Membuat Konten Viral dengan Formula Ini

Siapa sih yang nggak mau konten nya menjadi viral? Terlebih kalau kamu adalah seorang memiliki Brand produk atau Personal Brand. Yuk pelajari rumusnya

Berikut rumus viral di Social Media menurut Buku Contagious yang ditulis oleh Jonah Berger.

Formula STEPPS

1. Social Currency

Social Currency berkaitan dengan tren yang terjalin di area pembaca. Tetapi, ini bukan tentang tren itu sendiri, serta lebih banyak tentang gagasan kalau status sosial seorang tergantung pada data yang Kamu miliki.

Semua orang mau mau menemukan saran bagus. Sebab itu, konten yang sangat berharga merupakan konten yang layak buat dibagikan.

Kamu bisa membuat konten bermutu serta inovatif yang menggairahkan pembaca Kamu, ataupun apalagi jadi pencipta tren di industri Kamu.

Pikirkan tentang audiens Kamu, apa yang bisa membuat mereka terkesan? Setelah Kamu menentukannya, Kamu bisa membuat konten yang berharga untuk audiens.

2. Triggers

Triggers yaitu kata, frasa, ataupun foto yang terpaut dengan pesan. Pada kesimpulannya, apa juga yang menegaskan audiens Kamu tentang produk ataupun brand Kamu merupakan Triggers.

Mempunyai branding yang bagus serta tidak berubah- ubah hendak menghasilkan Triggers positif yang gampang di ingat oleh pembaca.

Inilah kenapa sangat berarti buat memilah partner yang pas dikala membuat konten bersponsor.

Membenarkan pembentuk konten tempat Kamu bekerja mempunyai Triggers positif yang selaras dengan nilai- nilai Kamu yang di terjemahkan jadi konten yang lebih gampang dibagikan serta meluas sebab pembaca hendak mengingatnya!

3. Emotion

Faktor ketiga dalam resep viral menurut Berger adalah Emosi. Tidak heran, orang berbagi hal- hal yang banyak orang pedulikan. Emosi kekaguman serta kegembiraan mendesak orang buat berbagi konten, yang berarti Kamu bisa jadi wajib menjauhi apa juga yang menyedihkan ataupun negatif.

Perkata semacam “Gratis” ataupun “Kesalahan” cenderung merangsang emosi negatif. Alih- alih, pakai perkata Triggers yang tajam semacam gampang ataupun baru serta bumbui konten Kamu dengan ciri seru.

Apa yang bisa menggairahkan pembaca Kamu? Membuat karya yang berpusat pada audiens yang merupakan metode terbaik buat mengaitkan brand.

4. Practical Value

Tidak hanya mengenali, orang pula mau menolong dengan data yang Kamu bagikan. Konten yang mempunyai nilai instan wajib relevan serta sarat data. Pertimbangkan atensi ataupun Paint Point audiens Kamu.

Persoalan apa yang brand miliki? Data apa yang bisa jadi brand cari?

Misalnya, bila Kamu mengenali audiens sasaran Kamu merupakan lulusan baru yang mau membeli kendaraan, tawarkan panduan perawatan mobil ataupun jawab persoalan universal tentang membeli mobil baru. Ini tidak cuma mendesak berbagi namun memfasilitasi keterlibatan yang lebih baik dalam perihal waktu yang dihabiskan di taman.

Konten yang bisa dikembalikan berulang kali serta digunakan selaku sumber energi hendak senantiasa berharga buat tahun-tahun mendatang.

6. Public

Berger menggunakan frasa “built to show, built to grow”  untuk menggambarkan elemen publik dalam enam langkah. Ingatlah mantra ini saat membuat konten. Acara publik dan berita, umumnya lebih baik daripada konten promosi, tetapi elemen publik dapat diterapkan pada informasi yang lebih banyak juga!

Tanyakan pada diri Anda: adakah yang akan menghentikan pembaca Anda untuk membagikan artikel ini?

Topik sensitif, polarisasi opini, dan informasi yang tidak terkait adalah hal-hal yang dapat membuat pembaca Anda tidak dapat berbagi. Selalu buat konten yang dapat dibagikan dengan bangga oleh audiens Anda.

7. Stories

Mendongeng yang hebat adalah kunci pemasaran konten yang hebat. Informasi paling baik diserap ketika dimasukkan ke dalam cerita karena cerita sebenarnya dapat mengubah cara kita berpikir dan merasa ini adalah sains .

Menghadirkan ide konten hebat yang menceritakan sebuah cerita adalah cara terbaik untuk menyampaikan pesan. Berikan bahan bakar kepada pembaca Anda untuk percakapan ruang makan siang atau obrolan di dekat mesin kopi.

Pastikan bahwa brand Anda merupakan bagian integral dari cerita, tetapi ajaklah pembaca atau pemirsa Anda untuk ikut serta. Jadikan audiens Anda pahlawan cerita dan branda akan menceritakannya berulang kali.

Kesimpulan

Saat konten menjadi viral, itu mungkin tampak seperti keberuntungan atau kebetulan tetapi kenyataannya enam langkah ini adalah kuncinya.

Manakah dari tips Berger yang sudah Anda terapkan ke dalam kampanye konten Kamu? Bahkan menyertakan beberapa di antaranya akan meningkatkan kemudahan berbagi konten Anda.

Terapkan langkah-langkah ini dalam membuat konten kamu.

Yuk jika suka artikelnya jangan lupa share ke semua sosial media kamu ya!

5 1 vote
Article Rating

Related Article

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?