Tips Mudah Jualan di Marketplace Bisa Kamu Ikuti

Marketplace kini telah memberikan banyak kesempatan untuk bisnis pemula sampai bisnis besar dalam berjualan dengan aman, cepat, mudah dan dari mana saja.

Dengan semakin meningkatnya pemakaian internet serta smartphone tentunya akan membuat banyak orang lebih suka untuk berbelanja online daripada harus repot-repot datang langsung ke toko. Apalagi semenjak pandemi melanda, membeli barang dari marketplace tentu menjadi pilihan lebih aman. Ditambah dengan banyaknya promo yang bisa didapat serta produk yang lebih beragam.

Hal ini tentunya membuat kamu ingin lebih memahami bagaimana dan tips apa saja yang bisa kamu lakukan untuk jualan di marketplace. Karena memang marketplace sekarang ini telah memberikan banyak kesempatan untuk bisnis pemula sampai bisnis besar dalam berjualan dengan mudah dari mana saja.

Dengan kamu mulai untuk berjualan di marketplace, kamu pun dapat menghemat modal dikarenakan tidak perlu lagi mengeluarkan uang hanya untuk membayar sewa toko. Tapi dalam mencoba hal baru seperti berjualan online di marketplace ini bukanlah hal mudah. Sama seperti jualan di toko offline, terdapat berbagai cara dan tips jualan di marketplace agar semakin baik kedepannya.

Memilih Platform Marketplace Terpercaya

Source : Google

Tentunya tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memilih marketplace yang memang sudah ternama juga terpercaya. Biasanya marketplace yang sudah banyak diketahui orang tentunya akan lebih menguntungkan kamu. Hal ini karena platform dengan nama besar yang dimiliki tersebut dapat membuat lebih banyak pelanggan juga percaya pada penjual yang sedang berjualan di dalamnya. Kamu pun dapat melihat sebuah marketplace yang memang sering ditayangkan di TV maupun sedang dibicarakan di media sosial. Dengan mengikuti tips di atas, kamu pun bisa lebih ditemukan oleh calon pembeli yang nantinya bisa berpotensi menjadi langganan tetap.

Menjual dengan Harga Promo

Source : Google

Tips jualan di marketplace selanjutnya adalah kamu perlu sering membuat harga promo. Menjual produk menggunakan harga promo sendiri juga tidak sama dengan menjual barang harga miring. Karena memasang harga yang lebih murah pada produk itu juga tidak akan langsung menjamin pembeli yang melihat akan tertarik berbelanja produk mu.

Apalagi jika harga dari produk yang dijual itu mempunyai harga jauh lebih murah dari produk lain yang dijual di pasaran. Bukannya akan membuat banyak orang tertarik, hal ini malah akan lebih membuat ragu mengenai kualitas dari produk kamu.

Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Source : Google

Selain itu, tentunya kamu perlu memperhatikan kinerja dan pelayanan dari staff. Terkadang salah satu alasan mereka menjadi pelanggan tetap adalah karena mereka sudah menerima pelayanan yang sangat baik dari tokomu. Sama dengan saat kamu berjualan di marketplace, kamu tentunya harus sering berinteraksi dengan pelanggan.

Hal ini karena mereka suatu saat bisa saja menanyakan mengenai produk, meminta bantuan dalam bertransaksi, atau bahkan bisa juga karena untuk menyampaikan keluhan. Jadi saat kamu berinteraksi dengan banyak pelanggan seperti ini, kamu perlu bersikap ramah dan juga lebih sopan jadi mereka pun dapat merasa lebih nyaman. Jika memang ada suatu komentar maupun pesan yang kurang sopan dari pelanggan tersebut, kamu perlu untuk tetap menunjukkan sikap yang profesional.

Mengenali Kebutuhan dari Konsumen

Source : Google

Tips jualan di marketplace selanjutnya adalah perlu memahami apa saja yang konsumenmu butuh. Tips satu ini dapat kamu gunakan ketika masih bingung dalam memutuskan untuk menjual produk apa saat ingin berjualan di toko online. Kamu tentunya bisa mencari tahu apa saja produk yang sedang dibutuhkan orang-orang sekarang ini. Jika kamu memang tertarik berjualan pakaian, kamu perlu mengetahui target pasar yang dituju dahulu.

Dengan memahami siapa target pasarnya, kamu pun bisa lebih mudah dalam mencari apa model baju yang sedang menjadi tren sekarang ini. Tips ini pun dapat membantumu untuk membidik sasaran penjualan dengan lebih tepat dan juga berpotensi untuk lebih laris terjual.

Lebih Memaksimalkan Pemakaian Website serta Media Sosial

Source : sampoerna university

Mengingat sekarang sudah serba online, website serta media sosial dapat kamu pakai buat mendukung jualan di marketplace tersebut. Kedua platform ini juga bisa membantu tokomu lebih dikenal banyak orang. Website serta medsos juga sangatlah efektif dalam melakukan branding.Jadi walaupun kamu berjualan di marketplace, dengan membuat website serta media sosial dan mengelola serta mempromosikan tokomu dengan tepat, nantinya kamu pun bisa lebih mendapat banyak konsumen yang berdatangan dari konten tersebut.

Membuka Toko di Berbagai Macam Marketplace

Source : Google

Tips jualan di marketplace selanjutnya adalah kamu bisa membuka toko online di berbagai marketplace, mengingat sudah ada banyak marketplace yang bisa kamu gunakan. Contohnya, Shopee, Tokopedia, Orami, Blibli dan lain sebagainya. Memanfaatkan banyaknya pilihan dari marketplace ini berfungsi untuk mendapat lebih banyak pembeli yang belanja di tokomu.

Janganlah selalu berfokus dalam satu marketplace saja. Jika toko onlinemu sudah terdapat di berbagai marketplace jadi orang-orang bisa mudah menemukannya. Dengan kamu membuka lebih banyak toko di berbagai marketplace, kamu pun juga berkesempatan untuk memperoleh lebih banyak keuntungan.

Baca Juga 6 Strategi Jualan Online yang Bisa Bikin Kamu Berhasil

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?