Database Pelanggan, Ternyata Kunci Bisnis Sukses

Banyak pelaku bisnis yang asal-asalan tanpa mengenali target marketnya sendiri sampai pada akhirnya bisnis sulit berkembang.

Dunia bisnis tentu nggak akan bisa lepas dengan yang namanya pelanggan. Jika ingin bisnis maju, tentu sebelumnya haru memahami pentingnya pelanggan dalam bisnis karena ini bisa menjadi penentu apa yang mau ditawarkan dan bagaimana menyusun strategi pemasarannya.

Namun realita yang terjadi saat ini adalah masih banyak pelaku bisnis yang asal-asalan memulai bisnis tanpa mengenali target marketnya sendiri sampai pada akhirnya bisnis sulit berkembang.

Jadi sudah saatnya kamu lebih mengenal pelanggan dengan menyimpan informasi (data) mereka.

Apa Fungsi Data Pelanggan?

Illustration by jcomp

Data pelanggan merupakan kumpulan data yang relevan terkait dengan informasi yang dikumpulkan dari masing-masing pelanggan yang ada dan potensial. Contoh dari data pelanggan ini bisa berupa jenis kelamin, usia, tempat tinggal, kebiasaan berbelanja, dan lain sebagainya.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menyimpan data pelanggan, antara lain:

  1. Mampu mengetahui potensi pasar

Dengan data pelanggan tentu saja kamu bisa tau potensi pasar yang tepat sehingga bukan hal sulit lagi untuk menentukan produk apa yang ingin dijual. Tentunya ini juga akan meminimalisir pemilihan produk yang asal-asalan dan berpotensi menimbulkan kerugian.

  1. Mampu mengenali dan mengkategorikan pelanggan

Dengan menyimpan data pelanggan kamu bisa mengenal mereka lebih dekat. Apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka sukai, bagaimana kebiasaan mereka, dan lain sebagainya. Setelah mengetahui informasi tersebut tentu saja kamu bisa memilah berdasarkan tipe-tipe konsumen.

  1. Mampu menyusun strategi pemasaran yang tepat

Siapa sangka ternyata adanya database pelanggan bisa membantu kamu untuk menentukan strategi yang tepat dalam pemasaran. Dengan database pelanggan yang dihasilkan, kamu bisa tahu naik turunnya penjualan saat menggunakan strategi tertentu. Baru setelahnya kamu bisa menentukan apakah strategi pemasaran tersebut perlu dibenahi, diteruskan atau ditinggalkan dan menggunakan ide strategi yang baru.

  1. Mampu meningkatkan loyalitas konsumen

Penggunaan database pelanggan ternyata bisa membentuk loyalitas konsumen. Hal ini karena data tersebut digunakan untuk membangun komunikasi dan kedekatan antara penjual dan pembeli. Dengan kamu memberikan pengalaman pembelian yang lebih personal, usaha kamu bisa dengan mudah mendapatkan hati pelanggan.

Lalu, Bagaimana Cara Menyimpan dan Mengelola Data Pelanggan?

Menyimpan dan menglola data pelanggan sudah bukan perkara yang sulit seperti dulu. Kamu bisa menyimpan data pelanggan yang jumlahnya ratusan atau ribuan dengan mudah dan cepat menggunakan tools dari Qlobot yaitu Contacts Grabber.

Bisa dibilang Contacts Grabber adalah aplikasi database pelanggan yang paling lengkap karena banyak fitur di dalamnya.

Contacts Grabber – Qlobot

1. Support Tokopedia, Bukalapak, Shopee

Mendukung pengguna platform marketplace terbesar di Indonesia, Contacts Grabber sudah support di Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Kamu bisa dengan mudah menyimpan data pelanggan yang pernah bertransaksi di toko kamu tanpa perlu menyalin satu persatu.

Apalagi saat ini Shopee juga sudah ada kebijakan baru yang menyatakan bahwa data pelanggan akan secara otomatis di sembunyikan setelah transaksi selesai. Ini tentu mendorong untuk bisa gercep menyimpan datanya.

Data pelanggan yang dimaksut di Contacts Grabber ini adalah identitas dari penerima barang yang tercatat dalam transaksi (bukan identitas dar akun pembeli) ya!

2. Segmentasi Berdasarkan Interest (Minat), Lokasi, Daya Beli

Tampilan Contacts Grabber – Qlobot

Nggak cuma berfungsi untuk menyimpan data pelanggan saja, Contacts Grabber punya peran yang mantap banget untuk perkembangan bisnis kamu ke depan. Hal ini karena ada fitur untuk semengtasi pelanggan berdasarkan interest, lokasi, dan daya beli.

Jadi kamu bisa mengklasifikasikan pelanggan kamu secara otomatis untuk kemudian kamu beri penawaran yang sesuai.

Kece banget kan? Gak perlu ribet mantengin tiap data pelanggan deh!

3. Adanya Fitur untuk Export ke Beberapa Platform

Bagi kamu yang sudah menyimpan data pelanggan, pastinya harus ada action ya setelah ini. Nggak cuma disimpan aja!

Kamu bisa langsung cari perhatian ke pelanggan dengan bagi-bagi informasi seputar produk atau promo melalui broadcast. Kabar baiknya, Contacts Grabber juga sudah menyediakan fitur export ke beberapa platform seperti WBS Pro, WA Sender, Google Contacts.

Source: Instapage

Selain itu, kalau kamu sedang beriklan, kamu bisa banget manfaatin data pelanggan yang berupa nomor telepon untuk mencari pelanggan serupa dengan pakai Facebook Retargeting. Ini akan bikin target kamu makin spesifik.

4. Sekali Klik untuk Mengirim Chat di WhatsApp

Jika kamu tidak menggunakan tools broadcast, tenang aja. Kamu masih bisa langsung mengirimkan WhatsApp karena di dalam Contacts Grabber sudah dilengkapi dengan fitur One Click Follow up. Jadi memang sudah disediakan tombol kirim chat WhatsApp dan Dynamic Template Chatnya.

Baca juga: Auto Broadcast Chat Shopee, Tools untuk Menarik Pelanggan

Kesimpulan

Ternyata data pelanggan itu banyak banget manfaatnya ya untuk perkembangan bisnis ke depan. Antara lain sebagai cara mengetahui keinginan pelanggan, cara mengetahui kepuasan pelanggan, cara menyusun strategi pemasaran, dan lain masih banyak lagi. Untuk itu, penting menyimpan data pelanggan sekecil apapun.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa bantu kamu untuk lebih sadar akan pentingnya database pelanggan. Biar lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan Contacts Grabber dari Qlobot yang bisa sat set anti ribet sebagai aplikasi untuk menyimpan data pelanggan.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

0 0 votes
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?