Mari Membahas Tentang Jualan Online

Melakukan jualan online tentu menyenangkan. Selain dapat menghasilkan cuan, kamu akan mendapatkan ilmu serta pengalaman berbisnis yang luar biasa.

Jualan atau penjualan tentu sudah sering kamu dengar bukan? lalu apa itu jualan / penjualan? Penjualan adalah suatu aktivitas atau bisnis yang kegiatannya adalah menjual produk ataupun jasa. Proses penjualan ini dilakukan dengan cara si penjual memberikan kepemilikan komoditas kepada sang pembeli dengan harga yang sudah ditentukan. Penjualan sendiri dapat dilakukan menjadi 2 yakni penjualan secara langsung dan juga jualan online.

Ide Jualan Online

Source : Google

Jualan online tentunya sudah menjadi hal yang tidak asing bagi kamu bukan. Di zaman yang sudah modern ini, kamu tentu pernah melakukan pembelian online. Dari kegiatan pembelian online tersebut, tentu kamu akan mendapatkan barang yang di pesan. 

Jual beli online sangatlah berpengaruh di zaman yang semakin berkembang ini. Kamu mungkin pernah berpikir untuk jualan online, dengan begitu kamu juga akan bisa mendapatkan cuan. Dari melakukan kegiatan jualan online, kamu tentu bisa menambah jumlah kenalan sekaligus menambah strategi pemasaran.

Memiliki usaha jualan online memang tidak mudah untuk dilakukan, namanya jualan tentu ada fase naik atau juga fase turun. Agar dalam fase naik, tentunya kamu harus melakukan sesuatu yakti  mengikuti tren terkini. Jika kamu ingin memulai usaha jualan online, ada beberapa ide jualan yang bisa kamu gunakan :

  1. Jasa pembuatan blog
  2. Jasa penjualan barang bekas 
  3. Penjualan alat berkebun
  4. Penjualan aksesoris hp
  5. Penjualan vape and liquid
  6. Penjualan benih tumbuhan
  7. Dan masih banyak lagi ide lainnya

Untuk melakukan penjualan online, sebaiknya sesuai dengan minat dan juga bidang pengetahuan yang kamu miliki. Hindarilah membuka usaha jualan online, dengan menjual produk tertentu yang tidak kamu pahami. 

Aplikasi Jualan Online

Source : Google

Jual beli online dapat dilakukan di mana saja asalkan ada koneksi internet. Kenapa demikian ? namanya saja jual beli online, tentu segala hal yang berbau dengan online akan memerlukan bantuan dari koneksi internet. Selain dari koneksi internet, kamu juga memerlukan aplikasi untuk melakukan jual beli online.

Apakah kamu ingin belanja online atau kamu ingin jualan online, semua bisa kamu lakukan melalui aplikasi toko online. Tentunya, tidak hanya 1 toko online saja yang dapat kamu kunjungi, ada beberapa toko online yang tentunya dapat memenuhi keinginan belanja kamu.

Apa sih bedanya toko online satu dengan yang lain? perbedaannya adalah :

  1. Toko online tersebut dibuat oleh developer yang berbeda, sehingga memiliki tampilan aplikasi yang akan berbeda pula. Namun untuk fitur utama jual beli tentu di setiap toko online sama. 
  2. Produk yang di jual di toko online tersebut. Misal toko A menjual bumbu dapur, belum tentu di toko B menjual bumbu dapur.
  3. Kemudahan pembayaran. 

Melakukan jualan online tentu sangatlah menyenangkan. Selain dapat menghasilkan cuan, dengan jualan online, kamu akan mendapatkan ilmu serta pengalaman berbisnis yang luar biasa. Beberapa toko online yang ramai di gunakan untuk jualan online antara lain :

  1. Shopee
  2. Tokopedia
  3. Lazada
  4. Bukalapak
  5. Blibli.com

Cara Jualan Online

Source : Google

Bagaimana cara jualan online? untuk cara melakukan jualan online tentu tidaklah sama antara 1 individu dengan individu yang lainnya. Cara berjualan tiap individu tidaklah boleh kamu campuri, karena nantinya akan menyebabkan hal yang tidak diinginkan. Kamu cukup fokus saja ke bagaimana cara yang kamu gunakan untuk melakukan jualan online. 

Untuk melakukan Jualan online, ada beberapa hal yang bisa kamu gunakan seperti :

  1. Mengenali dan juga menentukan produk yang akan kamu jual. Jadi di sini kamu harus paham betul tentang produk yang akan dijual. 
  2. Membuat website toko. Membuat website untuk toko online akan sangat membantu untuk menaikan jumlah pelanggan.
  3. Menggunakan online shop. Kamu tentu disarankan untuk bergabung dalam aplikasi toko online agar mempermudah melakukan penjualan.
  4. Selalu manfaatkan medsos untuk promosi.
  5. Buat toko yang kamu miliki mudah ditemukan. Gunakanlah nama toko yang mudah diingat dan unik.
  6. Buat toko yang kamu miliki menarik dan memiliki keunikan tersendiri.
  7. Hindarilah konflik dengan pelanggan di toko online kamu. Selalu berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan dan hindari konflik.
  8. Terapkanlah word of mouth (WOM) yakni promosi dari mulut ke mulut.

Nah jadi itulah beberapa penjelasan tentang jualan online. Berbagai macam cara tentunya dapat dilakukan untuk berjualan online. Gabunglah ke dalam toko online agar memudahkan penjualan produk yang kamu miliki. Selain itu, bangunlah citra yang baik pada toko online yang kamu miliki. Sekian, semoga bermanfaat.

Baca juga Inspirasi Ide Jualan Online yang Laris Setiap Hari

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments