Kemajuan & Kemudahan Platform Jualan Di Era Digital

Penggunaan dan keberadaan platform jualan online sudah banyak dikenal dan digunakan oleh banyak orang, hal ini terjadi karena efektifitas serta efisiensi.

Di era digital seperti saat ini dimana semua aspek kehidupan sudah terkontaminasi dengan adanya teknologi dan sulit untuk dilepaskan dari pengaruh teknologi yang ada menjadikan teknologi sendiri sudah sebagai bagian hidup dari manusia zaman sekarang.

Dengan adanya teknologi menjadikan segala kegiatan atau aktivitas manusia dapat dilakukan dengan cepat dan mudah tentunya dengan hasil yang lebih optimal jika dibandingkan dengan aktivitas manusia yang dilakukan tanpa adanya teknologi.

Salah satu aspek kehidupan saat ini yang sudah terkontaminasi dan sudah sangat dipengaruhi oleh teknologi adalah aspek ekonomi terkhusus pada bidang jual beli, dimana pada bidang ini keberlangsungan kegiatannya sudah sangat terpengaruh dengan teknologi. Hal ini dibuktikan dengan sudah maraknya platform – platform online yang digunakan sebagai media atau tempat berjualan.

Apa Itu Platform Jualan

Source : JurnalPost

Pada saat ini penggunaan dan keberadaan platform jualan online  ini sudah banyak dikenal dan digunakan oleh banyak orang, hal ini terjadi karena efektifitas serta efisiensi yang didapatkan dari salah satu bidang ekonomi yang sudah dikontaminasi oleh teknologi ini.

Dengan adanya platform jualan online ini dapat memudahkan seseorang dalam memperkenalkan serta memasarkan barang dagangannya dengan lebih mudah dan efektif serta hasil yang diperoleh pun jauh lebih menguntungkan daripada berjualan dengan cara tradisional yang hanya mengandalkan informasi tradisional yaitu dari mulut ke mulut serta iklan – iklan yang membutuhkan biaya lebih.

Namun berbeda dengan platform jualan yang jangkauan konsumennya jauh lebih luas karena platform jualan online sudah terhubung dengan internet yang mana jangkauannya sudah sangat luas bahkan hampir tak terbatas, dan selain itu modal dan effort yang dibutuhkan seseorang untuk berjualan pada platform jualan online ini tidak sebanyak atau sebesar biaya yang dikeluarkan seperti jualan dengan cara tradisional.

Tapi sebelum membahas lebih lanjut terkait dengan platform jualan online ini alangkah baiknya jika kita mengetahui sebenarnya apa itu yang dimaksud dengan platform jualan online. Ada beberapa jenis platform jualan online, tapi untuk kali ini kita akan membahas dua jenis saja yaitu E-Commerce dan Marketplace.

Platform jualan online atau yang juga disebut dengan E-Commerce ini merupakan sebuah istilah yang merujuk pada suatu perusahaan atau sebuah bisnis yang didalamnya menyediakan berbagai sistem layanan jual beli sebuah produk maupun jasa dengan bantuan teknologi internet untuk operasionalnya.

Platform jualan online (E-Commerce) ini juga merupakan sebuah solusi dalam bentuk teknologi dengan memanfaatkan perangkat lunak atau software yang memungkinkan seseorang untuk membuat sebuah storefronts.

Storefronts adalah sebuah skema bisnis yang berkaitan dengan kegiatan penjualan produk atau sebuah layanan, hal tersebut dapat menjadi sebuah solusi bagi kamu yang ingin memulai atau mempertahankan suatu bisnis toko online.

Sedangkan untuk marketplace sendiri adalah sebuah platform jualan online yang difokuskan pada penyediaan tempat dimana orang – orang (penjual dan pembeli) untuk melakukan transaksi jual beli sebuah produk, jasa, atau layanan yang transaksinya dilakukan secara online.

Source : Gencil News

Ada beberapa hal yang membedakan kedua platform jualan online ini ( E-Commerce dan Marketplace) yaitu meliputi :

1. Definisi

Secara sederhana e-commerce menjual produk dari suatu perusahaan ataupun individu melalui sebuah situs web atau platform sendiri, sehingga tidak ada kompetitor lain dalam situs web atau platform tersebut.

Sedangkan untuk marketplace merupakan sebuah wadah atas banyak penjual. Sehingga, dalam satu situs web atau platform akan terdapat banyak penjual. Sehingga tingkat persaingan antar penjual dalam satu platform akan cukup tinggi.

2. Cara Transaksi

Hal selanjutnya yang menjadi pembeda dua jenis platform jualan online ( E-Commerce dan Marketplace ) adalah pada cara transaksinya dimana pada E-Commerce menyediakan metode pembayaran secara langsung ke perusahaan yang melaksanakan bisnis e-commerce tersebut, yang mana pembayaran atau transaksi yang dilakukan oleh penjual akan langsung masuk pada rekening penjual tersebut.

Sedangkan untuk sistem pembayaran pada marketplace menggunakan sistem pembayaran dimana marketplace menjadi sebuah jembatan dalam melakukan transaksi tersebut. Maksudnya adalah proses pembayaran yang berlangsung terhadap produk di marketplace tidak langsung ditujukan kepada penjual toko.

Akan tetapi pembayaran tersebut akan ditampung oleh pihak marketplace dan akan dicairkan pada penjual apabila produk sudah diterima dengan baik oleh pembeli. Agar jika nantinya terjadi kesalahan atau kerusakan pada barang, pihak marketplace akan dengan mudah untuk mengembalikan dana atau pembayaran pada pembeli.

Keuntungan Penggunaan Platform Jualan Online

Source : Qlobot

Keuntungan yang dapat kamu peroleh dari penggunaan platform jualan online ini cukup banyak, hal tersebut meliputi :

1. Jumlah Pengguna yang Terus Meningkat

Dengan jumlah pengguna platform jualan online yang semakin meningkat tiap harinya akan menjadi sebuah peluang besar bagi penjual untuk memproduksi dan menjual barang dalam jumlah yang lebih tinggi dan tentunya keuntungan yang didapatkan akan jauh lebih tinggi.

2. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Untuk berjualan pada platform jualan online kamu tidak perlu mengeluarkan modal sebanyak jumlah yang harus kamu keluarkan saat melakukan kegiatan penjualan dengan cara tradisional.

3. Meningkatkan Visibilitas Produk

Biasanya dalam sebuah platform jualan online ternama memiliki sebuah rank SEO yang tinggi sehingga memiliki traffic yang besar. Yang artinya saat konsumen memasukkan sebuah kata kunci produk maka di mesin pencarian akan memiliki ranking yang lebih tinggi.

Hal ini akan memudahkan kamu untuk dapat menjangkau pelanggan potensial dengan cepat, dan selain itu dengan memiliki mesin pencarian internal maka mereka akan dapat membantu para penggunanya untuk menemukan apa yang mereka cari. Dengan begitu tingkat visibilitas produk yang kamu jual akan mengalami peningkatan.

4. Proses Transaksi yang Mudah dan Aman

5. Mempermudah Manajemen Inventaris

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?