Chat disini aja!

Bagaimana Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan?

Ketika karyawan tidak produktif, maka berbagai kegiatan operasional perusahaan akan tertunda dan ini tentunya bisa menghambat bisnis dalam meraih profit.

Produktivitas karyawan merupakan salah faktor paling penting yang menunjang keberlangsungan bisnis. Ketika karyawan tidak produktif, maka berbagai kegiatan operasional perusahaan akan tertunda dan ini tentunya bisa menghambat bisnis dalam meraih profit.

Seorang karyawan dapat dinilai produktif jika dapat menghasilkan output yang lebih banyak dibandingkan dengan karyawan lain dalam satuan waktu yang sama. Atau jika karyawan tersebut dapat menghasilkan output yang sama dengan memakai sumber daya yang lebih sedikit.

Illustration by onyxprj

Strategi Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Untuk meningkatkan produktivitas karyawan memang tidak mudah, karena tidak cukup hanya dengan terus mendorong ataupun memberikan motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih keras.

Dalam menunjang motivasi kepada karyawan dibutuhkan strategi yang tepat. Ada banyak cara meningkatkan produktivitas karyawan yang dapat dilakukan. Diantaranya adalah:

1. Sesuaikan pekerjaan karyawan dengan kemampuan dan minatnya

Menuntut karyawan agar menjadi hebat dalam setiap pekerjaan bukanlah hal yang efektif. Karyawan akan sulit bekerja secara produktif ketika mereka diminta mengerjakan tugas yang tidak sesuai dengan kemampuan dan ketertarikannya.

2. Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman 

Memberikan fasilitas kerja yang baik bagi seluruh karyawan yang ada di perusahaan adalah hal penting karena dengan demikian produktivitas karyawan akan semakin meningkat. Koneksi WiFi yang lambat atau komputer yang sering error akan mempersulit karyawan untuk menyelesaikan tugas mereka.

3. Memberikan program pelatihan kepada karyawan

Suatu pelatihan atau training akan berpengaruh besar pada kinerja karyawan. Cara meningkatkan produktivitas karyawan melalui program pelatihan sangat penting bagi setiap karyawan di perusahaan agar dapat bekerja secara profesional terutama bagi karyawan baru.

Kamu mungkin terkadang berpikir bahwa pelatihan karyawan tidak terlalu dibutuhkan dan hanya membuang-buang uang perusahaan karena merasa mereka dapat melatih diri. Padahal tidak semua karyawan dapat belajar secara otodidak.

Jika kamu memiliki biaya yang sangat terbatas, kamu tetap bisa memberikan pelatihan melalui seminar internal. Minta juga karyawan untuk belajar dari berbagai tutorial atau menonton webinar gratis di internet.

Illustration by pikisuperstar

Kamu juga bisa mengadakan cross-training yang mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya sama sekali. Ini dilakukan dengan mengizinkan karyawan untuk bertukar kemampuan atau mengajari satu sama lain.

4. Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja karyawan di perusahaan

Cara meningkatkan produktivitas karyawan dengan pengawasan terdiri dari pengawasan atasan secara langsung dan sistem pengendalian manajemen. Untuk mengukur bagaimana kinerja karyawan, sebaiknya lakukan evaluasi kinerja secara berkala, termasuk melihat laporan kehadiran karyawan. Ijinkan supervisor untuk menilai performa subordinate mereka dan sebaliknya. Ijinkan pula mereka untuk melakukan evaluasi satu sama lain serta menilai pencapaian mereka sendiri.

5. Memberikan reward, punishment, serta motivasi untuk maju kepada karyawan

Dengan adanya motivasi, maka karyawan akan mendapatkan kekuatan dalam menyelesaikan tugas-tugas pekerjaannya. Motivasi menjadi cara meningkatkan produktivitas karyawan yang efektif namun juga harus ditunjang dengan strategi pendukung yang lainnya.

Cara lain untuk mendorong karyawan agar bekerja lebih produktif adalah dengan memberikan alasan yang baik untuk melakukannya. Memberikan insentif dianggap sebagai salah satu motivasi paling efektif dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Ini tidak harus berupa kenaikan gaji, karena ada berbagai jenis insentif menarik lainnya yang dapat ditawarkan.

6. Rayakan keberhasilan karyawan

Tak peduli sekecil apapun pencapaian karyawan, kamu perlu mengapresiasinya. Melalui apresiasi, karyawan dapat mengetahui bahwa menyadari keberhasilan mereka. Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri dan semangat mereka dalam bekerja sehingga mereka termotivasi untuk mencapai hasil yang lebih tinggi di kemudian hari. Kamu juga bisa mengajak mereka makan bersama sebagai bentuk terima kasih terhadap kerja keras mereka atau memberikan hadiah yang sesuai dengan preferensi mereka.

Illustration by maguraanna

7. Mendengarkan keluhan mereka

Kamu perlu mengadakan pertemuan singkat setidaknya 1 minggu sekali untuk bertukar pikiran dengan karyawan. Pertemuan ini dapat menjadi wadah untuk mengetahui apa yang dipikirkan oleh karyawan dan apa yang mereka inginkan dari perusahaan. Dari pertemuan ini, kamu mungkin juga akan memperoleh ide-ide yang luar biasa.

Kriteria dalam Produktivitas Karyawan

Di dalam produktivitas karyawan, terdapat unsur pokok yang merupakan kriteria untuk menilainya. Ketiga unsur tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Semangat kerja karyawan

Unsur semangat kerja dapat diartikan sebagai sikap mental para karyawan dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaannya. Dimana sikap mental tersebut dapat ditunjukan oleh adanya kegairahan dalam melaksanakan tugas pekerjaan dan mendorong karyawan untuk bekerja secara lebih baik dan lebih produktif.

Sehingga jika kondisi yang demikian dapat dijaga dan dikembangkan secara terus menerus, maka tidak mustahil upaya untuk meningkatkan produktivitas karyawan akan mudah tercapai. Semangat kerja karyawan dapat dinilai dengan cara melihat tanggung jawab setiap karyawan dalam melaksanakan tugas pekerjaannya.

2. Cara kerja karyawan

Cara atau metode kerja para karyawan dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaannya dapat dilihat melalui kesediaan para karyawan untuk bekerja secara efektif dan efisien.

3. Hasil kerja karyawan

Hasil kerja karyawan merupakan hasil yang diperoleh dari suatu pekerjaan yang dilaksanakan oleh karyawan. Hasil kerja yang diperoleh oleh karyawan merupakan prestasi kerja karyawan dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaannya.

Untuk melihat hasil kerja karyawan, pihak perusahaan bisa memperhatikan jumlah atau frekuensi kerja karyawan di atas standar yang telah ditetapkan. Hal tersebut akan menandakan bahwa karyawan tersebut produktif di dalam menyelesaikan tugas-tugas pekerjaannya.

Cara meningkatkan produktivitas karyawan memang perlu diterapkan oleh pimpinan perusahaan. Karena akan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan perusahaan dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Sebab, produktivitas karyawan akan sangat berpengaruh pada produktivitas perusahaan.

Referensi:

  • https://www.talenta.co/blog/cerita-talenta/cara-meningkatkan-produktivitas-karyawan/
  • https://www.kantorkita.co.id/blog/inilah-cara-sukses-meningkatkan-produktivitas-kerja-karyawan
  • https://www.hashmicro.com/id/blog/tips-meningkatkan-produktivitas-karyawan/
Zizi
Zizi
Share a little biographical information to fill out your profile. This may be shown publicly.

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *