Update Tools Monitoring Toko 1.2: Monitor Pesanan Bermasalah

Kamu bisa menangani pesanan yang bermasalah ini dengan cepat tanpa harus mengecek manual satu-satu tiap toko.

Update kali ini adalah update yang pastinya ditunggu-tunggu Qlobot Family ya, khususnya bagi pengguna tools Monitoring Toko!

Dengan support dari kamu, Monitoring Toko bisa terus mengembangkan fitur yang bertujuan untuk membuat pekerjaan jadi makin gampang dan lebih efisien pastinya.

Apa sih yang baru dari Monitoring Toko?

Seperti biasa selain berbaikan pada sistem, pada update versi 1.2 ini kami telah melakukan penambahan beberapa fitur di dalam tools Monitoring Toko. Fitur-fitur tersebut meliputi:

a. Penambahan Fitur untuk Memberikan Status Online pada Toko di Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu marketplace yang bisa bisa dibilang sangat kompleks fiturnya. Salah satunya adalah calon pembeli bisa mengetahui status penjual kapan terakhir kali aktif. Apakah penjual aktif 2 jam yang lalu, atau 3 hari yang lalu, atau mungkin sudah lama nggak aktif. Kalau penjual sedang aktif maka statusnya akan terlihat online.

Source: Screen Capture Tokopedia

Nah ternyata, status ini sangat pengaruh banget dengan keputusan calon pembeli untuk melakukan transaksi.

Kok bisa?

Ini karena pada waktu belanja online, tentu calon pembeli mengharapkan si penjual bisa aktif dan gercep melayani. Kalau ternyata si penjual lama nggak aktif, pastinya mereka akan ragu saat ingin memesan.

Tapi sayangnya, di Tokopedia, toko baru akan berstatus online jika memang sedang dibuka atau dioperasikan oleh penjual. Masalah yang terjadi adalah bagaimana jika penjual punya 100 toko yang ingin terlihat online agar bisa menarik calon pembeli melakukan transaksi?

Jawabannya tentu ada pada tools Monitoring Toko dari Qlobot ini.

Akhirnya kami menambahkan fitur di Monitoring Toko yang bisa memberikan status online untuk semua toko di Tokopedia tanpa harus membukanya satu persatu.

Cukup dengan mengaktifkan tombol BOT saja semua toko di Tokopedia bisa berstatus online. Dengan demikian kerjaan bisa hemat waktu, anti ribet, dan pastinya bisa menarik calon pembeli lebih banyak serta menghilangkan keraguan saat akan bertransaksi.

Kece badai kan fiturnya? 😁

b. Penambahan Fitur untuk Memantau Pesanan yang Bermasalah

Ilustration by freepik

Dalam setiap transaksi jual beli online yang ditemui selama ini memang nggak selalu mulus, ada aja ujian hidupnya, baik itu bagi penjual maupun pembeli.

Ada yang barangnya salah kirim, ada yang rusak pas sampai tujuan, ada yang kurang, dan lain-lain yang banyak banget contoh kasusnya.

Lagi lagi, kalau cuma mengurus satu toko online aja sih bisa gampang ketika ada pesanan bermasalah. Tapi gimana kalau toko yang diurus itu banyak banget kayak para dropshipper, yakin masih bisa senyum bilang gampang ceunah? Bisa-bisa nanti malah sering kelewatan dan bikin toko rugi.

Untuk itu, di Monitoring Toko sekarang sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa memantau pesanan bermasalah. Fitur ini meliputi pemantauan pada:

  • Pengajuan Komplain/Cancel Pesanan di Tokopedia
Notifikasi di Monitoring Toko

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan notifikasi terkait adanya komplain di Tokopedia. Adanya notifikasi ini tentu akan lebih memudahkan saat menangani komplain dan mengambil jalan tengah. Misalnya kalau ternyata barang yang dikirimkan salah bisa langsung didiskusikan dengan meminta pembeli mengembalikan barang dan menghubungi supplier untuk mengirimkan kembali barang yang benar.

Dengan pelayanan yang cepat dan tepat maka akan memberikan kesan baik ke pembeli karena merasa kalau penjual bisa bertanggung jawab. Pada akhirnya secara nggak langsung tingkat kepercayaan pembeli juga akan terbangun dan penjual bisa mendapat penilaian yang baik juga.

Nggak cuma itu saja, kamu pun akan menerima notifikasi bila ada pengajuan pembatalan (cancel) sebelum pesanan/produk dikirimkan. Tentu ini bisa meminimalisir kerugian juga ya!

  • Pengajuan Refund / Cancel Pesanan di Shopee
Tampilan Pesanan Bermasalah di Monitoring Toko

Sama halnya dengan komplain di Tokopedia, di Shopee kamu juga akan menerima notifikasi bila ada pengajuan refund atau cancel pesanan.

Agar nggak sampai mengecewakan pembeli dan merugikan toko, kamu bisa menangani masalah dengan cepat tanpa harus mengecek manual satu-satu tiap toko karena sudah ada daftar toko mana saja yang mengalami pesanan bermasalah.

Baca juga: Gak Perlu Beli Baru, Sekarang Kamu Sudah bisa Perpanjang Lisensi | Qlobot

Kesimpulan

Dengan adanya pembaharuan fitur ini semoga bikin pekerjaan kamu makin mudah dan efisien ya! Selain itu kamu bisa lebih fokus menyusun strategi untuk meningkatkan penjualan sesuai target.

Terkait panduan update Monitoring Toko silahkan cek di sini.

Semoga artikel ini membantu!

Jangan lupa di update yaa~~~

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?