Gagal/Error Upload Produk ke Shopee

Last modified: February 10, 2021

Case #1: Login Failed

Hal ini dikarenakan QloBOT gagal input username/email dan password akun Shopee yang berakibat tidak dapat masuk dan meneruskan perintah.

  1. Langkah awal adalah memastikan email dan sandi yang diinput sudah benar dan valid.
  2. Jika dirasa sudah benar, bisa coba kembali diupload ulang. Dan buka chrome yang menjalankan eksekusi untuk melihat proses. Jika tertera notifikasi email dan sandi salah pada saat login awal, maka memang email dan sandi yang diinput ada kekeliruan, dapat kita cek kembali dengan login manual ke Shopee.com menggunakan akun tadi.
  3. Dan jika pada saat login manual sukses, cermati kembali ke email dan sandi yang dimasukkan di QloBOT dengan format username:sandi.

Case #2: Berhenti di “Prepare to Input”

Kendala ini terjadi pada saat kita upload ke Shopee dan termasuk dalam kendala yang jarang teralami. Jika proses ini tidak segera kita akhiri/close maka QloBOT akan terus melakukan upload dan gagal memasukkan produk ke toko. Penyebab terjadi notifikasi ini adalah karena koneksi internet yang kita gunakan tidak stabil atau dalam keadaan yang tidak support untuk akses upload barang ke Shopee.

  1. Stop proses upload produk.
  2. Perbaiki kualitas koneksi yang kita gunakan.
  3. Coba lagi untuk ulangi Proses upload.

Keterangan Error Process Monitor

Berikut beberapa kemungkinan dari pesan error yang muncul di process monitor.

Ada dua hal yang melatarbelakangi failed ini, yang pertama adalah

  1. karena pengaturan kategori (Set Mapping) atau pengaturan kategori yang tidak sesuai/tidak diisi. Solusi: Benahi pengaturan Kategori (Set Mapping)
  2. karena batas upload kita sudah mencapai batas maksimal/penyimpanan produk ke akun toko Shopee kita sudah penuh.

Artinya pengaturan kategori pada saat upload produk masih belum benar.

Solusi: Gunakan Mapping Category terebih dahulu lalu lakukan upload ulang.

Artinya pada produk tersebut tidak dapat kita upload ke toko dikarenakan, produk tersebut sudah ada pada toko kita/sudah pernah kita upload sebelumnya. Artinya, QloBOT akan menggagalkan upload produk yang sudah pernah diupload dan masih ada pada toko kita.

Artinya pada produk tersebut, memiliki deskripsi produk memiliki kata berisikan hashtag melebih 18 hashtag

Solusi: Hapus beberapa hashtag yang ada di dalam deskripsi produk

Failed seperti ini akan kita jumpai ketika kita upload produk ke Shopee, faktor adanya failed ini adalah karena file gambar/link yang ada pada koleksi kita tidak dapat diteruskan untuk diupload.

Solusi:

Pertama, buka koleksi yang kita upload tersebut lalu cari produk yang gagal itu. Bisa dengan scroll atau pakai kolom pencarian produk (untuk kemudahannya) dan cari link gambarnya.

Setelah itu kita klik link tersebut, maka akan dialihkan pada tampilan gambar dari produk yang kita grab/scrap.

Jika link yang kita gambarnya tersedia, maka kita bisa coba lagi upload file produk tersebut, kemungkinan kegagalan tersebut dikarenakan ketika jaringan yang kita gunakan tidak stabil.

Namun jika kita klik linknya tidak ada gambar yang ditampilkan seperti contoh dibawah atau tertampil gambar yang rusak, maka kita lewati saja atau skip produk tersebut untuk kita upload.

Yang mendasari terjadinya failed ini seringnya dikarenakan koneksi jaringan internet terputus/tidak stabil, yang mengakibatkan QloBOT tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Solusi: Cek koneksi internet kita, jika terbilang lancar maka kita bisa mencoba kembali. Namun jika koneksi kita tidak lancar, maka jika proses itu dilanjutkan akan banyak yang mengalami failed something wrong.

Jika bermasalah dan menemukan pesan error lainnya, silahkan hubungi tim support.

Apakah panduan ini membantu?
Tidak 0