Chat disini aja!

“Konsisten” kunci utama bisnis sukses!

Dengan hanya mengubah persepsi kamu maka akan mengubah segalanya. Cara berpikir kamu berubah, hingga bagaimana kamu bekerjapun juga akan berubah.

Terjun ke dunia bisnis tentu tidak bisa langsung sukses. Banyak sekali kendala yang siap datang kapan saja saat kamu menjalankan sebuah bisnis. Saat ini, bisnis juga banyak digeluti oleh kalangan anak muda yang memiliki semangat juang tinggi, bisa karena cita-cita maupun dorongan untuk cepat sukses, atau memang sedang membutuhkan penghasilan tambahan.

Nah, dalam berbisnis, konsisten merupakan tindakan yang sangat diperlukan karena merupakan salah satu kunci kesuksesan. Konsisten adalah sebuah tindakan yang tetap dan tidak berubah-ubah. Konsisten ada karena adanya usaha. Jika kamu ada kemauan dan konsisten, maka kamu akan berhasil.

Kalau begitu, gimana sih caranya menjadi pebisnis yang konsisten ?

1. Fokus dalam satu goal

Banyak pengusaha yang gagal bukan karena dia tidak punya modal. Tetapi banyak pengusaha gagal karena punya banyak goal yang ingin dicapai dan dari semua goal tersebut tidak ada satupun yang sukses.

Illustration by user6285028

Akan lebih baik jika kamu sebagai pebisnis hanya punya 1 goal saja dan raih goal tersebut sampai benar-benar tercapai. Kalau goal itu belum tercapai jangan sekali-kali membuka bisnis baru. Apapun yang terjadi pertahankan bisnis yang kamu rintis sampai goal Kamu tercapai.

2. Hindari menunda pekerjaan

Apabila kamu masih sering menunda pekerjaan, sebaiknya kamu mulai bertobat. Jika ingin bisnis bisa berjalan dengan lancar, jangan terlalu sering menunda pekerjaan.

Menghindari menunda pekerjaan dapat membantu bisnis tetap stabil karena proses atau aktivitas didalamnya terselesaikan sesuai dengan target sekaligus harapan.

Selain itu, menjalankan bisnis ibaratnya seperti sedang berlomba dengan para kompetitor. jika kamu menang, bisnis kamu akan berada di barisan terdepan. Jika kamu terus berdiam di dalam zona nyaman, jangan kaget bila lawan sudah melesat di depan.

3. Berfikir positif

Cara yang satu ini juga ampuh untuk tetap menjaga konsisten dalam berbisnis. Pelaku bisnis yang memiliki fikiran positif bisa memberikan sugesti yang baik untuk bisnisnya. Sehingga hal itu otomatis akan memberikan motivasi untuk terus memperbaiki dan memperbaiki bisnis ke arah yang lebih baik. Bisa juga diiringi dengan improvisasi atau berinovasi.

Coba berkumpul bersama orang-orang positif atau dengan melakukan berbagai kegiatan yang mampu meningkatkan aura positif. Jangan terlalu dekat dengan orang pesimis, karena mereka akan menyedot habis pikiran positif dalam diri kamu.

4. Jangan takut mencoba hal baru

Ada begitu banyak ilmu di dunia yang bisa didapatkan. Jangan lelah untuk terus belajar karena orang sukses adalah para pembelajar.

Saat menjalankan bisnis, mencoba hal baru tidak ada salahnya selama hal itu memiliki potensi yang besar untuk perkembangan bisnis. Terutama jika hal tersebut belum diketahui oleh pelaku bisnis sehingga perlu dipelajari. Seperti misalnya ketika bisnis hanya menghandalkan cara pemasaran konvensional maka dapat mencoba juga menggunakan media sosial untuk pemasaran.

Illustration by pch.vector

Ilmu bisnis dan pemasaran selalu diperbarui tiap hari. Kamu harus tahu perkembangan ilmu ini dengan mengikuti pelatihan, workshop, membaca artikel di internet, dan membaca buku.

5. Tingkatkan target bisnis

Saat menjalankan bisnis, tentu kamu berharap agar bisnis bisa berkembang dan mendapatkan keuntungan besar. Namun jika sudah berada di puncak kesuksesan sering kali membuat pebisnis mudah merasa puas karena merasa telah mendapatkan hasil. Padahal, bisnis yang dijalankan dapat tergeser dengan mudah ditengah persaingan yang ketat.

Untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya kamu meningkatkan target kinerja. Agar mampu mencapai target, carilah motivasi yang meningkatkan gairah kerja. Terkadang manusia memang membutuhkan motivasi agar level pekerjaan mereka meningkat. Misalnya seperti menambah target penjualan dengan memproduksi produk yang kualitasnya meningkat atau melakukan pengembangan diri sendiri seperti membantu rekan kerja yang mengalami kesusahan mengerjakan pekerjaannya.

Hasil dari bisnis bisa berlipat dibanding dengan bekerja. Itulah mengapa banyak orang nekat untuk resign dari tempat kerja dan memulai bisnis sendiri. Jika kamu memutuskan membuka bisnis, selamat, kamu orang yang hebat!

6. Sering bertukar informasi ataupun pikiran

Illustration by pch.vector

Bertukar pikiran juga diperlukan untuk dapat tetap konsisten, apalagi jika kamu bertukar pikiran dengan orang-orang yang sejalan. Mengikut sertakan orang disekitar dalam berbisnis selain untuk memperluas relasi, hal itu dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengatur strategi bisnis.

Terkait bertukar informasi ini yang dimaksud adalah berbagi informasi seputar bisnis, strategi atau bahkan saling menilai antara bisnis yang sedang dijalani dengan bisnis yang dijalani oleh rekan lain akan menambah wawasan dan membantu menemukan ide dengan otomatis selama ada kemauan untuk berbagi informasi.

Semakin kamu memperbarui isi pikiran maka ini sangat bagus untuk bisnis yang kamu jalankan. Bisnis cenderung akan bertahan pada orang yang berpikiran terbuka dan mau menerima kritik. Jadi selalu kosongkan gelas ketika bertemu orang baru. Harapannya kamu akan mendapat banyak ilmu yang akan menunjang keberjalanan bisnis kamu.

7. Merubah persepsi tentang konsisten

Untuk bisa menjadi pebisnis yang konsisten adalah dengan mengubah persepsi kamu terhadap konsistensi. Misalnya kamu punya persepsi kalau hal-hal yang menjadi rutinitas itu adalah hal yang membosankan. Untuk konsisten itu adalah hal yang berat, dan lain sebagainya. Nah, jika persepsi kamu masih seperti itu sampai kapanpun tidak akan konsisten.

Maka dari itu ubah persepsi kamu terhadap apa itu konsisten. Misalnya konsisten itu adalah kuncinya bisnis bisa sukses. Maka jika kamu tidak konsisten, bisnis kamu pun tidak akan sukses.

Dengan hanya mengubah persepsi kamu maka akan mengubah segalanya. Cara berpikir kamu berubah, hingga bagaimana kamu bekerjapun juga akan berubah.

Semoga membantu!

Referensi:

  • https://kirim.email/cara-menjadi-pebisnis-yang-konsisten/
  • https://zahiraccounting.com/id/blog/konsisten-dalam-berbisnis-itu-perlu-mengapa/
  • https://www.fastpay.co.id/blog/5-tips-agar-anda-terus-konsisten-dalam-berbisnis.html
  • https://economy.okezone.com/read/2017/10/23/320/1800811/prinsip-bisnis-ini-bisa-membawa-kesuksesan-konsisten

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *