Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Flash Sale

Nggak bisa sembarangan, ternyata flash sale itu ada strateginya. Simak cara flash sale yang tepat dan bisa berdampak pada penjualan kamu berikut ini ya.

Kalau denger soal flash sale,

rasanya telinga udah otomatis merangsang otak buat cepet-cepet beli nggak sih? 😁

Bisa dibilang strategi penjualan dengan flash sale ini jitu banget. Walaupun flash salenya jam 12 malem tapi sampai dibela-belain begadang.

Dengan demikian, flash sale itu adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh pembeli.

Nah, bagi penjual bisa banget nih nyobain strategi flash sale ini. Tapi sebelum itu, ada baiknya simak dulu beberapa tips biar flash sale kamu nanti bisa sukses.

Flash Sale artinya apa?

Flash sale atau bisa diartikan sebagai penjualan kilat,

merupakan

sistem penjualan yang mana konsep penjualannya memberikan tawaran harga yang rendah (diskon) dan sistem penawaran yang diberikan hanya berlaku dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Sebagai contoh flash sale adalah kamu punya produk piring set yang bisa dijual dengan harga 159ribu. Tapi karena mengadakan flash sale, kamu memutuskan untuk menjual seharga 99ribu dengan kuota produk 30 pieces dalam waktu 1 jam saja.

Menarik banget kan?

Biasanya diskon flash sale memang sangat tinggi dengan jumlah produk terbatas dan juga promosi yang lebih signifikan sehingga calon pembeli menjadi makin tertarik untuk membeli pada saat itu juga.

Selain itu sistem penjualan yang hanya di momen tertentu saja maka calon pembeli akan merasa bahwa kesempatan ini sangat langka.

Apa keuntungan Flash Sale?

1. Semakin banyak yang mengenal dan tau tentang toko maupun produk kita

Flash sale akan membuat banyak calon pembeli menantikan momen langka tersebut. Jika sudah terpilih untuk flash sale maka toko akan semakin dikenal luas.

Selain itu ketika di kolom pencarian diketikkan produk yang sama maka pihak marketplace akan menampilkan produk yang kamu jual sebagai rekomendasi atas.

2. Meningkatkan penjualan

Pada kenyataanya, program flash sale mampu membantu mendongkrak penjualan lebih tinggi. Hal ini karena flash sale bisa membuat orang mengenal bahkan tertarik untuk membeli produk yang ada di tokomu.

Dengan begitu peluang produk terjual juga makin besar.

Selain itu, menjual produk dengan harga diskon tentu akan lebih diminati oleh calon pembeli sehingga penjualan juga akan semakin tinggi.

Akan tetapi jangan lupa untuk menentukan margin yang tepat sehingga tidak akan sampai boncos.

Kenapa Flash Sale perlu diterapkan?

Source: ScreenCapture Shopee

Kamu pasti sudah sering lihat flash sale yang ada di marketplace kan?

Nah, biasanya flash sale yang ada di marketplace itu nggak akan menghapus produk yang sudah terjual habis dan tetap menampilkannya dalam daftar produk flash sale namun berlabel sold out.

Tentu saja, kondisi ini akan membuat calon pembeli berpikir bahwa mereka bisa saja mendapatkan produk tersebut seandainya lebih cepat.

Dengan demikian mereka lebih bersemangat untuk menunggu kesempatan flash sale berikutnya.

Jika sudah begitu, tokomu jadi makin dikenal, banyak pengikut, makin terpercaya dan akan berdampak besar pada penjualan serta perkembangan bisnismu.

Selain itu, flash sale juga menjadi cara terbaik untuk bisa menjual berbagai barang yang berada di luar musim atau untuk produk yang tidak bisa dijual terlalu lama. Hal ini akan membuat biaya operasional menjadi lebih rendah.

Bagaimana caranya Flash Sale agar maksimal?

Nggak bisa sembarangan, ternyata flash sale itu ada strateginya lho.

Hal ini karena mengadakan flash sale bukan hal yang mudah. Selain memperhitungkan harga, kamu juga perlu mempertimbangkan jumlah stok produk yang akan dijual pada momen flash sale. 

Jadi simak cara flash sale yang tepat dan bisa berdampak pada penjualan kamu berikut ini ya.

1. Menentukan produk yang ingin dijual

Untuk menerapkan strategi flash sale, pilih produk yang paling banyak dicari dan terlaris sehingga akan membuat calon pembeli makin tertarik untuk membeli.

2. Menentukan harga yang tepat

Calon pembeli pasti menginginkan produk dengan harga termurah namun berkualitas baik. Untuk itu tentukan harga yang tepat untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

Jangan lupa untuk hitung persentase keuntungan minimal setiap produk bisnismu. Meskipun kamu mengadakan diskon besar-besaran bukan berarti bisnis kamu harus menanggung kerugian.

3. Mempromosikan Flash Sale di paltform lain

Illustration by pikisuperstar

Dengan menyebarkan informasi seputar flash sale toko yang kamu adakan, maka akan semakin banyak calon pembeli yang menantikannya.

Kamu dapat menyebarkan informasi ini di media sosial seperti Instagram, Facebook atau bahkan TikTok yang sekarang lagi ngetrend. Hal ini akan membantu meningkatkan jumlah penjualan.

4. Memilih waktu yang tepat

Adakan flash sale pada momen tertentu yang tepat, seperti harbolnas, gajian, atau hari raya. Calon pembeli akan cenderung berbelanja di hari tertentu seperti ini karena dompetnya masih full. Hehe.

5. Memberi batasan waktu yang singkat

Untuk meningkatkan rasa takut kehabisan barang dan memotivasi calon pembeli agar melakukan pembelian secepatnya, maka kita bisa memberikan batasan waktu yang singkat, misalnya 2-3 jam.

Ingatkan calon pembeli juga untuk menyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan flash salenya.

6. Menentukan jumlah produk

Bukan dalam maksud membatasi, tapi tentukan jumlah produk yang tepat untuk ditawarkan. Bisa dengan melihat kondisi gudang ataupun berdasarkan pengalaman melakukan program flash sale sebelumnya.

7. Memberikan pelayanan terbaik

Illustration by storyset

Meskipun saat program flash sale berlangsung, dan tokomu sedang dibanjiri orderan dan pertanyaan, kamu tetap harus mampu memberikan pelayanan terbaik tanpa terkecuali kepada setiap konsumen ya.

Hal yang harus diperhatikan dalam mengadakan Flash Sale

Kalau promosi berjalan dengan baik, maka flash sale akan sukses meningkatkan penjualan kamu. Namun, beberapa hal ini harus kamu perhatikan agar promosi ini berjalan lancar, apa aja kira-kira?

  • Tentukan dulu tujuan dari flash sale.
    Misalnya mau ngabisin stock produk, mencapai target penjualan, atau bangun awareness, dll.
  • Pilih target konsumen yang sesuai dengan flash sale pada pasar tersebut.
  • Lakukan tepat waktu.
  • Tentukan durasi waktu untuk flash sale dan pastikan agar tetap singkat.
  • Tetapkan diskon yang menarik.
  • Promosikan flash di banyak platform seperti sosial media.
  • Pantau seluruh penjualan dengan baik.
  • Berikan pelayanan terbaik untuk para konsumen pada saat flash sale.

Baca juga: Membuat Konten Viral dengan Formula Ini

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apa kamu langsung tertarik untuk mencoba strategi flash sale ini?

Memasang diskon besar saat flash sale bukan berarti kamu rugi. Justru pada flash sale punya dampak besar ke toko maupun penjualan.

Oleh karena itu, nggak salah juga kalau kamu mencoba menerapkan strategi ini untuk menarik calon pembeli lebih banyak.

Kamu bisa banget melakukan flash sale di berbagai platform jualan online, baik itu di website toko online, ataupun marketplace. Jangan lupa cobain tips di atas ya.

Semoga artikel ini membantu ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perlu Bantuan?