Tips Pilih Marketplace untuk Jual Beli

Pertumbuhan marketplace sebagai sarana tempat jual beli secara online mengalami perkembangan pesat.

Semenjak wabah Covid melanda maka transaksi jual beli secara online pun meningkat pesat. Hal ini karena sejalan dengan upaya pencegahan penularannya yakni dengan melakukan pembatasan sosial atau social distance. Dalam transaksi jual beli secara online pembeli dan penjual tak perlu bertatap muka secara langsung.

Oleh karenanya pertumbuhan marketplace sebagai sarana tempat jual beli secara online pun juga berkembang pesat. Terdapat sejumlah keuntungan dengan bertransaksi melalui marketplace, baik sebagai pembeli maupun penjual. Membuka toko di marketplace gratis, banyak promo dan program diskon hingga cashback yang menanti. Nama marketplace pun telah dikenal luas, banyak pengunjungnya, kemudahan cara pembayaran dan lain sebagainya.

Berbagai Marketplace di Indonesia

Source: Google

Berikut beberapa marketplace yang ada di Indonesia :

  1. Bukalapak
  2. Tokopedia 
  3. Shopee  
  4. Lazada 
  5. Blibli 
  6. Zalora
  7. Bhinneka 
  8. Orami 
  9. Ralali
  10. Sociolla
  11. Matahari
  12. Jakmall dan lain sebagainya

Beberapa marketplace tersebut menyediakan toko online gratis bagi member yaitu para penggunanya yang telah mendaftar atau membuat akun.

Tips Memilih Marketplace untuk Membeli Barang

Cara memilih marketplace yang paling menguntungkan untuk berbelanja atau beli tentunya berbeda dengan kepentingan untuk berjualan. Berikut beberapa diantaranya.

Pilih Marketplace yang Menawarkan Free Ongkir (Ongkos Kirim) dan Program Promo, Diskon atau Cashback

Source: Qlobot

Dengan banyaknya jumlah marketplace yang ada, maka satu sama lain saling berlomba mendatangkan banyak pengguna atau member. Sebagai salah satu upayanya adalah dengan memberikan fasilitas gratis ongkos kirim dan berbagai program promo, diskon atau cashback yang sangat menarik.

Namun sebagai pembeli maka perlu cermat dalam memilih. Cek dulu apakah ada batas maksimal free ongkirnya atau benar-benar total free ongkir, juga dengan masa berlaku serta berbagai syarat dan ketentuannya. Ada marketplace yang memberikan fasilitas free ongkir hanya untuk pembelian minimal senilai tertentu, dan ada juga yang tanpa batas minimal pembelanjaan. Begitu juga dengan diskon, cashback maupun promo lainnya. Cermati dan pahami benar syarat dan ketentuannya, lalu pilih yang paling menguntungkan. 

Produk Jualan yang Lengkap

Source: Tokopedia

Kriteria berikutnya adalah memilih  marketplace yang menjual banyak barang secara lengkap. Sehingga dengan mudah pembeli bisa menemukan produk barang yang dicari dan dibutuhkan.

Bereputasi Baik

Source: Qlobot

Lalu perhatikan juga reputasinya. Pilih marketplace yang menjamin uang baru akan ditransfer kepada penjual jika produk barang yang dikirim oleh penjual telah benar-benar tepat sesuai penawaran dan telah sampai secara utuh tanpa kerusakan ataupun terjadi salah kirim, sampai di alamat tujuan.

Pilih juga marketplace yang menyediakan free ongkir untuk pengembalian barang jika ternyata produk barang yang dikirim penjual salah atau tidak sesuai pemesanan. Kemudian selain mudah maka pilih juga yang prosesnya tercepat.

Pilih Marketplace yang Mudah Cara Pembayarannya

Source: Qlobot

Berikutnya pilihlah marketplace yang menyediakan beragam pilihan cara pembayaran dan yang paling mudah. Kini telah ada beberapa marketplace yang menyediakan fasilitas COD (Cash on Delivery) dengan pembayaran uang tunai secara langsung setelah barang pesanan sampai di alamat pemesanan. Bahkan kini ada beberapa marketplace yang tak hanya menyediakan pembayaran baik dari kartu debit maupun kartu kredit dari berbagai bank, atau pembayaran tunai secara COD, tapi juga menyediakan sejumlah plafond pinjaman.

Tips Memilih Marketplace untuk Berjualan

Kriteria marketplace yang paling menguntungkan bagi penjual tentunya berbeda dengan pembeli. Berikut beberapa diantaranya.

Pilih Marketplace yang Menawarkan Free Buka Toko Online

Pihak marketplace saling berlomba-lomba untuk menyediakan toko online gratis kepada pada penjual agar jumlah penggunanya semakin banyak dan juga koleksi produk yang dijual di marketplace tersebut semakin lengkap. Diharapkan semua produk ada disana. 

Menyediakan Fasilitas Free Ongkir (Ongkos Kirim) dan Program Promo, Diskon dan Cashback.

Source: Shopee

Kemudian pilih marketplace yang mendukung penjualan dengan aneka program penunjang marketing seperti dengan adanya fasilitas free ongkir, diskon dan cashback hingga aneka program promo lainnya. Bisa juga pilih marketplace yang menyediakan hadiah bagi akun pengguna yang melakukan login tiap hari dan memberikan reward bagi akun pembeli yang rajin cek laman promo dan melakukan pembelian setiap harinya.

Dengan demikian maka akan ada jaminan selalu ada tersedia pasar atau calon konsumen yang bisa menjadi potensi terjadinya transaksi pembelian di setiap harinya. Dukungan fasilitas free ongkir tersebut sangat dibutuhkan karena mayoritas gagalnya transaksi jual beli online adalah akibat dirasanya terlalu mahal biaya kirim bagi para calon pembeli.

Fasilitas Pembayaran yang Lengkap dan Mudah

Source: Palyja

Lalu juga yang sering menjadi penyebab gagalnya transaksi jual beli online adalah kesulitan dalam cara pembayarannya. Sehingga pilih marketplace yang menyediakan fasilitas cara bayar yang lengkap semua bank tersedia dan juga mudah serta cepat tanpa gangguan dan kendala. Kemudahan untuk melakukan pembayaran tunai dengan fasilitas COD juga sangat membantu.

Itulah antara lain tips dalam memilih suatu marketplace, baik sebagai pembeli maupun penjual.

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?