Chat disini aja!

Cara simple meningkatkan produktivitas di tempat kerja

Jika mudah terpengaruh dengan hal-hal lain di luar pekerjaan tentu akan menghambat bahkan mungkin menyebabkan kesalahan yang bisa merugikan diri sendiri dan perusahaan.

Dalam melakukan sebuah pekerjaan, tidak jarang fokus kita teralihkan meskipun hanya karena hal-hal yang kurang penting. Fokus dan disiplin di tempat kerja sangat mempengaruhi produktivitas harian yang kita lakukan.

Jika mudah terpengaruh dengan hal-hal lain di luar pekerjaan tentu akan memperlambat, menghambat bahkan mungkin menyebabkan kesalahan yang bisa merugikan diri sendiri dan perusahaan.

Illustration by togetherless

Ada beberapa faktor yang kadang mempengaruhi fokus saat bekerja, antara lain:

  1. Faktor Lingkungan

Lingkungan bisa mempengaruhi fokus dalam bekerja. Biasanya hal itu disebabkan karena adanya suara yang terlalu bising. Tak heran bila banyak karyawan yang merasa terganggu ketika rekan kerjanya selalu mengajak ngobrol atau bergosip. Tentu ini menjadi penghambat untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah menumpuk. Selain itu, setiap orang memiliki kemampuan dalam berkonsentrasi dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang bisa fokus ketika mendengarkan musik, namun ada yang justru malah merasa terganggu.

  1. Media sosial

Karena teknologi semakin berkembang tentu saat ini banyak dari kita juga bermain media sosial. Nah, terkadang notifikasi-notifikasi dari media sosial tersebut muncul saat bekerja sehingga menarik kita untuk membuka untuk mengetahui “ada apa”. Hal ini rawan sekali menghambat produktivitas kita dalam bekerja.

Illustration by pch.vector
  1. Faktor Psikologi

Faktor psikologi juga bisa mempengaruhi bagaimana sikap dan perilaku dalam berkonsentrasi. Contohnya, karena adanya masalah antara pekerja dengan rekan kerja senior atau masalah dalam lingkungan keluarga. Hal tersebut tentu mempengaruhi psikologi sehingga menjadi sulit untuk konsentrasi dalam bekerja dan kehilangan semangat. Jika pekerjaan hari ini belum selesai tentu akan menumpuk di waktu selanjutnya.

  1. Fasilitas kerja

Tak sedikit karyawan yang merasa terganggu dan sulit berkonsentrasi karena fasilitas kerja yang mereka dapatkan, misalnya meja yang kecil, ruang kerja sempit, atau bahkan komputer dan laptop yang lemot. Jika ini terjadi pada Anda, sebaiknya bicarakan dengan atasan di kantor agar bisa diberikan fasilitas yang layak.

Nah, bagaimana sih cara agar tetap fokus dalam bekerja?


Dengan meningkatkan fokus dan disiplin tentu banyak keuntungan yang bisa di dapatkan untuk meningkatkan produktifitas, seperti pekerjaan bisa lebih cepat selesai.

  1. Buat diri senyaman mungkin
    Lingkungan kerja sangat berpengaruh terhadap kenyamanan bekerja, mulai dari suhu ruangan, tempat duduk serta tingkat kebisingan. Jadi buat diri kita senyaman mungkin selama bekerja.
  2. Matikan gangguan
    Gangguan akan lebih sulit untuk menggagalkan konsentrasi saat kita mengambil tindakan proaktif untuk menutupnya. Saat duduk di depan meja, sebaiknya kunci handphone di laci atau simpan dengan aman di dalam tas. Hehe.
  3. Buat daftar pekerjaan
    Daftar pekerjaan akan membantu untuk bisa mengatur mana prioritas paling tinggi yang harus selesai lebih dahulu serta membantu agar tidak ada yang terlewatkan. Sebelum meninggalkan pekerjaan, buat daftar tugas untuk hari berikutnya.
  4. Jadwalkan istirahat
    Salah satu membedakan orang sukses dari orang yang belum sukses adalah mengatur waktu mereka dengan benar, termasuk meluangkan waktu untuk diri sendiri. Kita manusia, dan kita berhak untuk istirahat sekarang dan nanti.
  5. Lakukan olahraga secara teratur
    Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur meningkatkan produktivitas secara keseluruhan. Berolahraga meningkatkan kadar endorfin dalam aliran darah. Kita bisa jogging atau berjalan kaki untuk menenangkan pikiran juga.
  6. Siapkan makanan sehat
    Gizi yang buruk dapat menyebabkan suasana hati yang tertekan dan kurang fokus. Ketika sedang mengalami kekurangan mineral seperti magnesium, itu bisa memengaruhi fungsi otak.
  7. Kebersihan saat tidur
    Tidur sangat penting untuk menunjang produktivitas. Jika kurang tidur yang terjadi adalah kurang konsentrasi dan teliti. Perhatikan pola hidup dengan tidur dan bangun di waktu yang kira-kira sama (rutin).
    Saat tidur matikan semua benda elektronik dan jauhkan dengan diri karena itu dapat mengganggu siklus tidur serta ada radiasi yang dipancarkan.
  8. Kelola kecemasan
    Jika kita benar-benar sedang dalam keadaan yang kurang baik, sedang dalam masalah atau mungkin yang lainnya, kita bisa mencoba untuk konsultasi dengan yang memang ahli untuk meminta saran.

Semoga membantu!

Referensi:

  • https://clickup.com/blog/stay-focused-and-disciplined/
  • https://wolipop.detik.com/work-and-money/d-2302376/sulit-konsentrasi-kerja-ini-penyebabnya

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *