Rekomendasi Marketplace Terbaik untuk Jualan Online

Mulai dari UMKM sampai brand besar di Indonesia, hampir semuanya memilih menjual produknya secara online

Belanja di online shop kini menjadi pilihan lantaran kemudahan yang diberikan serta harga produk pun murah. Tak heran, jika banyak orang beralih ke ranah digital untuk menjual produknya. Tak hanya dimudahkan dengan berbagai fiturnya, tetapi juga memiliki jangkauan yang luas. Bahkan, dari berbagai platform belanja online, tempat terfavorit yang menjadi wadah konsumen melakukan kegiatan belanja adalah marketplace. Nah, apa aja sih marketplace terbaik untuk jualan online?

Marketplace merupakan salah satu dari banyaknya media pemasaran yang bisa digunakan dalam memulai bisnis secara online. Kini, para pebisnis berpindah ke e-commerce dan marketplace untuk menjual produknya. Mulai dari UMKM sampai brand besar di Indonesia, hampir semuanya memilih menjual produknya secara online. Eits, tapi  perlu diketahui apabila e-commerce dan marketplace itu berbeda.

Istilah e-commerce cenderung menunjuk ke perusahaan atau bisnis yang menawarkan sistem layanan jual beli jasa maupun produk dengan internet. Sementara marketplace merupakan tempat orang melakukan jual beli layanan, jasa, maupun produk melalui website atau aplikasi. Menurut perkembangannya penggunaan marketplace meningkat, bahkan ada beberapa yang menduduki peringkat teratas marketplace terpopuler dan paling banyak dikunjungi. Berikut marketplace terbaik untuk jualan online itu :

Tokopedia

Source : Google

Tokopedia. Di urutan pertama ini merupakan pasar online terbesar di Indonesia yang bisa digunakan untuk membuka bisnis melalui toko online dengan mudah. Marketplace dengan bentuk logo mirip burung dan berwarna hijau ini menerima dana lebih dari Softbank Jepang dan perusahaan modal ventura teknologi Amerika, Sequoia Capital sebesar $100 juta. Dilansir dari Sasana Digital, jumlah pengunjung Tokopedia berada di posisi teratas dibandingkan marketplace lainnya, yaitu sebanyak 157.233.300 per bulan.

Shopee

Source : Google

Marketplace satu ini sudah populer di berbagai kalangan, bahkan menjadi pilihan kaum milenial untuk berbelanja barang apapun. Apalagi banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa dirasakan dari aplikasi satu ini, mulai dari fitur aplikasi, promosi, kualitas barang, hingga pengiriman yang selalu memuaskan. Harga produk atau jasa di aplikasi oranye ini juga terjangkau. Ya, tak heran jika Shopee menjadi juara marketplace di wilayah ini, apalagi di negara yang mengutamakan penggunaan mobile. Shopee sendiri merupakan toko online yang bergerak aktif dan terdiversifikasi, tak hanya melalui aplikasi, tetapi juga menawarkan pengalaman belanja melalui web biasa yang biasa diakses dari www.shopee.co.id. Tak hanya di Indonesia, Shopee juga hadir di berbagai negara Asia Tenggara mulai dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Taiwan, dan Vietnam. Bahkan diketahui, jumlah pengunjung marketplace satu ini menduduki posisi kedua setelah Tokopedia, yaitu 132.776.700 setiap bulannya.

Lazada

Source : Google

Lazada merupakan department store serta pasar online yang mengecer produk dijual sendiri oleh penjual. Marketplace ini berdiri pada tahun 2011 dan Rocket Internet sebagai pendirinya. Namun, pada tahun 2016 Lazada diakuisisi oleh raksasa e-commerce China, Alibaba sebagai saham pengendali di Lazada serta operasinya di Asia Tenggara. Aplikasi ini sendiri sudah hadir di berbagai negara mulai dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, serta Vietnam.

Bukalapak

Source : Google

Satu ini pasti tidak asing karena sudah sering muncul di iklan televisi, tak kalah dari Shopee maupun Tokopedia. Bukalapak merupakan salah satu pasar online terkenal di Indonesia, sebagai platform e-commerce untuk beragam brand maupun individu sebagai upaya memudahkan proses jual beli secara online. Marketplace satu ini mempunyai keunggulan yang membuatnya digemari masyarakat, yaitu menekankan pada kemudahan dan kenyamanan e-commerce, serta menjamin keuangan ekstra untuk pelanggan. Tak hanya bisa digunakan di aplikasi, tetapi  juga bisa membuka website resmi Bukalapak yang semakin memudahkan pengguna. Marketplace ini berada di urutan keempat dengan jumlah pengunjung 23.096.700 setiap bulannya.

Orami

Source : Google

Marketplace satu ini masih terdengar asing di pendengaran, bahkan tak banyak yang menggunakannya. Namun, jumlah pengunjungnya berada di peringkat kelima dari banyaknya marketplace yang ada. Maka dari itu, kamu perlu mengenal platform e-commerce satu ini yang menawarkan produk keluarga, bayi, dan rumah. Walaupun hanya terfokus pada produk tersebut, Orami telah membantu masyarakat Indonesia dalam berbelanja serangkaian produk bayi mulai dari kebersihan, nutrisi, makanan, mainan, aksesoris, serta berbagai layanan yang masih berkaitan dengan itu.

Nah, itulah rekomendasi 5 marketplace terbaik untuk jualan online yang mempunyai pengunjung terbanyak. Selain yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan Blibli karena masih ramai penggunanya serta menawarkan berbagai produk dan ada promo, tiket, serta voucher untuk pelanggan. Tak hanya sebagai platform aplikasi, tetapi semua marketplace yang telah disebutkan mempunyai website e-commerce sehingga memudahkan pengguna berbelanja secara online.

Kini, banyak juga akun media sosial yang meluncurkan fitur shop seperti TikTok, Facebook, dan Instagram. Namun, hal tersebut tidak menurunkan posisi marketplace karena masih banyak keuntungan yang diberikan marketplace, mulai dari promo, transaksi aman, ragam metode pembayaran, serta gratis ongkir yang membuat masyarakat bertahan di marketplace.

Baca juga 6 Strategi Jualan Online yang Bisa Bikin Kamu Berhasil

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments