Marketplace Terlaris di Indonesia

Marketplace memberikan pilihan produk yang bervariasi sehingga konsumen dapat memilih barang yang sesuai dengan keinginan

Apa itu Marketplace?

Source : Qlobot

Marketplace adalah sebuah pasar elektronik yang melakukan kegiatan menjual dan membeli suatu barang atau jasa. Secara sederhana marketplace adalah suatu wadah perdagangan via internet yang dikelola oleh satu  pihak, namun barang yang diperjualbelikan di Marketplace disediakan oleh penjual pihak ketiga yang bergabung dalam wadah perdagangan tersebut.

Penjual pihak ketiga ini dapat membuat akun dan menawarkan berbagai macam barang yang akan dijual kepada pembeli, menggunakan fasilitas yang telah disediakan pada e-Marketplace tanpa perlu membuat situs jual beli pribadi.

Tanpa adanya penjual, maka tidak akan ada pembeli, dan tidak akan ada transaksi jual beli dalam e-Marketplace. Marketplace mengajak penjual agar banyak penjual yang tertarik memasarkan produk mereka di Marketplace, yang mana produk tersebut dibutuhkan pembeli, sehingga pembeli akan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

Berdasarkan sejarahnya Marketplace pertama kali mulai populer pada tahun 1995. Pada tahun itu perusahaan Amazon mulai memperkenalkan diri hingga sampai akhirnya banyak orang yang menggunakannya. Di tahun itu juga sebuah bank di Amerika yaitu  Hema sebuah Bank yang bersifat presidensial. Bank ini kemudian menerbitkan sebuah aplikasi online perbankan pertama.

Jenis Marketplace Di Indonesia

Source : Qlobot

Pasar adalah aplikasi atau situs web yang memberikan fasilitas jual beli online dari berbagai sumber. Pada dasarnya aplikasi Marketplace tidak memiliki produk apapun. Marketplace hanya menyajikan produk orang lain untuk dijual dan dipromosikan melalui wadah yang telah difasilitasi.

Marketplace adalah model bisnis dimana situs jaringan tidak hanya membantu untuk bersenang-senang tapi juga menjembatani transaksi online antara penjual dan pembeli. Beberapa tahun terakhir ini Marketplace menjadi booming di Indonesia karena pasar memberikan kemudahan kepada konsumen untuk berbelanja online.

Marketplace memberikan pilihan produk yang bervariasi sehingga konsumen dapat memilih barang yang sesuai dengan keinginan mereka. Secara garis besar, Marketplace dapat dibagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu:

1.     Marketplace vertical. Jenis Marketplace vertikal merupakan pasar yang menjual produk dari berbagai sumber namun produk yang mereka jual hanya terdiri satu jenis. Misalkan sebuah Marketplace yang hanya menjual produk mobil dari yang bekas hingga mobil baru.

2.     Marketplace horizontal. Jenis Marketplace horizontal merupakan pasar yang menjual berbagai jenis produk namun semua jenis barang yang dijual tersebut memiliki keterkaitan satu sama lainnya, sebuah pasar yang menjual aksesoris pendukung, sparepart komputer dan lain-lain.

Marketplace Terlaris di Indonesia

Source : Qlobot

Pasar industri perdagangan dapat dikatakan sebagai salah satu industri terbesar di Indonesia. Semua menyadari bahwa dalam beberapa tahun belakangan aktivitas belanja online mulai diminati oleh khalayak ramai. Hal ini disebabkan online shop dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Berikut ini adalah beberapa Marketplace terlaris di Indonesia:

1.     Tokopedia, Tokopedia adalah pasar online terbesar di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk membuka toko sendiri, tentu saja bisa dilakukan dengan mudah. Toko online ini sudah sangat familiar di mata konsumen dan sudah cukup dikenal lama sampai pada saat ini. Toko online ini banyak digunakan oleh pelaku usaha di Indonesia dalam upaya memasarkan dan menjual termasuk mendistribusikan produk.

2.     Bukalapak, masyarakat Indonesia pasti tidak asing dengan nama Bukalapak. Sebagai salah satu pasar online terkenal di Indonesia, Bukalapak juga menyediakan tempat bagi pelaku usaha yang tertarik untuk berjualan secara online.

Bukalapak memiliki kemudahan dalam penggunaannya ( platform ) agar pengguna bisa merasakan berbelanja yang terbaik. Kontribusi Bukalapak dalam mendukung pertumbuhan kegiatan belanja secara online tidak diragukan lagi. Begitu juga besarnya manfaat yang dirasakan bagi pelaku usaha yang ingin menjual produk unggulannya secara online.

3.     BliBli, merupakan pasar belanja online dengan beragam produk dari komputer, gadget, fashion, kesehatan dan kecantikan, ibu dan anak, rumah dan dekorasi, dan otomotif. BliBli juga memberikan berbagai promo khusus, tiket dan voucher untuk pengunjung dan pelanggan. Pertumbuhan BliBli sebagai salah satu Marketplace di Indonesia memiliki determinasi cukup besar bagi mobilitas belanja secara online bagi konsumen dalam negeri.

4.     Shopee, adalah salah satu pemain penting di Indonesia. Shopee menjadi toko online terdepan yang juga menyediakan pengalaman belanja web biasa. Platform belanja online yang satu ini tersedia di seluruh Asia Tenggara, seperti : Singapura, Filipina, Malaysia, Vietnam, serta di Taiwan.

5.     Lazada, toko online yang satu ini dimiliki oleh Alibaba Group juga memiliki jumlah pengunjung sebanyak 30 juta per bulannya. Berdasarkan pada survei konsumen, alasan utama mereka memilih Lazada adalah sebagai platform untuk berbelanja online adalah reputasi yang baik serta harga yang terjangkau.

Adapun kategori produk yang paling banyak dicari di Lazada di antaranya adalah produk elektronik serta fashion. Meskipun dari jumlah pengunjung Lazada juga berada di posisi keempat, tetapi uniknya Lazada juga memiliki jumlah pengikut Facebook yang paling banyak dibandingkan dengan marketplace lainnya yakni sebanyak 31 juta.

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments