Seberapa penting watermark itu?

Watermark mampu menjadi media promosi atau branding sehingga nama usaha/pemilik mudah di kenali, diingat dan dicari sumbernya.

Watermark atau tanda air adalah sebuah tanda baik berupa tulisan maupun gambar logo yang tertanam pada foto atau gambar digital. Sebuah watermark biasanya dipakai untuk mengklaim atau mengidentifikasi tentang kepemilikan hak cipta pada gambar tersebut.

Selain digunakan sebagai tanda pada kertas, saat ini watermark juga digunakan dalam sebuah karya digital seperti foto, ilustrasi, video dan desain-desain digital lainnya.

Watermark juga berfungsi sebagai media promosi atau branding sehingga nama usaha/pemilik mudah di kenali, diingat dan dicari sumbernya.

Nah apa saja sih fungsi dari watermark itu sendiri?

1. Hak cipta

Watermark memiliki fungsi sebagai hak cipta untuk melindungi hasil karya penciptanya agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Saat ini banyak sekali kasus pembajakan karya yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab sehingga menimbulkan banyak kerugian bagi pencipta karya tersebut.

2. Identitas

Watermark yang fungsinya sebagai identitas biasanya banyak digunakan oleh instansi maupun fotografer profesional yang memiliki banyak fans atau penggemar.

3. Promosi

Watermark juga memiliki fungsi sebagai media promosi bagi sebagian orang atau pelaku usaha. Sebagai contoh di media sosial terdapat foto dimana pada foto tersebut tertanam watermark dengan tulisan sebuah alamat restoran, hotel, minimarket atau tempat usaha lainnya.

Illustration by pikisuperstar

Misalkan untuk penyuka dunia fotografi bisa menambahkan watermark pada karyanya. Barang kali ada orang yang tertarik, mereka bisa menghubungi dengan adanya identitas pada karya tersebut.

Keuntungan menggunakan watermark

Ada banyak keuntungan dalam menambahkan watermark pada sebuah karya, antara lain:

  1. Orang lain akan mudah mengenali hasil karya kita
  2. Tidak mudah dibajak atau di duplikasi
  3. Untuk pamer ke teman sosial media
  4. Brand atau nama usaha akan dikenal banyak orang
  5. Bagi sebagian orang dapat menumbuhkan rasa kebanggan tersendiri

Jadi dalam menciptakan sebuah karya jangan lupa untuk menyertakan watermark ya, karena banyak sekali manfaat yang akan didapatkan!

Semoga membantu~

Referensi:

  • https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4338387/pengertian-dan-pentingnya-watermark-untuk-pembuat-konten#
  • https://jarhie.com/watermark-sebuah-karya-itu-penting-dan-ini-manfaatnya/
  • https://www.intanblog.com/apa-itu-watermark/

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *