Jangan Asal Ceplas-Ceplos ke Calon Pembeli!

Salah satu kunci dari pelayanan itu sendiri adalah di mana temen-temen sebaiknya paham dan mengerti bahwa pembeli adalah raja.

Pelayanan merupakan salah satu strategi jitu agar calon pembeli/pelanggan merasa puas saat belanja di toko temen-temen. Kunci dari pelayanan itu sendiri adalah di mana temen-temen sebaiknya paham dan mengerti bahwa pembeli adalah raja.

Kenapa begitu?

  • Pembeli punya kekuatan untuk membeli
  • Pembeli punya kebebasan untuk memberikan review
  • Mau beli atau tidak, itu terserah pembeli

Jadi keberadaan temen-temen sebagai penjual harus bisa mempersiapkan semuanya seperti misalnya memberikan solusi yang fast respon, meyakinkan dan membujuk calon pembeli untuk membeli produk sebagai solusi masalahnya secara halus tanpa adanya paksaan.

  1. Etika

Etika dalam melayani pelanggan adalah yang terpenting. Buatlah keadaan atau percakapan menjadi senyaman mungkin. Ada beberapa poin yang bisa temen-temen terapkan mengenai hal tersebut, antara lain:

  • Bersikap hangat
  • Gunakan bahasa positif
  • Dengarkan masalah atau masukkan dari pembeli
  • Selalu sabar
  • Simpatik
  • Jangan mudah terbawa perasaan
  • Jangan lupa untuk berterimakasih

Hal yang perlu ditekankan selain membuat percakapan jadi senyaman mungkin adalah jangan sampai terbawa perasaan. Terkadang ada calon pembeli yang ribet atau kurang mengenakkan, namun tetaplah bersikap tenang jangan sampai ikut-ikutan marah.

  1. Respon cepat

Respon cepat menjadi salah hal terpenting dan paling berpengaruh terhadap jadi atau tidaknya calon pembeli melakukan pembelian terhadap produk yang temen-temen jual. Hal itu karena momen ketika calon pembeli menghubungi temen-temen adalah titik dimana tingkat ketertarikan terhadap produk sedang tinggi-tingginya.

Salah satu pelayanan yang buruk adalah temen-temen tidak bisa melayani mereka dengan cepat dan membuat mereka menunggu dalam waktu lama untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan yang diajukan.

Jika temen-temen tidak bisa memberikan jawaban secara cepat, calon pembeli memiliki kecenderungan untuk pindah mencari toko lain sebagai jawaban untuk mempercepat mendapatkan jawaban/solusi dari masalahnya. Jika hal itu terjadi maka temen-temen sendiri yang akan rugi kehilangan calon pembeli. Paling tidak, temen-temen harus merespon mereka kurang dari 5 menit agar calon pembeli yang sudah mampir ke toko temen-temen bisa fokus ke toko dan pelayanannya.

Jadi salah satu cara untuk bisa memenangkan persaingan saat ini adalah jangan buat pelanggan yang sudah tertarik dengan produk temen-temen, menjadi kabur ke toko kompetitor hanya karena TIDAK FAST RESPON.

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *