Kelebihan & Kekurangan Jualan di Marketplace

Banyak dari pemilik bisnis tentunya sudah menggunakan marketplace, mengingat sudah dikenal secara luas dan sangat berkembang dengan pesat di Indonesia.

Banyak dari pemilik bisnis tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya marketplace, mengingat sudah dikenal secara luas dan sangat berkembang dengan pesat di Indonesia. Dari para pemilik toko yang ingin memperluas jualannya secara online, sampai konsumen yang memang mencari banyak pilihan produk dengan pembayaran yang lebih mudah. Tidak heran, marketplace sampai sekarang ini semakin disukai banyak orang dan memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Nah, bagi kamu yang memang ingin mencoba berjualan di marketplace, berikut beberapa ulasan kelebihan dan kekurangan yang patut kamu ketahui.

Kelebihan Jualan di Marketplace

Dapat Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Source : Pinhome

Kelebihan pertama dari berjualan di marketplace adalah tentunya kamu dapat terbantu dalam meningkatkan jangkauan pasar yang dituju. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali pelanggan yang sekarang ini sudah memakai marketplace saat berbelanja. Karena itulah, ini menjadi salah satu kesempatan yang tepat jika kamu memang ingin meningkatkan penjualan tersebut.

Apalagi tren belanja online yang juga terus semakin mendukung marketplace atau e-commerce menjadi salah satu tempat berbelanja. Kemudahan dalam mendapatkan produk yang diinginkan pun juga bisa menjadi lebih cepat dikarenakan konsumen sudah tidak perlu repot-repot mengunjungi toko fisik lagi. Apalagi bukan hanya akan membantumu untuk menjangkau wilayah lain yang ada di Indonesia, marketplace juga dapat kamu pakai untuk jual beli online di antar negara.

Meningkatkan Penjualan

Source : Andrian Luis

Jika kamu mulai berjualan online dengan marketplace, kamu pun berpotensi untuk mendapatkan penjualan yang lebih tinggi. Seperti yang dikatakan sebelumnya, tingginya tingkat kepercayaan dari konsumen terhadap marketplace dapat memungkinkanmu untuk bisa lebih menjangkau target pasar yang lebih besar dari sebelumnya.

Jadi ada baiknya jika kamu memilih marketplace yang diketahui memang sudah banyak digunakan bagi target pasar bisnismu. Jadi, nantinya proses penjualannya pun bisa menjadi lebih mudah lagi.Kamu nantinya juga dapat membangun brand awareness dengan selalu memanfaatkan berbagai fitur yang berada dalam marketplace tersebut. Dari melakukan flash sale, mengupload konten promosi, live shopping, sampai menawarkan produk langsung dengan fitur chat.

Meningkatkan penjualan juga bisa kamu lakukan dengan membuka toko online di beberapa jenis marketplace sekaligus. Karena semakin banyak tempatmu berjualan, maka dapat semakin besar juga keuntungan yang didapat.

Mudah untuk Dikelola

Source : Tayatha

Kelebihan jualan di marketplace selanjutnya adalah, kamu bisa mengelolanya dengan lebih mudah. Karena kamu hanya mengunjungi situs marketplace maupun mengundung aplikasinya dengan gadget, penjualan bisa mulai dilakukan. Ditambah saat ingin mulai berjualan, kamu hanya perlu mendaftarkan diri menjadi penjual dan juga tidak perlu repot untuk mengeluarkan banyak modal.  

Kepercayaan dari Pelanggan yang Lebih Tinggi

Source : Qlobot

Kelebihan selanjutnya adalah tingginya kepercayaan dari konsumen. Marketplace sekarang ini sudah banyak digunakan orang-orang untuk berbelanja dikarenakan dinilai lebih praktis dan juga terjamin keamanannya. Apalagi dengan banyaknya komentar positif, pasti akan menambah konsumen yang ingin membeli produk kamu.

Untuk kamu yang baru saja memulai bisnis online, kepercayaan ini pastinya sangat dibutuhkan supaya produk maupun layanan yang ditawarkan bisa terus berhasil terjual. Hal ini tentu sangat berbeda jika kamu akan membangun toko online sendiri dengan media sosial maupun website, biasanya akan membutuhkan waktu yang agak lama agar dapat dijangkau dan menumbuhkan kepercayaan dari pelanggan.

Kekurangan Jualan di Marketplace

Setelah memahami beberapa kelebihan jualan di marketplace, terdapat beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui juga.

Terdapat Kompetisi yang Lebih Tinggi

Source : Qlobot

Walaupun memang marketplace dapat membantumu untuk lebih menjangkau banyak konsumen, akan tetapi tingkat kompetisi dalam bisnisnya diketahui jauh lebih tinggi lagi. Terdapat banyak sekali kompetitor yang sekarang ini juga mulai memakai marketplace untuk menjual produknya secara online. Jadi, walaupun memang toko onlinemu sudah dikunjungi, konsumen belum tentu langsung membeli produk yang diinginkan. Karena mereka bisa saja melihat toko dari kompetitor dan malah membeli di sana daripada di tokomu karena beberapa hal yang mereka pertimbanhkan.

Hubungan dari Brand dan Konsumen yang Lebih Terbatas

Source : Google

Kekurangan selanjutnya adalah hubungan brand dan konsumen yang juga lebih terbatas. Karena biasanya akan cukup sulit untukmu dalam menarik konsumen sebelumnya yang sudah ada supaya mereka ingin melakukan pembelian berulang. Karena, kamu hanya dapat memberikan pesan penawaran dengan personal dari fitur chat saja.

Tapi jika dengan situs website, kamu memiliki database yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya dengan menghubungi mereka via whatsapp, telpon, hingga menawarkan promo via email.

Terdapat Kebijakan yang Harus Dipatuhi

Source : Shopee

Tiap platform jualan online diketahui mempunyai sistemnya sendiri. Jika kamu memang sudah memilih untuk mulai berjualan di marketplace, maka sangat wajib dalam mematuhi berbagai kebijakan yang sudah ada. Seperti dengan ketentuan jenis produk yang kamu jual, adanya biaya admin bagi penjual, dan yang lainnya. Berbeda lagi jika kamu mempunyai web jualan sendiri. Karena nantinya kamu dapat membangun kebijakan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Jadi itulah beberapa kelebihan jualan di marketplace dan kekurangannya yang patut untuk kamu ketahui, agar nantinya saat mulai berjualan kamu tidak kaget atas apapun yang akan terjadi.

Baca juga Inspirasi Ide Jualan Online yang Laris Setiap Hari

Biar nggak ketinggalan informasi menarik & insight terbaru dari Qlobot, Yuk join Channel Telegram Qlobot.

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments