Keunggulan 2 Marketplace Terbesar Di Indonesia

Marketplace sebagai penyedia tempat bagi para penjual yang ingin berjualan dan para pembeli yang ingin mencari produk dengan transaksi yang mudah dan cepat.

Saat ini siapa yang tidak tau tentang marketplace, pasti hampir semua orang sudah tau apa itu marketplace dan apa saja manfaat serta kemudahan yang diberikan dari adanya marketplace ini. Di zaman yang semakin modern ini dimana semua aspek kehidupan sudah hampir 100% dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, sehingga memberikan banyak dampak pada kehidupan manusia saat ini entah itu dampak negatif maupun positif.

Terkait dampak yang didapatkan entah itu negatif ataupun positif semua tergantung pada kebijakan kita sendiri dalam memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut. Salah satu bentuk dampak positif dari adanya perkembangan teknologi adalah dapat mempermudah seseorang dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan sehari – harinya seperti salah satu contohnya adalah berjualan.

Marketplace dengan Penggunaan Terbanyak Di Indonesia

Source : Freepik

Marketplace merupakan sebuah penyedia platform sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli. Sebenarnya sistem jual beli yang terjadi di marketplace hampir sama dengan sistem jual beli tradisional, akan tetapi yang membedakannya adalah marketplace menggunakan platform berupa website atau aplikasi sebagai medianya.

Tugas dari perusahaan marketplace hanya sebagai penyedia tempat bagi para penjual yang ingin berjualan dan para pembeli yang ingin mencari produk dengan transaksi yang mudah, cepat, dan pastinya keamanan yang terjamin. 

Adapun beberapa contoh marketplace yang sudah berdiri di Indonesia dan eksistensinya sudah sangat tinggi dikalangan masyarakat. Marketplace tersebut diantaranya adalah :

Tokopedia

Source : Google

Untuk marketplace yang menempati posisi pertama adalah marketplace Tokopedia. Tokopedia merupakan platform jual beli online yang paling banyak dikunjungi pada kuartal III tahun 2021. Jumlah pengunjung bulanan situs ini mencapai 15,1 juta kunjungan dan angka tersebut terus mengalami kenaikan sekitar 7% dari kuartal sebelumnya.

Platform marketplace yang didirikan pada tanggal 17 Agustus 2009 ini memiliki berbagai kelebihan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya yaitu diantaranya adalah : 

Loading Website yang Cukup Ringan

Pada saat membuka toko tertentu atau fitur yang ada di dalam marketplace biasanya akan terjadi jeda atau loading sebelum fitur tersebut terbuka. Namun loading pada Tokopedia cukup ringan dan cepat, sehingga saat kamu membuka toko atau produk yang kamu inginkan maka waktu yang kamu butuhkan tidak akan terlalu lama.

Tampilan User Friendly

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Tokopedia adalah memiliki tampilan user yang friendly. Pada saat membuka aplikasi, kita akan mudah menggunakannya karena user yang friendly ini. Hal ini dikarenakan tampilan yang sederhana dengan desain minimalis. Tidak heran jika para pemula sekalipun akan dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Terdapat Banyak Gratis Ongkir serta Diskon  

Dengan banyaknya diskon dan gratis ongkir yang ditawarkan di Tokopedia, ini dapat menjadi poin plus tersendiri untuk platform marketplace ini.  Mengapa tidak, pasti banyak orang yang menyukai diskon tentunya. Dan untuk pengguna baru terdapat fitur khusus yaitu berupa traktiran gratis dari Tokopedia.

Transfer Saldo dengan Cepat 

Tokopedia juga memberikan keuntungan kepada para penjual karena pencairan saldo dapat dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan marketplace lainnya. Hal ini menjadi sebuah keunggulan Tokopedia dibandingkan dengan marketplace lainnya karena fungsi utamanya adalah untuk menjadi wadah yang nyaman dan aman untuk seller.

Shopee

Source : Google

Marketplace berikutnya adalah Shopee. Menempati posisi kedua marketplace dengan kunjungan tertinggi di Indonesia pada periode kuartal III 2021 yaitu mencapai 134,4 juta kunjungan dan terus mengalami kenaikan sampai 5,7 % dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. 

Platform marketplace yang pertama diluncurkan pada tahun 2015 ini tak hanya hadir di Indonesia tetapi juga hadir di beberapa negara di Asia Tenggara yaitu diantaranya adalah Singapura, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Malaysia. Adapun beberapa kelebihan Shopee yang membedakan platform ini dengan platform marketplace lainnya yaitu :

Memiliki Aplikasi yang Mudah Digunakan

Aplikasi shopee ini dapat kamu download di playstore melalui HP kalian. Aplikasi ini memiliki banyak fitur dengan banyak layanan salah satunya adalah ketersediaan barang yang dibutuhkan semua ada mulai dari pakaian, HP, laptop dan masih banyak lagi.

Cara Pembayaran yang Beragam

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Shopee adalah memiliki beragam cara pembayaran untuk memudahkan para penggunanya melakukan transaksi pembayaran. Untuk fitur unggulan Shopee juga memiliki fitur pembayaran sendiri yaitu ShopeePay.

Pembeli Bisa Mendapatkan Uang

Pada layanan ini pembeli atau pengguna Shopee akan mendapatkan sebuah layanan spesial dari Shopee, karena pembeli akan diberikan uang nantinya yang dapat kamu gunakan untuk keperluan kamu sendiri.

Biasanya layanan ini akan dipakai oleh seseorang yang menjadi dropshipnya Shopee, yang maksudnya adalah mereka akan mengambil barang dari shopee dengan sistem dropship lalu mereka akan menjual kembali barang tersebut di tempat yang bisa berbeda atau sama.

Baca juga Tips Pilih Marketplace untuk Jual Beli

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments