Upload Tokopedia – Failed: Deskripsi memuat kata ‘SHOPEE’ yang tidak dapat digunakan di situs Tokopedia. Silahkan pilih kata lainnya.

Jika sewaktu  upload produk ke akun toko Tokopedia  lalu menemukan failed seperti ini, artinya produk tersebut tidak dapat diuplaod karena melanggar ketentuan dari Tokopedia karena menggunaka kata  “Shopee” yang pada aturan Tokopedia kata tersebut dilarang dimuat pada Tokopedia.

Solusi:

1. Solusi utama adalah dengan menghilangkan kata/teks “Shopee” tersebut pada produk yang akan di upload. Hal ini dapat dilakukan dengan mengedit dari file csv tapi tidak disarankan karena cara tersebut nantinya akan ribet. Cara yang mudah adalah dengan kembali ke Collection produk tersebut lalu gunakan fitur Data Analyzer; perhatikan kotak warna merah pada gambar di bawah ini. Setelah itu hapus teks “Shopee” juga teks-teks lain yang dirasa tidak perlu kita upload seperti nomor telpon supplier, dll.

2. Setelah itu kita klik icon di atas, setelah terbuka tampilan data analyzer, kita bisa tuliskan teks “shopee” pada kolom pencarian di sebelah kiri. Setelah tertampil teks-teks yang mengandung teks shopee kita bisa centang semua dan terakhir clear data pada bagian bawah warna oranye.

3. Pastikan kembali apakah clear data kita sudah berhasil semua apa belum dengan cek kembali klik icon data analyzer, jika di bagian kolom kanan bersih artinya sudah berhasil dan jika masih ada teks kita bisa klik clear data lagi sampai bersih. Setelah selesai bisa dicoba kembali.