Downgrade Chrome

Sesuai yang kita pahami Bersama bahwa Chrome adalah satu-satunya  browser yang dipercaya oleh QloBOT untuk menjalankan proses eksekusi baik itu export, upload, promote dan delete produk melalui QloBOT. Dengan ketentuan bahwa proses eksekusi tersebut berjalan secara otomatis, maka kelancaran proses adalah hal yang sangat diutamakan karena memang kita tidak dapat mengedit atau merubah tatanan eksekusi ketika proses sudah berjalan.

Untuk menjalankan proses ini QloBOT memnutuhkan Chrome yang cocok dengan versi QloBOT yang sedang kita gunakan, karena memang tidak semua versi Chrome yang tersedia dapat menjalankan proses dengan lancar. Ada beberapa Chrome yang minta update versi atau bahkan beberapa kali minta untuk downgrade demi sesuaikan dengan QloBOT yang terkini.

Proses eksekusi dapat terganggu jika kita tidak sedang menggunakan versi Chrome dan QloBOT yang kompatibel, bias jadi ditandai dengan adanya proses berhenti stuck yang cukup lama hingga akhirnya close, atau malah justru tidak dapat menjalankan proses sama sekali, seperti contoh stuck gambar dibawah ini.

Dan berikut adalah untuk langkah-langkah downgrade Chrome:

  1. Pertama-tama tentukan dahulu versi Chrome yang akan kita gunakan nanti, untuk contoh saat ini saya akan downgrade Chrome ke versi 74 dari Chrome versi 78. Download terlebih dahulu filenya dan sesuaikan dengan windows kita (32 bit atau 64 bit), pilihlah salah satu.  Link Chrome 74 https://www.neowin.net/news/google-chrome-7403729108-offline-installer/
  2. Setelah download sukses, pastikan sudah benar-benar tersimpan.
  3. Langkah ketiga yaitu close Chrome, ini penting sekali karena untuk downgrade kita tidak dapat melalui Chrome yang terbuka atau sedang berjalan. Karena proses downgrade ini mengharuskan untuk hapus instalasi terlebih dahulu.
  4. Selanjutnya pastikan juga tidak ada Chrome yang berjalan di latar belakang, ini dengan kita cek ke Task Manager dengan cara Klik Start > ketikkan Task Manager > pilih Task Manager > klik menu Process.
    Jika ada Chrome yang sedang jalan seperti gambar dibawah ini, klik kanan pada Chrome dan pilihlah End Task atau End Task Tree. Atau bias juga dengan Klik satu kali pada Chrome dan pilih End Task yang ada di pojok kanan bawah.
  5. Setelah benar-benar tidak ada yang berjalan di latar belakang (ditandai dengan tidak ada proses Chrome di Task Manager), selanjutnya kita pergi ke Control Panel untuk uninstall Chrome yang ada di perangkat kita dengan cara Klik Start > ketikkan Control Panel (windows 8 & 10) atau pilih Control Panel (windows 7) > Pilih Programs > Programs And Features > Klik kanan > pilih Uninstal.
  6. Setalah kita klik Uninstal, akan muncul pop up untuk kita setujui. Hindari centang Also delete your browsing data. Klik Uninstal untuk melanjutkan, selanjutnya tunggu aplikasi Chrome tidak ada di daftar Control Panel.
  7. Langkah ke tujuh adalah jalankan set up installer Chrome yang sudah kita download tadi yaitu Chrome versi 74. Klik dua kali atau bisa dengan klik kanan lalu pilih Open.

    Jika muncul pop up seperti ini, pilihlah Yes.

    Selanjutnya akan muncul proses Instal, tunggu sampai selesai.

    Setelah beberapa saat, akan terbuka Chrome jika proses Instal telah berhasil.

Perlu kita ketahui juga ketika kita mengganti Chrome kita, maka sudah pasti kita sesuaikan juga Chromedriver yang ada di QloBOT. Misal, untuk Chromedriver yang cocok dengan Chrome versi 74 adalah Chromedriver versi 74, link download chromedriver 74 https://chromedriver.storage.googleapis.com/index.html?path=74.0.3729.6/

Panduan ubah Chromedriver :  https://qlobot.com/panduan/troubleshooting/ubah-chromedriver-qlobot/

Jika ada kendala, silahkan hubungi tim Support ya.. terima kasih.