Chat disini aja!

Produkmu Menarik, Customer Tertarik

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh marketplace dalam transaksi jual beli, kini banyak mengundang para penjual bergabung ke ranah toko online.

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh marketplace dalam transaksi jual beli, kini banyak mengundang para penjual bergabung ke ranah toko online. Salah satu contoh marketplace terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia yang sudah dihuni oleh ribuan seller dengan jutaan produk pilihan. 

Simak tips berikut untuk membantu produkmu menjadi produk yang paling diminati customer.

  1. Pilih 5 gambar terbaik 
Illustration by saxarinka

Gambar produk menjadi salah satu poin utama disaat customer akan berbelanja dan menjadi daya tarik utama untuk memutuskan melihat produk yang akan kita jual. Jangan buat design gambar yang terlalu ramai, Cukup tampilkan detail produk dari setiap sudutnya, gambar produk dengan resolusi terbaik minimal 700px X 700px serta tambahkan watermark agar customer lebih percaya dengan produkmu. 

  1. Memilih kata kunci yang tepat

Sebelum memulai untuk menulis judul dan deskripsi pada produk yang kamu jual. Disarankan untuk riset kata kunci terlebih dahulu (keyword research) yang paling relevan dari produk yang sedang kamu jual. Kamu bisa menggunakan fitur berikut yang dapat kamu akses secara gratis pada Google.

  • Wawasan Pasar
  • Google Trends
  • Keyword Tool
  • Ubersuggest 
  1. Pakai  judul produk yang detail

Buatlah judul yang selengkap mungkin. Mengapa ini perlu? Karena untuk menarik lebih banyak calon customer yang sedang mencari produk yang lebih detail. 

Contoh cara menamai produk yang baik bisa dilakukan dengan rumus:

Jenis produk + merek + keterangan (model/pola, tipe, atau warna)

Misalnya: Mukena Wanita Alea Zica Merah Ukuran Jumbo dan Batik Tulis Pria Motif Wayang

  1. Perhatikan deskripsi produk

Deskripsi produk yang lengkap dan informatif akan menarik lebih banyak customer dan meningkatkan transaksi penjualan toko kamu. Apabila semakin banyak transaksi dan semakin baik performa toko yang kamu kelola. Maka semakin besar pula kesempatanmu untuk muncul di halaman awal Tokopedia. 

  1. Review Positif

Sebagai seller, berikan pelayanan terbaik kepada customer baik dari segi kecepatan pengiriman, kecepatan membalas chat & kualitas produk. Pelayanan yang baik ini akan berdampak baik bagi customer yang nantinya bisa memberikan rating maksimal untuk tokomu. 

  1. Gunakan Fitur Promosi yang ada

Di Tokopedia telah menyediakan berbagai pilihan fitur Promosi yang bisa kamu coba. Di antaranya adalah Fitur Dink It. Fitur ini akan muncul tiap 1 jam sekali dan kamu bisa klik itu untuk mempromosikan produk Anda. Layanan ini gratis.

  1. Menambahkan Link Toko Online Tokopediamu di Media Sosial

Cara ini mudah dilakukan tapi punya pengaruh yang cukup besar untuk meningkatkan pengunjung tokomu. Jika sudah mendapat kunjungan yang lebih otomatis peluang terjadinya transaksi akan meningkat.

Itulah tips yang bisa kamu coba, semoga bermanfaat dan salam sukses!

Sumber :

  • https://seller.tokopedia.com/edu/belajar-seo-penerapan-seo-di-halaman-produk/
  • https://www.etalasebisnis.com/tips/1206/tips-meningkatkan-omzet-penjualan-online-di-tokopedia.html

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *