Tips Jualan Online untuk Pemula agar Bersaing

5 tips jualan online untuk pemula agar laris manis di tengah gempuran pesaing dari penjual online lainnya

Kini, jualan online menjadi pilihan semua orang karena kemudahannya membeli barang hanya lewat aplikasi yang ada di smartphone. Tak hanya aplikasi, tetapi berbagai akun media sosial juga digunakan untuk bisnis satu ini sehingga semakin membuat orang-orang tergiur. Terlebih online shop mempunyai keunggulan, yaitu harga lebih murah dan kualitas barang bagus. Tak khayal, jika banyak orang yang berbondong-bondong ke ranah digital untuk menjual barang atau jasa. Nah, buat yang ingin memulai bisnis ini, ada beberapa tips jualan online untuk pemula yang bisa dicoba!

Terlebih sejak pandemi COVID-19 silam, dimana hampir semua kegiatan dialihkan ke ranah digital termasuk berbelanja online. Sehingga tren belanja online ini mengalami peningkatan yang pesat karena kemudahannya yang tinggal memesan, membayar, dan barang akan sampai di tangan. Tren yang saat itu memberi solusi, kini membuat banyak orang mengandalkannya karena sudah banyak penyedia marketplace.

Namun, di tengah banyaknya penjual online tentu tidak mudah untuk memulai bisnis karena banyak berbagai pesaing dengan keunggulannya. Selain pesaing yang sudah memiliki ratusan lebih konsumen dan produk yang bagus banyak hal yang perlu kamu perhatikan saat memulai jualan online. Mulai dari produk yang akan dijual, pengiriman barang, bagaimana cara menjualnya, penetapan harga, menentukan tempat yang digunakan untuk jual beli, menetapkan omzet penjualan, dan masih banyak lagi. Eits, tapi tidak perlu takut karena ada beberapa tips jualan online untuk pemula yang bisa kamu terapkan, dijamin laris manis!

Mempersiapkan Diri Memulai Jualan Online

Source : Qlobot

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memantapkan diri untuk mewujudkan keinginan jualan online serta menguatkan mental karena dalam bisnis ini akan banyak cobaan dan tantangan yang harus kamu hadapi. Mulai dari konsumen, distribusi barang, jasa pengiriman, dan lainnya yang tidak tentu. Terlebih di ranah ini persaingan begitu ketat & banyak dan ada kemungkinan bisnis akan kalah bersaing.

Di awal berbisnis kamu akan menghadapi masalah seperti produk yang tidak dilirik konsumen sampai beberapa bulan sehingga tidak mendapatkan pemasukan. Eits, tapi jangan pesimis karena ini hal wajar bagi semua orang yang baru memulai bisnis dari offline maupun online. Hal yang terpenting di saat itu, tetaplah bersemangat untuk melakukan promosi lewat akun media sosial dan lainnya.

Memilih Produk

Source : Shopee

Biasanya produk lebih dulu sudah ditentukan karena datangnya keinginan bisnis dari hobi yang dikerjakan seperti kegemaran membuat karangan bunga, membuat barang elektronik, dan kerajinan lainnya. Begitulah produk yang dijual selalu sesuai dengan hobi yang dikuasai atau melihat kebutuhan pasar. Banyak orang yang juga memanfaatkan hal yang viral untuk berjualan online. Dalam hal ini, kamu bisa mengamati produk orang lain untuk dijadikan inovasi baru, lalu dimodifikasi menjadi lebih unik dan mempunyai kelebihan. Kamu juga bisa cek di google trend untuk melihat seberapa viralnya produk tersebut.

Menyusun Strategi Bisnis dengan Baik

Source : Qlobot

Untuk pemula yang ingin berjualan online pastinya tidak boleh kalah dalam persaingan, oleh karena itu cobalah untuk menyusun rencana bisnis di awal sebelum terjun ke bisnis. Misalnya memulai dari nama toko, memilih produk, dan harga yang ditetapkan. Walaupun nama toko terlihat sederhana, tapi inilah yang menjadi daya tarik konsumen untuk membeli produk yang dijual. Ingat untuk menentukan bagaimana strategi penjualan produk, ya, mulai dari mempromosikannya ke media sosial atau mengenalkannya secara offline terlebih dahulu.

Menentukan Supplier

Source : modalku

Jika sudah menentukan produk yang akan dijual, tentu kamu perlu mencari penyuplai barang yang dibutuhkan berkaitan dengan produk. Disarankan untuk mencari supplier yang memberi harga murah karena kamu perlu memesan dalam jumlah banyak. Namun, ada baiknya mencari banyak supplier sehingga tidak hanya tergantung pada satu penyuplai untuk mencegah terjadinya kekurangan barang. Supplier Search dapat membantu kamu dalam mencari puluhan bahkan ratusan supplier terpercaya.

Selain itu, dalam memilih supplier pertimbangkan pula semua hal berkaitan barang yang ditawarkan sampai ongkos pengiriman ke tempat kamu. Tak lupa pula kelengkapan serta stok barang di supplier yang perlu diperhatikan agar kamu tidak kehabisan stok saat membelinya. Kamu bisa terapkan tips cari supplier ini.

Menentukan Harga Produk yang Dijual

Source : Shopee

Ini menjadi langkah terpenting sekaligus terakhir, umumnya harga ditentukan dari menghitung berapa banyak bahan yang diperlukan untuk satu produk. Kamu perlu menghitung harga kotornya terlebih dahulu, lalu menambahnya dengan keuntungan yang ingin diperoleh. Dari sanalah harga bisa didapatkan, tapi jika ada cara lain dalam menentukan harga yang bisa diterapkan kamu bisa mencobanya. Seperti membandingkan dengan harga kompetitor, lalu menyesuaikan kualitas dengan harga jual. Selain itu, kamu bisa menentukan harga dengan biaya operasional selama membuat atau mendatangkan produk.

Nah, itulah 5 tips jualan online untuk pemula agar laris manis di tengah gempuran pesaing dari penjual online lainnya. Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi marketplace dan akun media sosial untuk mempromosikan barang agar jangkauan penjualan luas. Dalam melakukan jualan online jangan sampai patah semangat untuk melakukan berbagai strategi pemasaran atau mempelajari digital marketing agar produkmu laris manis!

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

4 1 vote
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments