10 Tips Jualan di Marketplace Supaya Untung Banyak!

Tidak dipungkiri lagi bahwa saat ini berjualan di marketplace online menjadi hal yang sangat menguntungkan

Tidak dipungkiri lagi bahwa saat ini berjualan di marketplace online menjadi hal yang sangat menguntungkan. Pasalnya, orang-orang sekarang ini lebih menyukai hal yang praktis dan belanja online menjadi solusinya. Supaya jualan kamu bisa laris manis dan untung banyak, berikut tips jualan online di marketplace

Pilih Produk Berkualitas

Source : Google

Produk tentunya menjadi hal utama dalam berjualan di marketplace. Pilihlah produk yang berkualitas dan unik, sehingga akan banyak orang yang mencarinya, dengan begitu kamu akan mendapatkan keuntungan. Produk yang berkualitas juga tentunya akan membuat konsumen kamu tidak kecewa dan memiliki keinginan untuk memesan kembali produk tersebut.

Tentukan Harga yang Wajar

Source : Tokopedia

Umumnya, cara jualan online paling mudah untuk menentukan harga ialah dengan cara melihat kompetitor. Apabila ingin produk cepat terjual, kamu dapat menggunakan strategi diskon atau potongan harga, tetapi juga tetap mempertimbangkan aspek keuntungan. Kamu tidak perlu ragu dalam menetapkan harga yang lebih tinggi, apabila produk yang dijual memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan produk serupa yang dijual oleh kompetitor.

Tentukan Target Pasar

Source : Tokopedia

Setelah kamu berhasil memilih produk dan menentukan harga, langkah selanjutnya ialah menentukan pasar. Marketplace yang berbasis online, maka perlu menjangkau pasar yang lebih luas, seperti penggunaan keyword atau judul produk yang sesuai dan dicari oleh banyak orang. Meskipun begitu, perhatikan dan sesuaikan juga target pasar dengan produk.

Berikan Definisi Produk yang Jelas

Source : Tokopedia

Bagi seorang konsumen yang belanja secara online, tentu mereka tidak dapat melihat barang yang ingin dibelinya secara langsung. Maka, agar memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mengenali produk tersebut ialah dengan memberikan definisi produk yang jelas, namun singkat dan padat. Dengan begitu, produk yang akan diterima konsumen dapat sesuai dengan ekspektasi mereka.

Tambahkan Foto Produk

Source : Tokopedia

Supaya dapat memberikan gambaran produk yang lebih jelas, maka tambahkan foto produk yang akan dijual di marketplace. Agar dapat menarik pembeli, kamu bisa mengkreasikan foto seunik atau semenaik mungkin dan pastikan foto tersebut asli. Dengan begitu, konsumen akan tertarik dan lebih percaya untuk membeli produk yang kamu jual.

Berikan Promo Secara Rutin

Source : Tokopedia

Ingin produk yang kamu jual dilirik oleh banyak konsumen? tips jualan online selanjutnya kamu bisa memberikan promo secara rutin. Bentuk Promo tersebut dapat berupa gratis ongkir, cashback, potongan harga, dan lain sebagainya. Adakan juga berbagai program promo yang menarik, seperti promo untuk pembelian pertama, promo paket bundling, potongan harga untuk pembelian lebih dari satu produk, dan promo lainnya.

Cara jualan online laris lainnya untuk menarik konsumen juga bisa kamu lakukan dengan ikut berpartisipasi dalam beragam festival yang ada di marketplace tempat kamu berjualan. Dengan begitu, kemungkinan tokomu dilirik orang semakin tinggi.

Promosikan Toko dan Produk

Source : Google

Cara sukses jualan online yang paling penting juga harus melakukan promosi. Terdapat banyak cara dalam mempromosikan bisnis yang kamu miliki. Misalnya, di marketplace itu sendiri tersedia berbagai fitur ads atau iklan yang bisa kamu gunakan. Namun, tentunya hal tersebut membutuhkan modal. Kamu bisa melakukan promosi secara gratis dengan melalui feed marketplace yang ada.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan toko dan produk yang kamu jual. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang mengetahui toko serta produk yang kamu jual,  jangkauan target konsumen pun dapat lebih luas.

Sediakan Pilihan Jasa Pengiriman yang Beragam

Source :  Plugin

Agar memudahkan konsumen dalam memilih jasa pengiriman yang diinginkannya, kamu bisa menyediakan jasa pengiriman yang beragam. Dengan begitu, konsumen lebih bebas dalam menentukan waktu untuk menerima paket tersebut yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini karena, beberapa jasa pengiriman biasanya menawarkan beberapa metode pengiriman.

Tak hanya itu, umumnya pula jasa pengiriman memiliki ongkos kirim yang berbeda-beda. Dengan adanya beberapa pilihan jasa pengiriman ini, tentu konsumen dapat merasa nyaman memilih ongkos kirim yang lebih murah ke alamat tujuannya.

Manfaatkan Fitur Marketplace

Source : Tokopedia

Umumnya, setiap marketplace memiliki beragam fitur tertentu yang dapat membantu kamu untuk melakukan promosi dan meningkatkan penjualan. Kamu bisa pelajari fitur tersebut sebagai cara agar jualan online laris dan menggunakannya untuk mendukung penjualan yang lebih baik. Salah satunya adalah fitur premium seller. Dengan melakukan upgrade toko, kamu bisa mendapatkan manfaat, seperti produk atau toko akan muncul di halaman khusus.

Dalam menjadi premium seller, tentu terdapat sejumlah syarat atau ketentuan yang perlu kamu penuhi. Pastikan kamu membaca ketentuan tersebut terlebih dulu dengan jelas sebelum upgrade toko.

Layani Pelanggan dengan Baik

Source : Tokopedia

Berikan pelayanan terbaik untuk konsumen kamu, seperti membalas dan menjawab pertanyaan dengan ramah dan sopan serta usahakan untuk membalasnya dengan cepat. Hal ini karena, beberapa marketplace menyediakan fitur persentase untuk waktu chat dibalas di toko. Apabila persentase yang ditampilkan semakin tinggi, maka semakin bagus.

Apabila kamu lama dalam membalas atau justru tidak membalasnya sama sekali, maka calon pembeli akan kabur ke kompetitor. Maka dari itu, tips jualan online yang tidak boleh dianggap remeh ialah berikan layanan terbaik, rating dan review pun dari konsumen akan lebih bagus dan tokomu akan dilirik banyak orang.

Baca juga Tips Mudah Jualan di Marketplace Bisa Kamu Ikuti

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments