Chat disini aja!

Waktu posting tepat, pembeli bakal merapat

Terlalu sering membuat postingan akan membuat calon konsumen bosan, sebaliknya jika jarang melakukan posting calon konsumen akan merasa ragu untuk belanja di tokomu.

Dengan semakin banyaknya pengguna media sosial tentu dapat dijadikan peluang untuk para pebisnis untuk wadah mempromosikan barang dagangannya. Manfaat yang akan didapat dari aktif posting di media sosial antara lain dapat meningkatkan popularitas produk, memudahkan untuk mendapatkan pelanggan baru, dan  tentunya  menghemat biaya.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika posting di media sosial, salah satunya mengetahui waktu yang pas untuk posting. Terlalu sering membuat postingan akan membuat calon konsumen bosan, sebaliknya jika jarang melakukan posting calon konsumen akan merasa ragu untuk belanja di tokomu.

Jadi kapan sih waktu terbaik untuk mempromosikan produkmu di media sosial? Catat tips berikut!

1. Instagram

Kini online shop kebanyakan sudah memiliki akun instagram untuk media promosi barang atau jasa yang dipunya. Saat posting di instagram tentu harus mengetahui timing yang pas agar kontenmu dapat dilihat oleh banyak orang. Jadi kapan sih waktu yang pas untuk posting di instagram?

Illustration by vvstudio

Waktu terbaik untuk posting yaitu pada jam makan siang sekitar pukul 11 – 1 siang dan diwaktu bersantai dan saat pulang kerja sekitar pukul 7 – 9 malam.

Alasannya karena waktu jam makan siang orang lebih suka makan dengan ditemani melihat postingan-postingan di instagram dan juga saat malam hari ketika bersantai orang akan menghibur diri mereka setelah seharian kerja untuk  mengecek instagramnya.

Lalu untuk masalah hari apa yang pas untuk posting konten yaitu pada hari senin, rabu dan kamis. Sementara itu pada weekend seperti hari sabtu dan minggu dirasa kurang cocok untuk posting konten dikarenakan orang lebih memilih menghabiskan waktu mereka untuk quality time dengan keluarga dan orang-orang terdekat.

2. Facebook

Media sosial facebook masih sangat popular hingga saat ini meskipun banyak bermunculan media sosial lainnya. Tidak ada salahnya kita juga memanfaatkan facebook untuk media promosi.

Sama halnya dengan instagram, waktu yang pas untuk posting konten ialah pada saat jam istirahat makan siang namun berbeda di jam nya sekitar pukul 1 siang – 4 sore.

Illustration by freepik

Hari kamis, jumat, sabtu, dan minggu dinilai hari yang paling baik untuk posting di facebook. Dan khusus hari minggu pukul 3 sore dirasa waktu yang sangat cocok dan catatan untuk hari selasa dirasa waktu yang kurang pas untuk posting.

3. Youtube

Illustration by freepik

Untuk para pebisnis yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya, bisa juga dicoba posting melalui youtube lo. Seperti yang kita semua ketahui, di youtube kita dimudahkan untuk mencari berbagai informasi dalam bentuk video. Nah hal ini cocok untuk pelaku bisnis yang hendak melakukan promosi. Calon konsumen pasti akan lebih tergiur dan ingin membeli suatu produk ketika ditampilkan dalam bentuk video.

Bila kontenmu sudah ada, saatnya kamu mengetahui kapan waktu yang cocok untuk uploadnya. Pada pukul 12 siang hingga 4 sore merupakan waktu yang tepat untuk posting di youtube dan untuk harinya bisa dicoba di hari kamis dan jumat. Lalu hari yang paling baik adalah di hari sabtu dan minggu pada jam 9 – 11 pagi.

Itulah waktu yang pas untuk posting di media sosial, maksimalkan peluang yang ada dan semoga bermanfaat!

Referensi:

  • https://whello.id/tips-digital-marketing/waktu-terbaik-untuk-posting-di-media-sosial/

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *