Baru mulai bisnis online di Instagram? Kamu harus ikuti langkah ini!

Pengguna instagram yang makin banyak juga meningkatkan daya pembeli terhadap barang, jadi jumlah penjualpun ikut meningkat.

Di era modern ini, instagram bukan lagi sesuatu yang asing di telinga masyarakat. Jika mendengar kata instagram pasti di benak kita sudah tergambar aplikasi kompleks untuk berbagi momen, informasi dan hiburan bahkan kini sudah banyak dimanfaatkan untuk tempat jual beli secara online.

Bagi yang baru memulai bisnis online, salah satu pilihan platform yang bisa dipakai adalah instagram itu sendiri. Pengguna instagram yang makin banyak juga meningkatkan daya pembeli terhadap barang, jadi jumlah penjualpun ikut meningkat. Nah, gimana sih cara memulai bisnis melalui instagram. Yuk, simak.

1.  Buat Toko Online Instagram

Untuk step ini pasti temen-temen sudah paham ya. Bisa pakai akun pribadi ataupun bisnis. Namun jika pakai akun bisnis banyak kelebihan yang akan didapatkan seperti bisa diperoleh seperti data toko lebih lengkap, bisa memilih kategori bisnis yang dijalankan, bisa melihat data statistik lebih detail, dan lain lain.

Untuk lebih memahami keuntungan pakai akun bisnis Instagram bisa cek di sini.

2. Percantik dan perlengkap profile toko

Percantik dan perlengkap data profile toko juga tidak kalah penting. Temen-temen bisa memberikan informasi di bio instagram misalnya terkait lokasi atau jam operasional. Saat ini banyak juga akun instagram yang menggunakan font unik sehingga ada kesan tersendiri saat mengunjungi profilenya.

Misalnya seperti contoh di bawah ini.

3. Perbanyak follower

Dengan adanya follower toko temen-temen bisa lebih trusted, bisa membantu pemasaran toko, bisa memberikan feedback berupa like misal. Hasil like tersebut bisa membantu postingan berada di explore Instagram audiens sehingga makin banyak calon pembeli yang mampir ke toko temen-temen untuk melihat produk bahkan beli produk.

Nah untuk follower sendiri temen-temen bisa dapatkan dengan cara follow beberapa followers dari akun pesaing kemudian berikan informasi terhadap toko temen-temen dan produk yang dijual melalui direct message (DM). Jika mereka tertarik, mereka akan follow akun temen-temen dan pasti cek produk jualan. Setelah proses ini pasti kemudian akan mendatangkan followers baru juga tanpa harus follow dulu.

4. Posting produk

Setelah toko berhasil dibuat tentu langkah selanjutnya adalah posting produk. Temen-temen bisa mulai dengan posting logo toko online atau nama toko dulu, atau posting semua produk dalam satu frame tapi di blur agar membangun rasa penasaran followers.

Beberapa hal berikut bisa jadi tips untuk memaksimalkan hasil foto produk:

  • Pencahayaan: gunakan cahaya seperti cahaya matahari, kalau misalkan indoor bisa tambahkan lampu yang cukup menerangi produk
  • Posisi produk: posisi produk fungsinya selain kesan yang bagus juga agar detail produknya bisa terlihat jelas
  • Background: untuk background macam-macam bisa pilih warna netral polos seperti hitam atau putih, atau dengan kesan-kesan aesthetic
  • Jumlah produk: jangan semua produk jadi satu frame, cukup 1 atau 2 saja, jadi bisa jelas detail produknya

Nah, agar foto produk terlihat lebih menarik, temen-temen bisa tambahkan filter. Filter membantu pencahayaan jika kurang terang, memberikan efek gradasi warna yang sesuai dengan hasil foto produk, pertajam sudut produk yang kurang terlihat. Namun filter jangan berlebihan, jangan sampai hasil asli foto hilang dan terkesan bohongan. Kemudian bisa ditambahkan tulisan pada produk atau watermark nama toko temen-temen.

Saat posting jangan lewatkan hastag untuk membantu agar konten temen-temen masuk di kelompok konten yang dicari audiens, pastikan hashtag berhubungan dengan produk yang sedang di post, pakai 10 – 15 hashtag.

5. Perbanyak konten

Langkah pertama saat memulai bisnis online adalah mendapat audiens. Nah salah satu cara mendatangkan audiens adalah dengan memposting konten-konten menarik misalnya terkait produk, tips, quotes, meme, promo, testimoni dan lain lain. Tidak perlu sering-sering, cukup 3-4 kali dalam seminggu.

Ini untuk menarik audiens agar mereka aware bahwa ada toko dan produk dari temen-temen. Sesekali coba berinteraksi dengan mereka misal melalui komen, instagram story, dll.

6. Berikan Diskon/Promo

Sebagai permulaan, berikan diskon khusus untuk follower di awal launching produk atau berupa voucher maupun gift berupa barang. Tarik minat pengunjung sebanyak-banyaknya.

Kemudian saat temen-temen melakukan penawaran/promosi gunakanlah gambar untuk menarik pembaca dan memperjelas apa yang ingin disampaikan. Berikan keterangan jika ada diskon dengan cara mencoret harga asli dan menampilkan harga diskon,

Itu dia beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan temen-temen untuk memulai bisnis online di instagram ya, semoga membantu!

Baca Juga : 3 Tool Riset Kata Kunci Produk Shopee Gratis

referensi: https://www.alona.co.id/bisnis/langkah-mudah-buka-toko-online-di-instagram-untuk-pemula/

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *