Begini caranya agar broadcast chatmu menarik

Banyak penjual yang memanfaatkan sistem ini untuk melakukan promosi tepat sasaran dengan cara mengirim informasi promosi langsung ke inbox chat pembeli.

Melakukan usaha jual beli produk atau pelayanan tentu kita tidak bisa lepas dengan yang namanya promosi. Promosi sendiri bisa bermacam-macam media yang digunakan, mulai dari iklan, posting di sosial media, hingga broadcast chat.

Illustration by stories

Berbicara terkait broadcast chat tentu sudah tidak asing lagi ya. Sistem ini biasa dijalankan melalui medial sosial seperti facebook, line, whatsapp dan sejenisnya untuk memberikan pengumuman atau penyiaran kepada orang tertarget.

Banyak penjual yang memanfaatkan sistem ini untuk melakukan promosi tepat sasaran dengan cara mengirim informasi toko seperti produk atau promosi langsung ke inbox chat pembeli.

Bagaimana seharusnya broadcast chat dilakukan agar lebih menarik?

Sebelum memulai broadcast chat, perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Perhatikan judul postingan

Buat judul yang bisa membuat orang-orang tertarget semakin penasaran untuk membukanya dan membacanya. Gunakan kata kunci yang relevan atau kalimat ajakan dalam 30-50 karakter pertama dari pesan yang kamu kirim.

2. Siapkan gambar menarik dengan konten promosi

Pada saat melakukan promosi untuk sale produk atau jasa, gambar adalah komponen paling penting karena merupakan visual dari promosi itu sendiri. Buat pembeli fokus pada jumlah diskon yang kamu berikan serta tonjolkan harga setelah dipromo.
Jangan lupa tampilkan periode promo agar pengunjung tahu apakah promo sedang atau akan berjalan. Cantumkan juga foto produk yang menarik dan jelas.

Illustration by bilalpateldesigner

3. Buat penjelasan lengkap terkait produk/jasa yang di promosikan serta pesan yang mengundang daya tarik pembeli

Promosi produk/jasa memang penting namun jangan sampai lupa atau bahkan sengaja tidak mencantumkan apa manfaat atau penawaran utama dari produk atau jasa yang sedang dipromosikan.

Selain itu pesan ajakkan kepada calon customer untuk membeli serta detail dari promosi itu sendiri juga harus diperhatikan saat broadcast chat.

Misalnya, “Dapatkan diskon hingga 50% hanya dengan minimal pembelian sebesar 20.000! Yuk tunggu apa lagi, belanja sekarang juga!”

4. Berikan info jelas untuk transaksi

Untuk  tahap informasi transaksi ini ada dua poin penting, pertama bagaimana cara pembayaran dan bagaimana cara pengiriman. Dua hal tadi harus bisa dijelaskan dengan jelas.  

Pastikan memberi keterangan apakah sistemnya COD (cash on delivery) atau bayar terlebih dahulu. Termasuk tentukan bagaimana cara kirimnya. 

5. Konsisten

Saat menjalankan strategi marketing kamu harus bisa konsiten seperti konsisten mendapatkan kontak calon customer, konsisten melakukan broadcast, konsisten berjualan dengan promo yang menarik, dan konsisten riset untuk berkembang.

Selain itu, jangan terlalu memberikan broadcast berupa promo produk. Kamu bisa mencoba membangun awareness calon pembeli misalnya dengan share berupa tips-tips bermanfaat.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan sebelum melakukan broadcast chat kepada calon pembeli. Jka ada masukkan boleh nih komen-komen di bawah.

Semoga membantu!~~~

Referensi:

  • https://www.taupasar.com/2020/09/broadcast-promosi-di-wa-whatsapp.html
  • https://seller.shopee.co.id/edu/article/1809
  • https://seller.tokopedia.com/edu/tips-membuat-pesan-promosi

Related Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *