilih barang yang akan mereka beli dari berbagai macam penjual atau toko yang ada dalam situs tersebut. Di sini ada beberapa marketplace terbesar di Indonesia yang sudah banyak orang ketahui:

Source : Google

Tokopedia

Tokopedia berdiri pada tahun 2009 yang saat ini menjadi salah satu platform jual beli populer di Indonesia dan juga sebagai marketplace yang cukup terpercaya.

Bukalapak

Bukalapak berdiri pada tahun 2010, awalnya Bukalapak ini sebagai platform yang digunakan  untuk membantu para  pelaku UMKM dalam memanfaatkan dunia digital. Namun, seiring berjalannya waktu Bukalapak telah berkembang pesat dan mampu mendapatkan banyak kunjungan setiap bulannya. 

Shopee

Siapa yang tidak mengenal Shopee? Sebagai salah satu marketplace terbesar yang telah melebarkan sayapnya dengan mengekspansi pasar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

Blibli

Blibli termasuk marketplace baru yang merupakan anak perusahaan dari Djarum. Sekarang Blibli telah berhasil menjadi salah satu platform jual beli online terbesar di Indonesia.

Lazada

Lazada sebagai salah satu marketplace yang terbesar setelah Tokopedia. Meskipun eksistensi Lazada tidak sebesar awal masuk ke Indonesia, tapi Lazada masih memiliki banyak kunjungan di setiap bulannya.

Apa Kelebihan dari Marketplace?

Source : Google

Jika kamu seorang pelaku bisnis tentu akan memanfaatkan berbagai peluang yang ada untuk mengembangkan bisnis agar jaringan target pasarnya lebih luas. Sehingga di era digital ini, kamu sebagai pelaku bisnis sangat penting untuk dapat menjalankan bisnis secara online. Kamu perlu mengetahui beberapa kelebihan yang bisa didapatkan ketika menggunakan marketplace ini.

Lebih Hemat 

Marketplace memiliki konsep yang mirip dengan pasar atau department store. Namun, terlihat perbedaannya adalah  tidak adanya biaya sewa karena toko dan barang dilakukan secara online. 

Lebih Mudah

Kamu juga tidak perlu repot lagi memikirkan uang sewa atau membutuhkan space yang cukup luas untuk memajang semua produk yang akan dijual karena kamu cukup upload foto-foto produk dan detail deskripsi di kolom yang sudah disediakan oleh platform tersebut. 

Memiliki Jangkauan yang Luas

Menjual produk secara online melalui marketplace ternyata mampu menjangkau target secara luas karena dapat diakses oleh semua orang dengan mudah tanpa terhalang jarak. Kamu cukup menggunakan koneksi internet saja dan untuk transaksi jual beli dapat terjadi dengan mudah.

Aktif 24 Jam

Jika kamu berjualan secara online, maka kamu  tidak memiliki batas waktu. Sehingga kapan saja pembeli dapat mencari produk yang diinginkan dan akan segera diproses dengan cepat.

Dapat Membangun Kepercayaan Pelanggan

Meningkatnya penggunaan marketplace, ternyata mampu membuat para pelanggan percaya untuk berbelanja melalui marketplace, sehingga ini suatu peluang bisnis yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi bisa sebagai tempat untuk mempromosikan produk kamu dengan cepat.

Dari beberapa kelebihannya marketplace ini, pastinya dapat membantu usaha kamu memiliki potensi pasar yang besar, sehingga kamu tidak perlu khawatir tidak ada pelanggan karena di setiap bulannya memiliki rata-rata kunjungan bisa mencapai puluhan jutaan.

Manfaat Dari Marketplace

Source : Google
  1. Marketplace dapat dimanfaatkan sebagai salah satu tempat dimana para pembeli berkumpul dari berbagai tempat. 
  2. Menjadi penghubung antara penjual dan pembeli dengan lebih mudah. 
  3. Bisa dijadikan sebagai tempat kamu menemukan relasi antar satu penjual dengan penjual lainnya. 
  4. Dapat menggunakan marketplace sebagai tempat promosi atau pengenalan produk tanpa dipungut biaya. 
  5. Bertransaksi lebih mudah dan hemat.

Cara Daftar Marketplace

Source : Tokopedia & Shopee

Untuk melakukan pendaftaran di marketplace cukup mudah. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi marketplace yang diinginkan di smartphone. Kemudian kamu bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan arahan dari aplikasi tersebut. Jika sudah kamu dapat mengoperasikannya dengan akun yang telah dibuat.

Marketplace sebagai salah satu platform yang sangat membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya, baik yang kecil, sedang, maupun besar. Seperti marketplace terbesar di Indonesia yang sudah banyak membantu dalam prosesnya transaksi jual beli dengan cepat dan mudah di era digital ini.

Baca juga Kelebihan & Kekurangan Berjualan di Marketplace

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?