Jangan Lupakan ini Kalau Mau Branding!

Dalam membangun sebuah brand tentu tidak bisa instan, perlu waktu yang cukup lama dengan menerapkan strategi-strategi branding.

Brand merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan, produk maupun layanan. Sebuah brand mencerminkan kepribadian, karakter dan jiwa perusahaan. Ini seperti sedang menunjukkan identitas seperti apa perusahaan kamu kepada pelanggan.

Dalam membangun sebuah brand tentu tidak bisa instan, perlu waktu yang cukup lama dengan menerapkan strategi-strategi branding.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan branding, antara lain:

  1. Tentukan identitas brand

Sebelum melakukan branding atau memperkenalkan brand, tentukan identitas dari Brand terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah nama, logo, warna, dan slogan. Pilih identitas yang unik, berbeda, dan mudah diingat, jangan membuat sebuah identitas yang mirip atau menyerupai brand lain.

  1. Riset

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah riset pasar. Pahami dulu bagian pasar mana yang akan dituju oleh brand untuk mengetahui potensi pasar, daya beli pasar, dan lain-lain. Selain itu dengan kamu tahu pasar yang dituju tentu kamu bisa membuat brand yang sesuai dengan mereka.

Melakukan riset kompetitor juga penting dilakukan dan bisa membantu untuk lebih mengetahui di atas. Dari kompetitor yang menjual produk dengan kategori sama, kamu bisa tahu siapa dan seperti apa audiens yang ditargetkan.

  1. Pilih media pemasaran yang tepat

Keberhasilan branding ditentukan melalui media apa saja yang digunakan. Media yang dipilih hendaknya media yang dapat menjangkau dan sering digunakan target audience brand yang direncanakan. Misalnya saat ini banyak sekali pengguna media sosial, kamu bisa coba untuk beriklan. Dengan begitu banyak orang yang akan melihat iklan kamu.

Sisipkan hal-hal yang mencerminkan perusahaan kamu, misalnya logo dan nama brand. Hal ini bisa menjadi pacuan untuk calon pelanggan dalam mengingat brand kamu.

  1. Konsisten

Proses branding harus konsisten. Memang mengikuti tren adalah sesuatu yang penting, tetapi identitas brand kamu tidak boleh terkikis dan menjadi rancu. Konsistensi ini akan membuat identitas brand menjadi kuat dan lebih mudah dikenali.

Branding harus dipersiapkan dengan baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Jika beberapa hal di atas diperhatikan dengan baik, proses branding bisa jadi lebih efektif dan dampak yang dihasilkan juga semakin baik.

Do it again and again. Consistency makes the rain drops to create holes in the rock. Whatever is difficult can be done easily with regular attendance, attention and action.

Israelmore Ayivo

Referensi:

  • https://www.dreambox.id/blog/cara-branding-dan-hal-penting-yang-harus-diperhatikan-saat-melakukan-branding/
  • https://www.dreambox.id/blog/waktu-dan-langkah-yang-dibutuhkan-untuk-membangun-brand/
  • https://seller.tokopedia.com/edu/cara-membangun-strategi-branding

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *