Wajib Tau! Cara Mengatasi Resi Otomatis Shopee

Artikel ini akan dibahas beberapa cara untuk menangani resi otomatis shopee. Simak yuk!

Kamu lagi jualan online di marketplace?

Bisnis dropship reseller dimarketplace sekarang memang makin banyak diminati ya. Selain nggak perlu keluar modal banyak juga nggak ribet.

Di samping itu saat ini marketplace juga sudah menerapkan sistem resi otomatis, yaitu sistem untuk mencatat alamat, resi dan nilai ongkos kirim yang secara langsung muncul setelah proses pemesanan barang.

Jualan di Shopee

Ilustration by storyset

Salah satu bisnis yang peminatnya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan adalah jualan di Shopee, seperti reseller dropship Shopee.

Dan saat ini Shopee adalah salah satu marketplace yang sudah menerapkan sistem resi otomatis.

Apa itu resi otomatis Shopee?

Secara gampangnya, resi otomatis Shopee adalah sistem pembelian yang resinya langsung ada setelah costumer membayar barang, tidak seperti dulu yang harus input resinya secara manual setelah barang dikirimkan.

Apakah Shopee menggunakan resi otomatis?

Berdasarkan yang tertera pada edukasi seller Shopee, hampir semua jasa kirim yang didukung Shopee menggunakan Resi Otomatis, diantaranya: JNE Express (Reguler, YES, dan JTR) J&T Express (J&T Express, J&T Economy, J&T Jemari, dan J&T Cargo).

Bagaimana cara mendapatkan resi otomatis Shopee?

Saat pembeli memesan barang dan melakukan pembayaran, maka secara otomatis resi akan didapatkan secara langsung. Jadi, penjual tidak perlu menginput resinya secara manual dan barang bisa dikirimkan ke counter jasa kirim terdekat, atau bisa juga dijemput ke rumah oleh jasa kirim.

Meskipun pihak Shopee sebenarnya berniat untuk memudahkan pengguna, baik itu penjual maupun pembeli, tapi pada kenyatannya resi otomatis justru jadi kendala bagi yang berbisnis sebagai dropshipper. Hal ini karena saat dropship resi otomatis, maka penjual tidak bisa mengganti resi yang sama seperti resi yang dikirim oleh supplier.

Nah untuk itu di artikel ini akan membahas beberapa cara untuk menangani resi otomatis Shopee. Simak yuk!

Cara menangani resi otomatis Shopee

1. Mencari supplier yang bisa diajak kerja sama

Ilustration by storyset

Meskipun supplier dropship resi otomatis, bukan berarti mereka tidak bisa diajak kerja sama. Kamu bisa mencoba mencari supplier dan menghubungi mereka untuk menawarkan kerja sama sebagai supplier dan dropshipper.

Cari supplier yang mau menangani order di luar shopee. Misalnya saat nanti ada pesanan di tokomu, kamu tinggal mengubungi supplier dan menyerahkan resi otomatis dropship yang kamu terima dari pesanan pembeli ke supplier.

Selanjutnya supplier tinggal mengirimkan barang dengan resi yang kamu kasih. Maka setelah itu pesananmu akan jalan dan berganti status menjadi dikirimkan.

Cara ini juga bisa jadi solusi saat kamu menemukan supplier di Shopee dan memilih dropship Shopee ke Shopee resi otomatis.

2. Menggunakan jasa gudang (Warehouse) terdekat

Ilustration by storyset

Cara dropship di Shopee resi otomatis selanjutnya adalah menggunakan jasa gudang terdekat. Ini adalah solusi kalau kamu tidak bisa menemukan supplier yang mau diajak kerja sama.

Cara kerja jika menggunakan jasa gudang adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan alamat toko kamu sama dengan alamat gudang
  2. Saat ada order, rekap resi otomatis Shopee dan alamat pembeli untuk dikirimkan ke pihak gudang
  3. Pesan barang ke supplier untuk di kirimkan ke pihak gudang
  4. Setelah barang sampai, pihak gudang akan menempelkan resi otomatis pada barang untuk kemudian dikirim ke alamat pembeli

Namun perlu diingat, menggunakan jasa gudang memerlukan biaya tambahan untuk membayar jasa pengiriman gudang tersebut. Jadi pastikan kamu menghitung biaya operasional ini ke dalam harga jual produk agar tidak mengalami kerugian ya!

Baca juga: Fitur Random Markup: Solusi Setting Harga Jual Anti Ribet

3. Mengajukan formulir ke Shopee untuk mengubah status pesanan (Nomor Resi)

Ilustration by storyset

Solusi ketiga ketika kamu kebingungan cara dropship resi otomatis adalah dengan mengajukan pengubahan status ke pihak Shopee langsung.

Kamu bisa mengisi Formulir Pengajuan Perubahan Status Pesanan melalui aplikasi Shopee via handphone dan melengkapi data-data yang tertera pada formulir agar status pesanan kamu bisa diubah menjadi Dikirim dan tidak dibatalkan oleh sistem.

Source: Screen Capture help.shopee.co.id

Berdasarkan sistem Shopee Status pesanan akan diubah selambat-lambatnya 2 jam setelah pengisian formulir dilakukan.

Kesimpulan

Demikian bebrapa cara mengangani resi otomatis Shopee. Kamu bisa mencoba menerapkan cara ini bila sedang kebingunan tentang resi otomatis Shopee.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu ya!

Semangat terus bisnisnya~

0 0 votes
Article Rating
Zizi
Zizi
Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?