Apa itu Agile?

Dalam menyelesaikan masalah terkadang solusi yang kita lakukan tidak berjalan sesuai rencana. Oleh karena itu ada panduan untuk membantu menyelesaikan masalah, Agile salah satunya.

Menjalani kehidupan tentu tak lepas dengan yang namanya masalah, dan dalam menyelesaikan suatu masalah terkadang solusi yang sedang kita lakukan tidak berjalan sesuai rencana.

Dengan demikian ada kalanya kita merasa kesulitan untuk mencari jalan keluar. Nah, kalau sudah demikian kita harus bagaimana?

Sebuah masalah jika tidak di selesaikan akan berdampak buruk pada kehidupan sehari-hari, bahkan mengganggu fokus saat bekerja.

Oleh karena itu terdapat sebuah metode berupa guide-line (panduan) untuk membantu suatu organisasi maupun individu dalam menyelesaikan suatu masalah, salah satunya adalah Agile.

Illustration by

Agile adalah suatu metode pola pikir untuk menyelesaikan permasalahan yang bersifat flexible terhadap perubahan suatu masalah, sehingga pola penyelesaian masalah menggunakan metode agile menyesuaikan perubahan.

Dalam Agile kita harus selalu siap pada perubahan yang akan terjadi, banyak hal yang dapat merubah suatu langkah dalam menyelesaikan suatu masalah, bisa jadi rencana yang kita bangun tidak sesuai saat eksekusi ataupun ketika ada perubahan ide pada saat menjalankan event dalam suatu organisasi.

Berikut adalah bagaimana cara agile menghadapi suatu perubahan:

Illustratation by tartila

Berdasarkan gambar diatas terdapat beberapa section sprint process dalam mengerjakan suatu tujuan, setiap sprint proses menghasilkan feedback dari client.

Apabila kita belum mencapai apa yang diinginkan client, kita berusaha mendapatkan feedback dan mengulangi proses sprint secepat mungkin sampai keinginan client terpenuhi.

Referensi:

  • https://medium.com/dot-intern/agile-dan-scrum-pengenalan-ed1bb461a5bc

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *