5 Cara Mudah agar Penjualan Marketplace Meningkat!

Banyak sekali keuntungan yang akan kamu rasakan ketika sudah memaksimalkan penjualan di marketplace, salah satunya adalah produk & brandmu akan semakin dikenal.

Salah satu cara agar sebuah bisnis bisa bertahan di era digital ini adalah menggunakan marketplace dengan tepat. Di Indonesia sendiri, sudah banyak marketplace yang bisa kamu gunakan dan manfaatkan dengan maksimal agar produk yang kamu pasarkan bisa dikenali dan dibeli oleh masyarakat. Penjualan di marketplace adalah hal yang harus kamu pahami karena bisa memberikan keuntungan maksimal.

Marketplace juga kerap memberikan promo menarik untuk kamu sebagai seller. Berikut adalah cara mudah agar Penjualan di marketplace bisa meningkat!

Membuat Brand/Bisnis Kamu Berkarakte

Source : Shopee Scarlett

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa meningkatkan penjualan di marketplace adalah dengan membuat bisnis kamu berkarakter. Hal ini berhubungan erat dengan tampilan toko di marketplace yang harus kamu pikirkan dengan baik. 

Pastikan kamu sudah memiliki logo bisnis, warna-warna utama yang akan kamu gunakan ketika mengunggah foto produk, dan copywriting di deskripsi produk yang bisa membuat pengguna marketplace tertarik. Tampilan toko di marketplace yang menarik tentu saja akan membuat banyak audiens tertarik. Ketika mereka beralih ke toko lain dengan produk yang sama, audiens pasti akan memilih toko yang terlihat jauh lebih “profesional” dan hal ini yang harus kamu sadari.

Banyak sekali penjual yang menganggap remeh hal ini sehingga membuat tampilan toko di marketplace seadanya, pada faktanya pembeli jauh menyukai toko yang memiliki karakter sendiri.

Memahami Ketentuan Upload Produk

Source : Shopee Seller Center

Apabila kamu ingin meningkatkan penjualan di marketplace, hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah memahami ketentuan upload produk. Hampir semua marketplace memiliki ketentuan dalam mengunggah produk yang akan kamu pasarkan, dan hal ini memiliki tujuan agar bisa meningkatkan penjualan. 

Pastikan kamu sudah memiliki foto terbaik produk kamu dengan kualitas yang tinggi, sehingga bisa membuat calon pembeli melihat dengan jelas produk tersebut. Jangan unggah satu foto produk saja, pastikan kamu mengunggah produk dari segala sudut sehingga membuat calon pembeli mengetahui keseluruhan produk. Lalu kamu juga harus memastikan sudah mengisi semua deskripsi produk mulai dari varian, ukuran, isi, kadaluarsa, dan yang lainnya dengan sangat lengkap. Semakin lengkap deskripsi produk yang kamu cantumkan, maka semakin banyak informasi yang diterima oleh calon pembeli.

Melayani Customer dengan Maksimal

Source : Shopee

Hal yang dimiliki marketplace adalah tingkat pelayanan kepada customer yang kamu berikan. Hal ini juga dapat menjadi cara agar penjualan di marketplace dapat meningkat. Pastikan kamu menjawab pertanyaan atau chat dari calon pembeli dalam waktu yang sangat singkat, tidak ada yang terlewat sedikitpun. Tingkat membalas chat menjadi patokan penting dari nilai layanan kepada customer di marketplace.

Apabila hal ini terlalu berat, kamu bisa membuat jam buka dan tutup toko sehingga calon pembeli yang akan bertanya bisa memahami hal ini dan selalu bertanya pada jam kerja saja. Pastikan kamu juga membalas komentar pembeli yang melakukan review produk sehingga mereka merasa dihargai. Hal-hal tersebut memiliki kesan yang sangat kecil, tetapi dapat membuat penjualan di marketplace meningkat.

Memahami Trend Bisnis di Marketplace saat ini

Source : Shopee

Memahami trend bisnis di marketplace saat ini adalah hal yang sangat penting, kamu pasti sudah mengetahui bahwa saat ini adalah era seller di Marketplace melakukan live. Trend seperti ini adalah hal yang sangat penting untuk bisa meningkatkan penjualan kamu.

Kamu bisa memulai dengan live sendiri dan memahami cara kerja trend ini. Setelah beberapa lama, tentu saja kamu sudah mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Tidak perlu merasa ragu, karena semua penjual juga melakukan live untuk meningkatkan angka penjualan.

Promosikan Marketplace Kamu di Sosial Media

Source : Google

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membuat penjualan di marketplace meningkat adalah dengan mempromosikan toko marketplace kamu di Sosial Media. Tujuannya agar semakin banyak yang mengetahui dan membeli produk kamu di toko marketplace. Kamu bisa memberikan beberapa potongan harga untuk produk tertentu sehingga semakin banyak yang tertarik.

Penjualan di marketplace yang meningkat bisa kamu perhatikan dengan beralihnya pembeli dari sosial media ke marketplace. Hal ini juga akan memudahkan kamu karena tidak perlu melakukan banyak hal, semua pembukuan sudah dilakukan oleh sistem marketplace. Tidak perlu mencatat secara manual seperti penjualan di sosial media.

Informasi di atas berkenaan dengan cara mudah agar penjualan di marketplace bisa meningkat, hal ini tentu saja akan membuat kamu semakin yakin untuk segera beralih ke marketplace. Banyak sekali keuntungan  yang akan kamu rasakan ketika sudah memaksimalkan penjualan di marketplace. Produk atau brand semakin dikenal serta kemudahan yang ada, adalah alasan mengapa kamu harus segera menggunakan marketplace.

Baca juga Membuat Deskripsi Toko Shopee yang Menarik

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?