Cara Jualan di TikTok Shop Biar Makin Untung

Jualan di TikTok bisa dibilang sangat efektif karena media promosinya yang berupa video benar-benar bisa menarik orang yang melihat.

Siapa sih yang nggak tau TikTok?

Salah satu platform video music dari Tiongkok ini sangat diminati masyarakat Indonesia dari kalangan muda sampai yang sudah berumur. Berbagai macam konten video bisa ditemukan di sini, mulai dari hiburan, challenge, edukasi, tutorial, dan lain lain.

Selain itu sekarang TikTok juga sudah merambah sebagai platform media jual beli online. Kegiatan ini bisa dilakukan di dalam layanan TikTok Shop yang sudah di sediakan oleh pihak TikTok.

Apa itu Tiktok Shop?

Ilustration by Storelogy

TikTok Shop merupakan fitur social commerce yang memungkinkan pengguna dan kreator untuk mempromosikan serta menjual produknya melalui TikTok.

Jualan di TikTok bisa dibilang sangat efektif karena media promosinya yang berupa video benar-benar bisa menarik orang yang melihat. Cara jualan di TikTok sebenarnya seperti platform-platform lainnya, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar jualanmu bisa berhasil.

TikTok: ScreenCapture

TikTok Shop ini bisa kamu lihat pada akun atau konten video yang ada simbol atau logo tas.

Kalau TikTok Shop tidak muncul, penyebabnya bisa jadi karena kamu menggunakan aplikasi TikTok versi lama. Cara mengatasi penyebab pertama tersebut kamu bisa memperbarui aplikasi TikTok pada Google Play Store atau Apps Store.

Bagaimana Cara Daftar di TikTok Shop?

Sebelum lanjut ke bagaimana cara berjualan di Tiktok Shop, kamu perlu mendaftar dulu ya. Cara buat akun TikTok Shop langkahnya adalah:

  1. Buka situs TikTok Shop
  2. Di sini ada 2 pilihan, kamu bisa mendaftar pakai akun TikTok yang sudah ada atau mau mendaftar yang baru.
Source: seller-id.tiktok.com
  1. Kalau belum memiliki akun, kamu bisa klik “Sign Up” dengan nomor HP atau alamat email.
  2. Selanjutnya, kamu akan ditujukan ke laman otorisasi.
    Kalau sudah setuju dengan S&K TikTok Shop, lanjutkan dengan mengetuk “Otorisasikan”
  3. Teruskan verifikasi via email.
    Apabila sudah mendapat kode, salin kode tersebut untuk memverifikasi email.
  4. Akun berhasil dibuat.
    Kamu bisa mengotak-atik akun TikTok Shop kamu misalnya dengan edit profil dan menambahkan produk pertama yang ingin dijual.
  5. Selesai, kamu sudah bisa jualan di TikTok Shop.

Tips Jualan di Tiktok Shop

1. Menjadikan akun bisnis

TikTok: ScreenCapture

Apakah TikTok Shop harus akun bisnis?

Seperti halnya Instagram, di TikTok juga terdapat pilihan akun bisnis. Dengan menjadikan akun TikTok Shop sebagai akun bisnis akan ada fitur spesial yang bisa digunakan, yaitu:

  1. Unique engagement solution

Fitur ini memungkinkan seller untuk membangun interaksi dan komunikasi dengan calon pembeli seperti balas komentar, chat via DM, bahkan balas pertanyaan atau komentar dengan video sehingga bisa menarik perhatian lebih.

  1. Performance tracking secara real time

Dengan menjadikan akun bisnis, seller bisa menganalisis performance dari tiap konten sehingga bisa tau apa yang perlu dievaluasi untuk mencapai peningkatan.

  1. Memudahkan mengetahui konten yang relevan dan sedang tren

Seller bisa dengan mudah tau apa saja yang sedang menjadi tren di TikTok mulai dari produk yang bisa dijual, strategi marketing, hingga konten. Dengan begitu bisa meniru atau modifikasi konten tersebut sehingga penjualan juga ikut viral dan meningkat.

  1. Beriklan

Kamu juga bisa mengiklankan konten jualanmu agar bisa menjangkau orang lebih luas lagi. Fitur ini bisa kamu temukan pada menu profile, klik “Business Suite”.

Nah, Cara mengalihkan menjadi akun bisnis yaitu:

  1. Login Tiktok Shop
  2. Klik ‘Saya’
  3. Klik tanda titik tiga yang ada di pojok atas
  4. Klik ‘Kelola Akun Saya’
  5. Klik ‘Alihkan ke Akun Bisnis’
  6. Pilih kategori bisnis yang sesuai
  7. Edit profil, mulai dari memasang foto akun yang menarik dan isi bio dengan keterangan bisnis yang lengkap
  8. Tambahkan link jualan kamu di e-commerce

Selesai, gampang kan?

2. Mencari ide menarik untuk membuat konten / ikuti tren

Kalau ngomongin cara berjualan di TikTok Shop pastinya nggak lepas dari bikin konten ya.

Terus bagaimana cara membuat video jualan di TikTok?

Pastikan untuk membuat konten video yang menarik soal jualanmu. Misalnya mulai dari produknya, proses packing, testimoni, banyaknya orderan, dll.

Salah satu kunci cara jualan online di TikTok adalah posting jualan di TikTok dengan pakai sound yang sedang tren biar lebih cepat viral.

3. Memanfaatkan semua fitur tiktok

Fitur disediakan oleh pihak TikTok agar konten yang dibuat bisa maksimal. Jadi jangan malas manfaatin semua fitur dalam mempromosikan produk. Fitur-fiturnya antara lain:

  • Tambahkan musik
  • Voice changer function
  • Pakai sticjer dan Effect
  • Filter
  • Timer
  • Beautify

4. Membuat caption menarik

Jualan di TikTok Shop sama saja dengan jualan di platform ecommerce lain. Kalau kamu cuman posting video tanpa caption yang kurang jelas, bagaimana mungkin orang akan tertarik mengunjungi toko kamu.

Jadi pastikan untuk membuat caption yang jelas misalnya terkait nama produk, fungsi produk, bahan produk, dll.

5. Membuat hashtag

Ilustration by smallbiztrends.com

Hashtag penting banget untuk jualan di TikTok Shop karena bisa dikenal orang lebih luas. Gunakan hashtag-hashtag yang sedang viral dengan klik ‘temukan’.

Di Halaman tersebut bukan hanya hashtag yang viral saja, tapi juga banyak video-video viral yang bisa dijadikan inspirasi.

Hashtag ini juga sebagai salah satu cara agar bisa fyp di TikTok.

6. Memposting konten di waktu yang tepat

Nyatanya, waktu postingan bisa berpengaruh dengan penjualan. Kalau kamu sembarangan posting tanpa mempertimbangkan kapan waktu orang menggunakan TikTok, ya siap siap jualanmu sepi karena gak ada yang lihat.

Biasanya waktu terbaik adalah antara pukul 10 sampai 1 siang, atau malam hari.

7. Menggunakan iklan

Cara jualan TikTok Shop rasanya kurang kalau belum manfaatin iklan. Dengan beriklan akan lebih efektif sebagai cara promosi jualan di TikTok agar tersebar lebih cepat dan luas.

Di TikTok Shop sendiri ada 5 jenis iklan, yaitu:

  • In-Feed Video

Ini adalah jenis iklan yang akan muncul dan juga berbaur dengan konten lainnya yang terdapat di FYP.

  • Brand Takeover

Iklan ini akan muncul saat pengguna baru saja membuka aplikasi media sosial TikTok nya. Tampilan TikTok ads ini full screen dan juga berdurasi 3 sampai 5 detik. Kamu juga bisa memasang link misalnya yang diarahkan ke landing page website, marketplace, dll.

  • Hashtag Challenge

Hashtag challenge ini sebenarnya lebih dari sekedar ajang membuat konten saja. Di dalamnya kamu bisa menggunakannya sebagai sarana iklan.

  • Branded Augmented Reality

Iklan ini terfokus pada filter dan sticker yang sering menarik perhatian pengguna TikTok. Jika ada banyak konten kreator yang menggunakan filter atau stiker yang kamu buat, maka hal ini bisa dijadikan sebagai ajang promosi gratis.

  • TopView Ads

TikTok ads  topview ads adalah suatu iklan yang bisa dilihat oleh pengguna di puncak feeds mereka. Itu artinya, iklan yang kamu buat akan menjadi video pertama yang akan dilihat oleh pengguna TikTok di halaman feednya. Jenis TikTok ads ini sangat bagus untuk meningkatkan nilai brand awareness bisnis.

8. Kerja sama dengan influencer

Kerja sama dengan influencer bisa jadi salah satu cara bagaimana cara jualan di TikTok bisa boom! Hal ini karena yang namanya influencer memiliki banyak pengaruh bagi pengikut-pengikutnya.

Kalau kamu bingung cara menjual barang di TikTok Shop biar laris, bisa banget pakai cara ini. Pastikan untuk survei dan memilih influencer yang cocok dengan produk yang kamu jual ya.

9. Konsisten posting

Cara jualan barang di TikTok agar terus naik dan lebih baik, kamu harus bisa konsisten posting konten-konten menarik tentang produkmu. Dengan konsisten akun kamu akan bertumbuh dengan pesat dan produkmu makin dikenal.

10. Tanggapi komentar

Penting tapi sering di abaikan waktu jualan di TikTok Shop, apa lagi kalau bukan menanggapi komentar. Padahal ini adalah salah satu cara biar calon pembeli nggak kabur dan biar bisa cepat closing.

Kenapa bisa gitu?

Karena saat orang berkomentar atau memberi tanggapan artinya mereka sudah mulai tertarik dengan apa yang kamu posting (produkmu), tinggal di prospek biar lanjut closing. Balas komentar juga bisa jadi nilai plus bahwa kamu adalah penjual yang cepat tanggap.

Jadi jangan sampai nggak menangapi komnetar ya!

Baca juga: Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

Kesimpulan

Itu dia beberapa tips cara jualan lewat TikTok Shop. Selain beberapa tips di atas, salah satu kunci pendukung sukses bisnis di TikTok adalah dengan telaten dan konsisten.

Oh iya, kamu juga bisa lho mencoba cara jualan di TikTok Live.

Semoga artikel ini membantu kamu yang mau jualan di TikTok Shop ya.

Semangat!

0 0 votes
Article Rating
Zizi
Zizi
Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?