Biar Laku, Pembeli Harus Tau Produkmu!

Berjualan/berdagang memang harus memamerkan barang/jasa yang kita punya kepada calon pembeli dan ini adalah hal turun temurun dari para pedagang dulu.

Berjualan/berdagang memang harus memamerkan barang/jasa yang kita punya kepada khalayak publik/calon pembeli. Sebenarnya ini adalah hal yang turun temurun dari para pedagang dan pebisnis dulu.

Jika kita berkenan menengok cara berjualan di sekitar kita ada beberapa cara pedagang memamerkan produk-produk mereka antara lain:

  1. Melapak, dimana seluruh/sebagian besar dagangan mereka taruh di atas lapak yang berbentuk meja, kursi atau bahkan hanya berupa alas dari terpal/plastik.
  2. Gerilya/Keliling, cara ini tak mau kalah juga, meski ruang tampung barang lebih sempit dibanding melapak. Pedagang selalu memilki cara agar sasaran pembelinya tau apa yang ia jual, contohnya membuat satu etelase kaca tembus pandang, digantung, atau disusun di rombong/kendaraan yang mereka tunggangi. Tak kalah disitu saja, mereka tak segan-segan juga untuk membuat suara baik itu dari teriakan maupun alat bantu agar orang yang tidak melihat saat ia keliling dapat mendengarnya dan tau yang mereka jual.

Cara-cara diatas adalah contoh agar calon pembeli tau produk apa yang kita jual. Tapi bagaimana jika kita berjualan lewat online?

Tentunya cara memberi tau produk-produk apa yang kita jual di online akan sangat berbeda, karena pasar/lingkup geraknya di dunia maya. Berikut tips dan saran agar mengoptimalkan agar calon pembelimu di marketplace (Shopee, Bukalapak dan Tokopedia) tau produkmu lebih dulu, dan membuat mereka tertarik untuk beli.

  1. Upload Produk

Kamu bisa upload secara manual ataupun dengan tools, fungsinya agar produkmu ada dulu.

  1. Isi Kategori yang Tepat

Kamu bisa mengecek barang serupa dari toko-toko kompetitor, bahwa produk yang kamu jual masuk ke dalam kategori apa. Cara ini selain agar tidak terblokir oleh marketplace, bisa dimanfaatkan juga untuk optimasi produk supaya lebih mudah dicari.

  1. Buat Judul  yang Sesuai

Judul yang baik adalah yang mewakili sebagian penjelasan dari produk itu sendiri. Fungsinya agar calon pembeli mudah memahami apa yang kamu jual.

Baca juga : Closing lebih cepat pakai cara ini!

  1. Deskripsi yang Jelas

Deskripsi  yang baik, adalah yang menjelaskan produk tersebut, fungsi, manfaat, kelebihan, dan tata cara penggunaan/konsumsi.

  1. Foto yang Menarik

Calon pembeli biasanya lebih suka mengintip produk dengan foto yang jelas, dengan background putih, dan foto yang menggambarkan rincian detail produk seperti foto dari sisi samping dan belakang atau foto ketika digunakan.

  1. Berikan Kata Kunci yang Relevan

Kata kunci ini sangat berpengaruh terhadap kemudahan calon pembeli menemukan produkmu, tujuannya ketika pembeli mengetikkan nama produk yang mereka cari, pastikan produkmu muncul teratas atau minimal muncul di halaman yang masih mudah dijangkau oleh calon pembeli. Tips-tips menentukan kata kunci yang relevan:

a. Tiru dan Modifikasi Penulisan Judul dari Kompetitor

misalkan :

  • di tokomu berjudul  “Tas Selempang Eiger”
  • di toko kompetitor “Tas Outdoor Selempang Eiger”

Perbedaan judul produk akan menghasil efek yang berbeda kepada calon pembeli

b. Menggunakan Fitur Suggest Keyword dari Iklan

Tanpa harus aktifkan Iklan Berbayar, kamu masih bisa mendapatkan data dari kata kunci yang relevan marketplace tersebut, fitur sugges/saran kata kunci ini akan menampilkan kata kunci yang memiliki angka pencarian mulai dari terendah sampai tertinggi.

Kamu bisa menentukan suggestnya secara otomatis atau manual. Jika otomatis dia akan membaca dari kategori dan judul produkmu saat itu. Atau manual dengan kamu masukkan kata kunci terkait produkmu, dan akan tertampil data-data pencarian dalam sebulannya.

Berikut cara menentukannya:

  • Masuk ke menu iklan
  • Pilih Iklan Kata Kunci
  • Pilih barang yang akan ditentukan saran Kata Kunci
  • Kumpulkan kata kunci yang disarankan

Jika tokomu tergolong masih baru, ambil kata kunci yang jumlah kunjungannya menengah saja.

Ini menyangkut saingan, jika kamu ambil yang jumlah pencarian tertinggi, produkmu akan tenggelam oleh produk-produk dari toko yang telah memiliki reputasi dan predikat yang tinggi.

  • Masukkan kata kuncinya ke dalam Judul Produk, Deskripsi dan Tagar di akhir Deskripsi.
  1. Aktikan Iklan Berbayar

Cara ini adalah cara instan agar produk naik di posisi atas dan lebih mudah dijangkau oleh pembeli. Biasanya iklan ini jenisnya macam-macam, ada iklan Kata Kunci, Iklan Produk Serupa, dan Iklan Toko.

Kamu bisa sesuaikan jenis-jenis iklan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada.

Poin di atas adalah beberapa cara agar produkmu tetap eksis dan mudah ditemukan oleh calon pembeli, harapannya agar produkmu lebih diminati oleh calon pembeli dan orderanmu meningkat.

Jika menurutmu ini bermanfaat, share ke tim dan rekan kerjamu ya!

Baca Juga : 3 Tool Riset Kata Kunci Produk Shopee Gratis

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *