6 Strategi Jualan Online yang Bisa Bikin Kamu Berhasil

Masing – masing pelaku usaha wajib memiliki strategi dan memiliki cara jualan online yang menarik sehingga bisa menambah pemasukan dan terus berkembang.

Dalam menekuni bisnis mengetahui strategi cara jualan online adalah kunci suksesnya berbisnis. Apalagi bagi kamu yang memiliki modal usaha minim. Berjualan online merupakan jenis usaha yang semakin diminati banyak orang. Mulai dari kalangan muda, dewasa hingga tua. 

Strategi jualan online, pelaku usaha akan memanfaatkan media sosial seperti berbagai marketplace, instagram, whatsapp, facebook, tiktok dan lain sebagainya untuk memasang iklan karena potensi terbesar untuk menarik perhatian konsumen adalah melalui media sosial tersebut. Selain itu, juga tersedia berbagai platform e-commerce seperti shopee, lazada, tokopedia, bukalapak, akulaku dan masih banyak yang lainnya.

Melihat sarana penjualan yang sangat beragam tentunya masing – masing pelaku usaha wajib memiliki strategi dan memiliki cara jualan online yang menarik sehingga bisa menambah pemasukan dan terus berkembang. 

Untuk para pemula, wajib memahami strategi pemasaran yang menarik itu seperti apa agar ketika berjualan online kamu tidak hanya mengambil keuntungan saja melainkan bisa memahami metode berjualan online yang benar dan tepat sehingga usaha kamu bisa berkembang pesat.

Strategi jualan online bisa kamu lakukan dengan memperhatikan cara berikut ini: 

1. Menentukan Ide Jualan

Source: Qlobot

Dalam memilih ide jualan yang sekiranya bisa diterima di masyarakat, tentunya kamu memiliki produk yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi. Pilihan ide jualan bisa berupa produk maupun jasa. Keduanya sama – sama memiliki potensi yang besar. 

Untuk bisa menemukan produk atau jasa yang ingin kamu tekuni, kamu bisa sesuaikan dengan passion yang kamu miliki. Misal kamu adalah penyuka fashion, maka kamu bisa berjualan produk fashion karena secara tidak langsung kamu menguasai bidang fashion. Sehingga kamu bisa melakukan penawaran dan berjualan dengan baik sesuai dengan apa yang kamu kuasai. 

2. Memilih Target atau Sasaran Konsumen

Source: Qlobot

Setelah kamu berhasil menentukan ide jualan, maka langkah selanjutnya yaitu memilih target atau sasaran konsumen. Misal kamu akan menekuni bidang fashion, dan fashion ini masih dibagi menjadi produk fashion khusus wanita atau laki -laki, fashion anak – anak atau dewasa, fashion syar’i ataupun non syar’i dan masih banyak lagi.

Bila sudah menentukan fashion apa yang akan menjadi produk unggulan kamu, maka saatnya kamu menentukan target sasaran konsumen. Misal produk yang akan kamu ambil adalah fashion anak – anak. Maka kamu harus melakukan pemasaran kepada kalangan ibu – ibu yang memiliki balita atau anak-anak. 

Dengan begitu ketika kamu sudah tahu target konsumen yang akan menjadi tujuanmu, maka potensi jualan online yang kamu miliki memiliki potensi yang sangat besar untuk terus berkembang dan mendapatkan penghasilan yang lebih.

3. Memasang Harga yang Kompetitif dengan Melakukan Riset Pasar

Source: Qlobot

Persaingan bisnis sangat ketat apalagi jika memilih berjualan secara online karena banyak juga pesaing – pesaing yang mematok harga yang terjangkau. Namun perlu kamu ketahui bahwa produk yang kamu tawarkan harus sebanding dengan kualitas yang dimiliki. Sehingga tidak mengecewakan konsumen. Pastinya dengan harga yang sesuai dengan kualitas produk, maka konsumen tidak akan salah memilih. 

4. Membuat Nama Bisnis yang Menarik 

Source: Qlobot

Disini kamu harus mengerti bahwa dalam membuat nama bisnis juga ada tata caranya, tidak hanya asal membuat nama saja. Misalkan pemberian nama untuk usaha baju anak kamu adalah “Lolipop Branded Kids Wear” ini menandakan bahwa kamu berjualan baju anak – anak. Otomatis konsumen tahu bahwa bisnis online kamu memiliki produk baju anak – anak. 

5. Memilih Marketplace

Source: Qlobot

Banyak ibu – ibu yang memiliki balita tidak sempat membeli kebutuhannya jika harus pergi mengunjungi toko, maka tidak sedikit yang beralih berbelanja melalui media sosial. Kamu bisa memilih media sosial yang memiliki banyak pengikut misal instagram, facebook, tiktok, whatsapp, bahkan kamu juga bisa memasang bisnis jualan online kamu melalui shopee, tokopedia, lazada dan lain sebagainya. 

6. Membuat Strategi Pemasaran dengan Membuat Promosi 

Source: Qlobot

Konsumen pasti akan sangat tertarik jika dalam sebuah toko online sedang ada promo besar – besaran. Biasanya bentuk promosi yang bisa kamu tawarkan adalah promo gratis ongkir, promo buy one get one, promo potongan harga dan lain sebagainya. 

Strategi jualan online juga tidak lepas dari pelayanan yang terbaik, karena konsumen selain memilih kualitas produk juga pasti memilih pelayanan yang bagus. Dalam sebuah bisnis jika memiliki pelayanan yang bagus maka konsumen akan puas dan tidak mudah kecewa sehingga memberikan testimoni positif dan bisa berlangganan. 

Itulah beberapa strategi berbisnis jualan online yang bisa kamu pelajari sebelum kamu terjun dan menekuni bisnis online. Karena dengan berbekal ilmu yang matang maka kamu akan semakin percaya diri untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. 

Jika kamu masih pemula, kamu juga bisa melakukan beberapa tips jualan online ini agar usaha kamu makin berkembang pesat.

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?