Chat disini aja!

Mau pembelimu repeat order? Ini rahasianya

Dalam menjalankan bisnis bila produkmu dibeli konsumen bahkan berulang itu tandanya pembelimu puas terhadap kualitas produk serta pelayanan yang kamu berikan.

Dalam menjalankan bisnis online maupun offline pasti sangatlah menyenangkan bila produkmu dibeli konsumen bahkan ada yang membelinya secara berulang. Itu tandanya pembelimu puas terhadap kualitas produk dan juga pelayanan yang kamu berikan.

Ilustration by pch.vector

Bagi yang masih bingung gimana sih caranya menarik pembeli agar repeat order, bisa nih dicoba tips dari kita.

  1. Menjaga kepercayaan

Kalau pembeli sudah muncul rasa percaya terhadap bisnismu pasti kemungkinan repeat order akan sangat mudah didapat. Rasa percaya konsumen dapat dibangun dengan kita memberikan pelayanan yang ramah dan juga kecepatan dalam hal membalas pesan serta pengiriman pesanan yang dating sesuai dan tepat waktu. Contoh lainnya yang dapat kamu lakukan bila kamu berjualan secara online yaitu dengan memberikan resi kepada pembeli agar pembelimu merasa percaya bahwa barang pesanannya memang dikirimkan dan mereka juga bisa melacak pesanannya. Selain itu terus jaga kualitas produk dan layanan agar pembelimu selalu merasa percaya untuk berbelanja di tokomu.

  1. Memberikan penawaran terbaik

Sudah menjadi sifat dasar manusia yang bangga dan bahagia apabila diberi hadiah maupun kejutan. Nah dari hal tersebutlah, kamu bisa mencoba nya di usaha bisnis juga. Tidak perlu mahal yang terpenting ada nilainya dan itu cocok untuk pembelimu.

Ketika pembeli merasa bahagia dengan bonus yang kamu berikan maka kemungkinan membeli lagi,lagi, dan lagi akan terbuka lebar.

Ada banyak sekali penawaran yang bisa kamu kasih untuk pembelimu, antara lain :

  • Berikan voucher atau diskon untuk pembelian selanjutnya
  • Berikan bonus
  • Menerapkan metode buy 1 get 1
  • Sesekali terapkan promo free ongkir
  • Mengadakan give away dengan syarat seperti post foto produk
  • Bisa pakai sistem COD (Cash on Delivery) dsb
Illustration by freepik

3. Simpan data pembelimu

Cara agar menarik pembelimu melakukan repat order yaitu dengan menyimpan data pembelimu seperti nama dan nomor telepon nya. Kok bisa? Ya meskipun kelihatannya sepele namun cara ini bisa mendatangkan pembelimu untuk order kembali. Ketika ada promo ataupun diskon kamu bisa broadcast chat ke pembelimu dan apabila pembelimu juga menyimpan nomormu itu akan lebih baik. Jadi mereka akan lebih mudah memantau update story mengenai produkmu.

  1. Beri kemasan atau packaging yang menarik

Pembeli sebenarnya juga sangat memperhatikan hal hal kecil semacam ini, saat paketan mereka datang mereka pasti sudah tidak sabar untuk membukanya. Nah apabila packaging yang kamu berikan menarik mereka pasti senang dan memberikan testimoni yang baik juga.

Selain itu kamu bisa menambahkan kartu ucapan terimakasih maupun stiker agar pembelimu merasa tambah senang dan tersentuh karena kamu memperhatikan berbagai hal kecil seperti ini, apa lagi jika kemasan yang kamu berikan juga bersifat ramah lingkungan.

Semoga tips diatas dapat membantu kelancaran usaha bisnis teman teman semua ya. Semangat terus dan semoga sukses!

Referensi:

  • https://kirim.email/meningkatkan-repeat-order/
  • https://bisnisukm.com/5-tips-supaya-pelanggan-melakukan-repeat-order.html

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *