fbpx

Jangan sembarangan pilih SUPPLIER

          Jika temen-temen adalah seorang dropshipper, kunci yang paling utama adalah supplier.  Jangan malas atau bosan dalam mencari supplier yang sesuai dengan kriteria temen-temen, karena jika supplier jelek dan masih dipertahankan berarti sama saja dengan temen-temen menghancurkan diri sendiri.

1.       Cari supplier yang responnya cepat

          Respon cepat adalah indikator yang paling sering digunakan untuk menentukan supplier yang bagus atau tidak. Kenapa? Semakin besar persentase pertanyaan/diskusi yang dijawab oleh supplier berarti ini mendandakan jika nanti temen-temen memiliki pertanyaan mengenai produk supplier, kemungkinan besar akan merespon pertanyaan tersebut.

Selain itu semakin cepat supplier merespons setiap pertanyaan yang masuk, maka berarti supplier selalu siap dan sigap menjawab pertanyaan.

 

2.       Supplier yang tidak pernah menolak pesanan/jarang

          Selanjutnya adalah supplier yang hampir tidak pernah menolak pesanan. Cari supplier yang ready stoknya banyak, dengan begitu kemungkinan supplier menolak pesanan temen-temen menjadi sangat kecil. Selain itu perhatikan juga apakah supplier rajin untuk update stok toko miliknya.

 

3.      Supplier yang produknya laris

          Supplier yang produknya paling laris adalah indikator yang paling banyak digunakan karena tidak mungkin juga temen-temen memutuskan untuk menjadi dropshipper dari supplier yang produknya bahkan memiliki penjualan sedikit. Secara logika jika produk dari supplier laris terjual, maka ada kemungkinan jika temen-temen ikut menjual produk tersebut maka akan ada permintaan mengenai produk tersebut.

 baca juga : Tips jadi dropshiper handal

4.       Supplier yang jangka waktu pengemasan sampai pengirimannya sangat cepat

          Kebanyakan orang lebih menyukai seller yang produknya ready dan siap kirim, hal itu juga berlaku untuk mencari supplier. Cari supplier yang bisa mengirim pesanan pada hari itu juga atau paling lama besoknya setelah dipesan.

 

5.        Supplier yang memiliki rating dan ulasan produk terbaik

Cari supplier yang memiliki rating tinggi, bagus, dan minim komplain. Temen-temen dapat menemukannya dengan cara melihat jumlah bintang yang diberikan oleh pembeli untuk supplier tersebut. Paling tidak supplier mendapatkan bintang 4 atau 5. Semakin banyak jumlah bintang 4 atau 5 dan ulasan positif maka semakin bagus pula supplier tersebut.

 

6.        Supplier yang mau nemerima dropship

           Kunci utama yang paling penting dari beberapa kriteria mendapatkan supplier yang tepat adalah apakah supplier tersebut menerima dropship. Jangan sampai temen-temen mendapatkan supplier yang tidak menerima dropship, hal tersebut sama saja temen-temen mempromosikan toko supplier kepada orang yang seharusnya menjadi customer temen-temen.

 

6.        Miliki lebih dari satu supplier

           Tips memilih supplier terakhir adalah memiliki lebih dari satu supplier. Hanya memiliki satu supplier adalah salah satu kesalahan dalam berbisnis. Selain berbahaya jika stok sedang tidak ada, dengan memiliki lebih dari satu supplier Temen-temen dapat membandingkan harga dengan lebih baik. Selain itu, temen-temen juga bisa memiliki ide-ide lain untuk dijual jika memiliki lebih dari satu supplier.

 

Semoga membantu!

 

Baca juga : Cara ini bisa bikin produk di toko Shopee kamu diserbu pembeli!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *